Gusnidawati,S.Pd.I

Profil Penulis Gusnidawati lahir 7Agustus 1977 di Pekan baru. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

REFRESHING UNTUK HEALING DENGAN KEGIATAN OUTBOUND DI LEMBAH HARAU

REFRESHING UNTUK HEALING DENGAN KEGIATAN OUTBOUND

DI LEMBAH HARAU

Refreshing adalah proses penyegaran kembali kondisi fisik dan mental yang bisa dilakukan setiap hari dengan cara yang sederhana. Arti healing atau biasa disebut dengan self-healing sebetulnya merujuk pada suatu kondisi ketika seseorang mengalami ketidaknyamanan dalam dirinya dan berusaha untuk menghadapinya.

Kegiatan refreshing untuk healing yang penulis lakukan adalah dengan mengikuti kegiatan outbound yang diadakan kemenag lima puluh kota dalam rangka pembinaan guru pendidikan agama islam di kabupaten lima puluh kota. Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini adalah disarasah murai harau.

Lembah Harau merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota, ia berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Bukittinggi.

Lokasinya sangat mudah dijangkau sehingga di akhir pekan Lembah Harau banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lembah Harau memiliki luas sekitar 270 hektar. Saat memasuki gerbang lembah harau, kita akan dapat menikati hamparan sawah yang luas, diapit oleh tebing –tebing yang tinggi .cocok untuk lokasi panjat tebing. Beberapa tempat kita bisa menikmati keindahan air terjun yang sungguh menakjupkan ciptaan allah swt penguasa alam semesta.

ada Air Terjun Sarasah Aka Barayun. Sarasah Bunta, dan sarasah murai juga Sarasah Aie Angek.Semuanya dapat dengan mudah dikunjungi.

air terjun yang lokasinya jauh dari keramaian, jaraknya sekitar 5 kilometer dari Panorama Lembah Harau. Air terjun tersebut ialah Air Terjun Sarasah Murai

air terjun ini ternyata memiliki 7 tingkatan yang tiap tingkatnya memiliki keindahan tersendiri. Masih belum banyak wisatawan yang mengeskplore air terjun 7 tingkat ini, bisa dikatakan ini merupakan wisata minat khusus.

Setidaknya minimal butuh waktu 2 hari 1 malam jika kia ingin mengeksplore air terjun -- air terjun yang ada di Kawasan Lembah Harau dan yang paling utama ialah waktu kedatangan kita, sebaiknya datanglah di musim penghujan sehingga debit air terjun lebih deras dan lebih cantik dipandang. Di kala kemarau beberapa air terjun mengalami kekeringan.

Rutinitas kerja dan kesibukan memang rentan membuat seseorang merasa penat dan lelah hal Itu dapat menimbukan turunnya konsentrasi dan semangat

Di lembah harau inilah lokasi yang dipilih untuk kegiatan outbuound. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan inovasi dan kualitas guru kementerian agama kabupaten lima puluh kota mengadakan kegiatan pembinaan guru pai.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 10 pagi, diikuti sebanyak 45 orang peserta. Setelah kegiatan pembukaan selesai, kegiatan diserahkan pada intruktur kegiatan out bound yang terdiri dari 4 orang. Setelah perkenalan singkat dengan instruktur, peserta diminta untuk membuat dua kelompok. Masing –masing kelompok diminta untuk membentuk formasi angka tertentu atau huruf tertentu yang disebutkan oleh instruktur. Hasilnya, ada beberapa peserta yang terlalu aktif, ada peserta yang terlalu pasif juga ada peserta yang santai-santai saja dalam mengikuti kegiatan. Kegiatan berikutnya, permainan bos berkata. Bila ada kalimat bos berkata, maka perintah harus dikerjakan atau pertanyaan baru boleh dijawab, bila tidak ada kalimat bos berkata maka peserta tidak boleh berbuat apapun juga tidak boleh menjawab pertanyaan. Bila kedapatan bersalah, maka peserta akan dihukum dengan sebuah coretan dari adonan kopi kemuka peserta. Disitulah teruji tingkat konsentrasi dalam mengikuti kegiatan dan kepatuhan terhadap intruksi pemimpin. Hasilnya banyak peserta yang jadi korban hukuman coretan kopi di wajahnya. Kegiatan berikutnya adalah lomba antar kelompok dalam membuat yel-yel, mengangkat salah seorang anggota setinggi mungkin hingga bisa berdiri diatas tangan anggota yang mengangkatnya. ada juga perlombaan memasukan bola kedalam keranjang dengan mata tertutup, ada juga lomba menangkap bola setelah melakukan beberapa gerakan sesuai perintah instruktur. ada permainan bertepuk tangan dan saling bertepuk dengan teman sebelah dengan hitungan tertentu. Terakhir permainan menarik tali yang diikatkan pada sepotong paralon yang diatasnya diletakkan sebuah bola yang harus dimasukkan kedalam tong sudah disediakan. Masing-masing anggota sekitar 8 orang memegang dua tali sepanjang sekitar 3 m. untuk menjaga agar posisi paralon tetap lurus agar bola yang ada diatas paralon tidak jatuh, tentu butuh kekompakan untuk menjaga keseimbangan sambil terus berjalan hingga bola bisa dimasukkan kedalam tong yang sudah disediakan.

Dari kegiatan tersebut dapat dipahami diantara tujan kegiatan outbound ini diantaranya;

1. Team building Team building adalah bentuk dari peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi dan kekompakan tim atau kelompok. 2. Team work Team work adalah suatu bentuk kerjasama tim untuk mencapai tujuan bersama 3. Komunikasi. Komunikasi adalah suatu proses dan tata cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok. 4. Leadhersip Leadership adalah kekuatan proses dalam mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang di inginkan. 5. Konsentrasi Konsentrasi adalah proses peningkatan daya fokus dan daya ingat fikiran seseorang terhadap sesuatu. 6. Kreativitas Kreativitas adalah suatu proses peningkatan suatu daya cipta atau ide baru untuk dikembangkan. 7. Strategi Planning Strategi planning adalah suatu perencanaan dari segi manajemen untuk mencapai sasaran atau tujuan. 8. Analisis Analisis adalah kemampuan untuk menelaah dan menyelidiki sesuatu sehingga mudah dipahami dan dipecahkan. 9. Convidence Convidence adalah peningkatan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya.

Dari kegiatan tersebut juga dapat dirasakan beberapa manfaat diantaranya

1. Menjalin Silahturohmi 2. Melepas penat atau kejenuhan rutinitas 3. Mendapatkan ilmu materi yang disisipkan dalam permainan outbound 4. Lebih mengenal lingkungan 5. Membangun percaya diri 6. Menganalisa kemampuan seseorang untuk keperluan manajemen.

Demikian pengalaman penulis ketika melakukan refresing untuk healing, semoga bermanfaat.

Profil Penulis

Gusnidawati lahir tahun 1977 di Pekan baru. Anak ketiga dari empat bersaudara. Menyelesaikan pendidikan tingkat dasar pada tahun 1990 di SD Impres 6/84 Batu Kajang yang sekarang menjadi UPTD Pendidikan SDN 06 Gunuang Malintang, SLTP di MTI Koto Panjang Lampasi tahun 1990, SLTA di MA Yapiguna Guguak tahun 1998, mengikuti pendidikan D2 tahun 2006 dan S.I di YPI STIT Payakumbuh tahun 2010.

Riwayat pekerjaan sebagai guru diawali dengan diangkat sebagai guru Podok pesantren as sa’diyah batu nan limo Simalanggang saat menjadi anak putus sekolah di kelas 2 SLTA dan tahun berikutnya setelah menyelesaikan pendidikan SLTA diagkat menjadi guru di Pondok Pesantren Bulaan Kamba Kubang Putih dan diangkat sebagai guru di SDN 06 Gunuang Malintang dari tahun 2004 sebagai PTT dan tahun 2008 diangkat sebagai CPNS, tahun 2010 diangkat sebagai PNS, dan 2015 menerima sertifikat Pendidik.

no hp 08166846141

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ...Semoga lolos ya buk

07 Jun
Balas

Terimakasih.sudah mampir Bu.

07 Jun

Waah, Mantap buk. Cepat tanggap. Saya belum selesai jugaa

07 Jun
Balas

Waah, Mantap buk. Cepat tanggap. Saya belum selesai jugaa

07 Jun
Balas

Semoga cepat selesai dan lolos seleksi ya bu

07 Jun

Mudah-mudahan.Apa ibu juga sudah kirim naskah?

07 Jun
Balas



search

New Post