Gunawan Ag

Saya lahir disebuah pinggiran kota, tepatnya sebuah perbatasan antara kota jakarta dan kota tangerang. Pada saat itu tangerang masih dalam bagian dari provinsi ...

Selengkapnya
Navigasi Web

IBADAH ITU NIKMAT

IBADAH ITU NIKMAT

GUNAWAN

GURU pendidikan Agama Islam Sekolah highscope Indonesia Cilandak

Ibadah dalam apa yang penulis fahami adalah sebuah aktivitas pengabdian untuk mengungkapkan rasa syukur/terima kasih keada sang pemberi kehidupan dalam hal ini adalah Allah SWT Tuhan yang Maha Esa. Sedikit berbeda dengan definisi yang diberikan dalam sebuah kamus misalnya dalam bahasa Arab yaitu kata ibadah merupakan sebuah kata yang berasal dari bentuk masdar atau isim masdar dari kata 'abada ya'budu yang secara bahasa artinya mereendahkan diri atau ketundukan, kepada siapa? tentunya kepada sang pencipta semua yang ada, yaitu Allah SWT.

kita fahami dulu kata nikmat itu apa artinya, agar kita bisa mengerti dan mengaitkannya dengan maksud dari kata nikmat itu sendiri, katanikmat jika kita kaitkan makanan dan minuman, nikmat itu enak rasanya. Demikian hal nya dengan buah2an nikmat terasa jika ada gabungan rasa, manis, asam dan gurih dilidah saat dimakan. Dari apa yang penulis sampaikan mana nikmat itu berkaitan dengan rasa saat kita memakan makanan atau buah tersebut di lidah.

Dan jika kita hubungkan kata nikmat tersebut dari sisi bahasa,nikmat itu berhubungan dengan berkah, anugerah, kebaikan, aman, nyaman dan lain-lain.

Maka orang yang melakukan ibadah dalam dirinya akan merasakan kenikmatan berupa rasa aman, damai, nyaman, sejuk dan lain-lain yang berkait dengan hal yang dirasakan. Maka tepat sekali jika dalam agama yang saya yakini ada ayat al-quran yang menyatakan, shalat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar. Keji dan mungkar adalah efek buruk yang terhindar dari orang-orang yang melakukan shalat. Pesan moralnya orang-orang yang terbiasa melakukan shalat akan menjauhi perbuatan terlarang itu begitu kira-kira.

Jadi yang dimaksud dengan ibadah itu nikmat adalah sebuah kepatuhan/ketundukan melaksanakan perintah Allah akan membawa dampak yang bagus dalam diri sendiri dan lingkungan sekitar. Apapun agama ahli ibadah insya allah akan membawa rasa aman dan damai bagi lingkungan sekitar, wallaahu a'lam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

22 Mar
Balas

terimakasih kembali, salam literasi dan salam kenal pak dede

22 Mar
Balas

terimakasih kembali, salam literasi dan salam kenal pak dede

22 Mar
Balas

terimakasih kembali, salam literasi dan salam kenal pak dede

22 Mar
Balas

terimakasih kembali, salam literasi dan salam kenal pak dede

22 Mar
Balas



search

New Post