Gusnaini,S.Pd

Gusnaini,S.Pd. Lahir di Lintau, 29 Agustus 1961 Bertugas di SDN 04 Tapiselo Lintau Buo Utara. Email: [email protected] WA: 085274679486...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hore, Merdeka  Belajar Online

Hore, Merdeka Belajar Online

Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim, yang sering disapa dengan Mas Nadiem mencanangkan merdeka belajar.  Topik ini  selalu menjadi perbincangan tenaga pendidik. Perbincangan di berbagai media sosial dan media cetak. Tak kalah penting Mediaguru Indonesia berperan aktif dalam mensosialisasikannya. Mediaguru Indonesia menggelar berbagai seminar dan diklat. Dan yang paling  viral diadakanya lomba menulis tentang merdeka belajar. Hasil lomba melahirkan 100 penulis terbaik tentang implementasi merdeka belajar.

Berbagai teori belajar, model dan metode terangkum dalam buku antologi merdeka belajar tersebut. Namun, dalam kenyataannya sulit dilaksanakan oleh sebagian guru di kelas. Kurang dukungan orang tua, sarana dan prasarana tidak memadai menjadi alasan utama bagi guru. Guru berlindung dari kekurangan tersebut.

Sekarang apa yang terjadi ?

Covid 19 telah memaksa guru untuk bejerja keras membelajarkan siswanya di rumah bersama orang tua. Guru harus siap melayani siswanya secara online. Pontang-panting guru harus belajar mengaplikasikan pelayanan online terhadap siswanya. Dengan keterpaksaan guru bisa mengubah mindsetnya dalam membelajarkan siswa.

Bagaimana hasilnya?

Ternyata belajar online telah membuat siswa merdeka belajar. Mereka belajar dengan santai dalam pengawasan orang tuanya di rumah. Mereka bebas menentukan gaya belajar yang ia sukai. Metode belajarnya lahir sendiri sesuai kondisi lingkungannya. Mereka bebas mengekspresikan dan mengungkapkan apa yang ia rasakan. Tugas ia selesaikan tanpa ada tekanan dari guru.

Apa manfaatnya?

Kerjasama guru dan orang tua siswa terjalin erat. Guru dan orang tua sama-sama berperan dalam membelajarkan siswa. Keterbatasan sarana dan prasarana belajar tidak lagi menjadi penghalang. Belajar online benar- benar membuat siswa merdeka dalam belajar pada saat ini.

Dalam hal ini juga tersirat beberapa hikmah yang dapat kita petik:

Guru harus selalu menambah wawasan dan keterampilan, terutama keterampilan bidang teknologi informasi yang selalu berkembang. Guru harus mampu menjalin hubungan harmonis dengan orang tua siswa dan tokoh lainnya. Setiap musibah ada tersimpan sedikit kebaikan. Covid 19 yang mengancam nyawa manusia dan semua sendi perekonomian terganggu, namun banyak hikmah disebaliknya, seperti yang kita rasakan saat belajar online ini. siswa merasakan merdeka dalam belajar Terjalin kerjasama guru dan orang tua siswa Guru bertambah wawasan dan keterampilannya Siswa memiliki sejarah belajar yang unik Dan banyak hal lain yang dirasakan guru, siswa dan orang tua.

 

Lintau 7042020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang menarik dan benar - benar merdeka bun

03 May
Balas



search

New Post