Habibullah Alza

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BANGGA DENGAN SHOLAWAT

BANGGA DENGAN SHOLAWAT

Apa sih sebenarnya sholawat itu?

Banyak orang atau anak kecil membaca sholawat sudah banyak yang ngerti dan hafal, dan disyiarkan di masjid atau musholla yang terdekat. Seperti ; sholawat nariyah, sholawat nadliyah, sholawat tibbil qulub atau pun bisa sholawat pupujian.

Perihal masalah sholawat, kita sudah mengenal sekali ayat yang sangat terkenal dan terpopuler. Sebagaimana Allah berfirman di dalam kitabnya surah Al-Ahzab ayat 56 :

بسم الله الرحمن الرحيم

"ان الله وملاءكته يصلون على النبى، ياايها الذين ءامنوا صلوا عليه وسلموا تسليما"

Di tafsirkan oleh Ibnu Hajar, beliau menafsirkan ayat tersebut, bahwa sholawat nya Allah kepada Baginda Nabi SAW خصوصية , berbeda sholawat nya Allah diberikan kepada Nabi-nabi terdahulu atau sebelum Nabi kita Sayyidina wa Mawlaanaa Muhammad.

Kalau sholawat yang diberikan kepada para Al-anbiyaa rohmatan mutlak, tapi yang diberikan kepada Baginda Nabi maknanya

"صلات الله عليه صلى الله عليه وسلم صلاة رحمة مكرونة بتعظيم"

Berbeda sekali bukan maknanya, sholawat yang diberikan kepada Nabi mengagungkan, suatu kehormatan yang luar biasa diberikan kepada Baginda Nabi di ibaratkan seperti Lautan rohmat yang tak bertepian atau tak ada ujungnya. Subhanallaah.

Jadi, ketika kita membaca sholawat Nabi, yang untung itu bukan Baginda Nabi, yang untung sebetulnya kita. Dan juga jangan salah paham seolah-olah kita bisa mendoakan Baginda Nabi "tidak", dengan sholawat itu justru mendapatkan doa Baginda Nabi SAW.

....صلوا على النبى

Sekian dari kami, mudah-mudahan dengan perbanyak sholawat kita bisa berjumpa dan dikumpulkan bersama Baginda Nabi di Akhirat kelak. Aamiiin aamiiin yaa robbal 'aalamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aaminn yra

19 Jun
Balas

shallu alaih. Sukses selalu dan barakallahu fiik

19 Jun
Balas



search

New Post