WASHADI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGINGATKAN TENTANG IBU

MENGINGATKAN TENTANG IBU

Setiap menjelang dan sesudah tanggal 22 Desember kita bangsa Indonesia diingatkan kembali tentang ibu. Pasalnya, pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Ibu. Beragam program dan agenda seremonial tahunan diselenggarakan di seluruh pelosok negeri dengan cara masing-masing.

Berbicara tentang ibu memang menarik. Tidak akan pernah habis kata-kata atau ungkapan untuk mengungkapkan tentang sosok wanita pendamping ayah ini. Namun, setidaknya ada beberapa kisah Islami yang dapat kita jadikan sebagai bahan renungan kita, sebagai berikut:

1. Ibu adalah orang yang mendapatkan bakti anak-anaknya. Hal ini sesuai dengan kisah ketika Rasulullah SAW ditanya sahabat tentang siapakah orang yang patut mendapatkan bakti anak-anaknya. Rasulullah SAW menjawab, "Ibumu, ibumu, ibumu." Ini bermakna bahwa, kedudukan ibu begitu tinggi dan mulia, bahkan melebihi kedudukan ayah.

2. Ibu yang salehah akan melahirkan anak-anak yang saleh/salehah. Hal ini sesuai kisah Nabi Ibrahim AS, sekalipun ayahnya (Azhar) seorang pembuat patung/berhala, tetapi karena ibunya (Umaylah) salehah, maka Beliau menjadi saleh. Ini bermakna bahwa, ibu merupakan penentu kebaikan atau kejelekan keimanan putra-putrinya.

3. Ibu selalu berdoa yang terbaik bagi anak-anaknya. Dikisahkan, ketika Nabi Musa AS hendak masuk ke surga, Beliau bertanya kepada Allah SWT tentang siapa orang yang akan menemaninya masuk surga. Oleh Allah SWT dijawab bahwa yang akan menemaninya adalah seorang laki-laki penjual daging. Ternyata, laki-laki tersebut secara rutin menyuapi ibunya sepulang berdagang. Sang ibu selalu berdoa agar putranya dimasukkan ke surga bersama Nabi Musa AS. Doa sang ibu dikabulkan oleh Allah SWT.

Tentu, di atas hanya sedikit kisah, namun dapat kita petik hikmahnya. Betapa perjuangan dan pengorbanan ibu luar biasa. Betapa doa ibu menjadi penentu keberhasilan dan kesuksesan anak-anaknya di masa depan. Pantas saja jika Rasulullah SAW bersabda bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu.

Demikianlah tulisan singkat ini. Akhirnya, saya sampaikan ucapan: Selamat Hari Ibu Tahun 2017.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post