Gunawan Ag

Saya lahir disebuah pinggiran kota, tepatnya sebuah perbatasan antara kota jakarta dan kota tangerang. Pada saat itu tangerang masih dalam bagian dari provinsi ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Selamat Datang Ramadhan Selamat Puasa Ramadhan

Selamat Datang Ramadhan Selamat Puasa Ramadhan

oleh: Gunawan

Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Highscope Indonesia Cilandak

Dalam hitungan hari umat Islam akan melaksanakan Ibadah Ritual Tahunan yaitu puasa Ramadhan. Ramadhan adalah nama sebuah bulan dalam perhitungan bulan dalam Islam/hijriyah. Jumlah bulan dalam islam/hijriyah sama dengan jumlah bulan dalam hitungan masehi. Adapun nama-nama bulan hijriah yaitu Muharram, safar, rabiul awal, rabiul akhir, jumadil awal, jumadil akhir, rajab, sya'ban, ramadhan, syawal, dzulqa'dah dan dzulhijjah.

Untuk penentuan awal ramadhan dan pelaksanaan puasa juga hari raya idul fitri memang cukup unik, kerap terjadi perbedaan antara ormas islam dalam hal ini, muhammdiyah dan pemerintah serta nahdhatil ulama. Penentuan awal ramdhan dan iedul fitri untuk muhammadiyah sudah terjadi kesepakatan dalam ormas tersebut berdasarkan perhitungan yang sudah disepakati yaitu hisab yang tentunya juga dengan perhitungan yang matang, sedangkan pemerintah dalam hal ini yang biasanya di dukung oleh ormas NU memakai perhitungan rukyatul hilal/melihat munculnya anak bulan/bulan baru sebagai standar masuknya bulan baru berdasarkan kesepakatan yang sudah ditepatkan dengan menggunakan alat-alat bantu melihat bulan yang canggih, terkadang hasilnya sama dan terkadang juga berbeda.

itulah keunikan karena sulitnya mencapai kesepakatan diantara mereka, maka kaum awam harus mampu melihat perbedaan ini dengan kepala jernih dan pengetahuan serta pemahaman bukan pedebatan yang tak berujung pangkat dan memunculkan perpecahan. Pemahaman dan pengertian didapat berdasarkan apa yang mendasari sering terjadinya perbedaan penentuan awal ramadhan dan awal syawal, dengan pengetahuan diharapkan terjadi pemahaman dalam diri yang akan semakin memperkaya khazanah wawasan keislamanan setiap muslim maka dibutuhkan pula kearifan para tokoh agama untuk memberi penjelasan yang menyejukan pada masyarakat awam.

Selamat datang bulan ramadhan yang tinggal dalam hitungan hari dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang melaksanakannya, mari saling menghormati dan menghargai antara yang beda agama dan yang kuat puasa dan tak mampu berpuasa, assalamualaikum.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post