Guswita

Biografi Penulis Nama lengkap penulis Guswita, dilahirkan di Nagari Koto tangah Simalanggang kecamatan Payakumbuh kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berdagang

Berdagang

Berdagang

#Tantangan ke-19 menuju 365 Gurusiana

Sering kita mendengar ceramah tentang reski. Di antaranya menyebutkan bahwa 12 pintu reski yang ada, 10 di antaranya adalah berdagang. Memang apa yang didengung-dengungkan sejak zaman dahulu di tanah kelahiran Rasul sendiri sangat kental dengan mata pencarian berdagang ini. Orang Arab sangat terkenal dengan sumber ekonominya melalui berdagang. Rasul juga sejak kecil sudah berdagang membantu paman beliau Abu Thalib. Saat Rasul menginjak dewasa, beliau juga berdagang dengan membawa barang dagangan Siti Khadijah.

Lalu bagaimanakah berdagang bisa menjadi 10 jalan dalam mencari reski? Mari simak paparan berikut.

1. Pintu reski karena memudahkan urusan orang. Orang yang berdagang tentu menjual sesuatu yang ada konsumennya. Konsumen membutuhkan sesuatu. Pedagang menyediakan sesuatu yang dibutuhkan itu.

2. Menjalin silaturahmi. Berdagang dengan cara Islami dapat menjalin silaturahmi. Apalagi jika sudah sistem langganan.

3. Memelihara silaturahmi. Pedangang tentu tidak mau langganannya berpindah sehingga ia akan berusaha memelihara silaturahmi dengan pembeli.

4. Tadabbur alam. Pedagang yang menjajakan dagangannya dengan jarak yang jauh tentunya akan banyak melihat dan memperhatikan. Dari sana akan ada rasa ikatan kuat dengan Sang Khalik sehingga iman semakin mantap.

5. Istiqomah. Sifat Istiqomah dalam kebaikan di dalam berdagang menjadikan mata pencarian ini diberkahi.

Itulah lima dari sepuluh alasan terdapatnya banyak reski dalam berdagang. Insyaallah akan kita lanjutkan pada kesempatan lain. Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Telur di peternakan ya bu... semoga rizkinya selalu mengalir..amiiin

14 Mar
Balas

Milik sepupu Pak Iwan. Kita penjualannya. Aamiin.

14 Mar



search

New Post