Hadriati Bahmad

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
USIR KEJENUHAN JADI SISWA PRODUKTIF

USIR KEJENUHAN JADI SISWA PRODUKTIF

Masa Pandemi Covid-19 telah memasuki usia 1 tahun, namun keluhan tentang dampak yang ditimbulkannya masih terus terdengar dari berbagai kalangan. Baik siswa, guru maupun orang tua, tak sabar menantikan dibolehkannya untuk pembelajaran tatap muka. Hal ini dipicu oleh jenuhnya siswa dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Meskipun guru telah berupaya membuat kondisi PJJ menyenangkan bagi siswa, namun mereka tetap merasa jenuh. Karena PJJ membatasi pantauan guru terhadap siswa, sementara orang tua sebagai partner guru yang diharapkan dapat mendampingi putra-putrinya di rumah, ternyata jauh dari harapan. Karena aktivitas dalam memenuhi kebutuhan finansial keluarganya membuat mereka tidak dapat melakukan pendampingan. Akibatnya, Handphone yang merupakan salah satu sarana pembelajaran berubah fungsi menjadi sarana permainan (game) online. Kegemaran bermain game online membuat hampir seluruh waktu siswa tersita sehingga aktivitas lain seperti membaca, olahraga bahkan kepedulian terhadap lingkungan menjadi berkurang. Karena bagi mereka, bermain game dapat membuang kejenuhannya.

Namun demikian, sebagian siswa mengatasi kejenuhannya dengan bijak, yaitu mengikuti Lomba Menulis Siswa yang diselenggarakan oleh Media Guru Indonesia dari tanggal 1 – 10 Maret 2021 lalu. Lomba ini bersifat kondisional karena mengangkat tema “Kami Rindu Bersua, Pengalaman Belajar Daring” sesuai dengan apa yang dialami selama PJJ. Selain dapat mengeluarkan unek-uneknya melalui tulisan, 100 tulisan terbaik akan diterbitkan dalam sebuah buku antologi. Dan hasil lombanya, 5 orang dinyatakan sebagai pemenang yang berasal dari berbagai tingkatan, mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA.

Bagi kelima pemenang, yaitu: Adiksya Rakha Dhananjaya (TKB Islam Al Azhar Semarang, Jawa Tengah), Magriani Mukti (SMP Negeri 2 Kota Besar, Kab. Dharmasraya), Niha Hanum Salsabila (MTsN 7 Kediri), Syahida Amalia A’la (SDIT Insantama Bogor), dan Zahra Dwi Annisa (SMAN 3 Painan, Kab. Pesisir Selatan) diundang sebagai pembicara pada Webinar XXX MediaGuru pada tanggal 14 Maret 2021 dengan tema “Anak Indonesia Cinta Buku”. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi siswa lain bahwa mereka dapat mengusir “kejenuhan” dan menjadi “Siswa Produktif” di masa Pandemi karena mereka rajin ber “Literasi”.

Meski acaranya telah berlangsung kemarin tetapi Kepiawaian mereka dapat ditonton melalui www.youtube.com/mediaguruindonesia . Bagi yang merasa “jenuh” dengan PJJ, yuk….tuliskan unek-uneknya di blog sasisabu.id (daftar dan buat akun di www.sasisabu.id) agar kemampuan literasi kalian meningkat dan menjadi “siswa produktif”. Kalau mereka bisa, kenapa kalian tidak?

Ponrangae, 15 Maret 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

16 Mar
Balas

keren ulasannya bunda, salam sukses selalu

19 Mar
Balas

Mantap KK...

16 Mar
Balas

Makasih, dinda

16 Mar

Mantap ulasannya ibu...ijin follow ya

16 Mar
Balas

Makasih, bu. Saya follow balik

16 Mar



search

New Post