Gunawan Ag

Saya lahir disebuah pinggiran kota, tepatnya sebuah perbatasan antara kota jakarta dan kota tangerang. Pada saat itu tangerang masih dalam bagian dari provinsi ...

Selengkapnya
Navigasi Web

TARAWEH AWAL RAMADHAN YANG MEMBLUDAK

TARAWEH AWAL RAMADHAN YANG MEMBLUDAK

GUNAWAN

Guru PAI sekolah highscope Indonesia Cilandak

Alhamdulillah, seperti tanpa kendala pengumuman hasil sidang istbath departemen Agama dan beberapa ormas Islam telah memutuskan bahwa tgl 1 ramadhan akan jatuh hari kamis, hal ini otomatis hari yang dinanti mayoritas ummat Islam indonesia khususnya yaitu melaksanakan ibadah puasa esok harinya akan segera dilaksanakan otomatis pula malam sebelumnya akan dilaksanakan shalat taraweh hari pertamapun segera dilaksanakan masyarakat muslim indonesia khususnya.

seperti biasa malam harinya setelah shalat maghrib masyarakat muslim segera siap-siap cari tempat shaf shalat sebab jika telat, misalnya pada saat time pelaksanaan shalat isya biasa kondisi penuh sesak akibatnya bisa tidak dapat empat yang nyaman untuk shalat isya dan taraweh, anak-anak remaja dan kaum ibu biasanya sudah ngetek tempat lebih awal. benar saja, malam itu saya yang datang setelah adzan isya saya tidak kebagian shaf di dalam. Malam pertama shalat isya dan taraweh itu saya lakukan di jalan sebelah masjid, karena didalam dan halaman belakang masjid sudah terisi penuh sesak jamaah yang tidak kebahagiaan di dalam dan halaman masjid dapat bagian di jalan luar sebelah masjid, ssdah disediakan takmir masjid.

Seperi yang sudah-sudah, dihari pertama pastilah demikian adanya dan itu hampir terjadi disetiap masjid atau mushalla hari pertama jamaah shalat pastilah membludak, antusias masyarakat begitu bersemangat, namun yang disayangkan suasana hari pertama tidak bisa dipertahankan, sebagai mana tadi malam dihari kedua shalat isya dan taraweh terlihat lebih lenggang, saya tidak melihat apakah masih ada yang melakukan di jalan karena malam itu saya datang sedikit lebih awal beberapa menit sebelum adzan isya dan taraweh di mulai, agar bisa melaksanakan di dalam masjid agar lebih nyaman, adem karena ber AC.

yang menjadi pertanyaan mengapa dihari selanjutnya semakin sepi. apalagi menjelang ramadhan berakhir, insya allah besok dilanjut dengan melakukan analisa sebagai jawaban, selamat menunaikan ibadah puasa wassalam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post