M Agus Sulaiman

Pamong Belajar Ahli Muda di wilayah kerja Papua dan Papua Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ujian Kompetensi TIK bagi Putra Putri Papua

Ujian Kompetensi TIK bagi Putra Putri Papua

Oleh: M. Agus Sulaiman, S.Pd*

Sumber Daya Manusia yang produktif dan kompetitif adalah keinginan semua manusia sebagai kebutuhan aktualisasi diri untuk mencapai kesempurnaan cita-cita yang diinginkannya. Begitu pun yang ada di Papua khususnya peserta didik yang mengikuti kursus untuk menambah atau meningkatkan potensi diri dalam kontribusinya di negara ini. Oleh karena itu sejalan dengan amanat UUD 1945 POasal 31 ayat 1 yaitu: "Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan" bahwa di Papua saat ini mulai diperhatikan dalam pembangunan fisik maupun manusianya itu sendiri.

Peserta didik yang ada di LKP Sentra Anugerah Mandiri yang beralamat di Jalan Koti Nomor 80 depan pelabuhan telah mengikuti kursus Pendidikan Kecakapan Kerja di bidang TIK dan puncaknya pada tanggal 1 sampai dengan 3 Maret 2018 telah melaksanakan Uji Kompetensi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), meskipun yang baru dikursuskan adalah bidang Microsoft Office yang terdiri dari: 1. Wordprocessing, 2. Spreadsheet dan 3. Presentation. Bagi pandangan orang lain adalah kursus yang mengajarkan Microsoft Office ketertinggalan yang sangat jauh mengingat bahwa era saat ini adalah teknologi yang menekankan Andorid System akan tetapi materi Microsoft Office khususnya di Papua masih sangat relevan diajarkan karena mayoritas melek teknologi di Papua sangat diminati dan dalam proses pengenalan aplikasi-aplikasi terapan yang dibutuhkan banyak perusahaan maupun instansi di Papua.

Materi ujian Uji Kompetensi di hari pertama tanggal 1 Maret 2018 adalah ujian Wordprocessing di LKP Sentra Komputer yang ditunjuk Tempat Uji Kompetensi Sementara (TUKS) untuk melaksanakan Uji Kompetensi TIK di Kota Jayapura. Hari pertama dilaksanakan dua gelombang, yang pertama dimulai pukul 09.00 WIT dan selesai pukul 11.00 WIT dan yang kedua dilaksanakan pukul 12:30 WIT dan selesai pukul 14:30 WIT, masing-masing gelombang diikuti 15 peserta didik. Jadi total dalam sehari menyelenggarakan 2 gelombang adalah diikuti oleh 30 peserta didik. Gelombang yang pertama tidak diikuti lengkap 15 peserta didik ada 2 peserta yang mengundurkan diri tidak mengikuti uji kompetensi tanpa keterangan, sedangkan yang gelombang kedua ada 4 peserta didik yang juga mengundurkan diri tidak mengikuti uji kompetensi tanpa keterangan juga.

Hari kedua pada tanggal 2 Maret 2018 materi Uji Kompetesi adalah Spreadsheet atau yang biasa disebut dengan Mocrosoft Excell. Jumlah peserta didik yang mengikuti pada gelombang pertama adalah sama dengan hari pertama, ujian berjaan dengan lancar meskipun ada satu peserta didik yang sanagt kecewa tidak bisa menyelesaikan ujiannya dengan baik karena tidak mampu mengerjakannya dan peserta itu pun menunjukkan ekspresi sedihnya hingga ujian berakhir. Diakuinya bahwa amteri ujian Spreadsheet yang sedang dikerjakannya sangat sulit karena Excell sendiri terdapat aplikasi yang memerintahkan untuk merumuskan prosentase dan menjumlah angka-angka yang tersedia di soal ujian. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada pukul 13:30 WIT mundur satu jam dari jadwal hari pertama yang biasanya dimulai pukul 12:30 WIT karena ada Ibadah Sholat Jumat dan hari itu bertepatan hari jumat. Peserta didik juga menyusut ditambah 1 peserta didik menjadi 5 peserta didik yang tidak mengikuti peserta didik, jadi peserta ujian menjadi 10 yang mengikuti ujian. Tambahan 1 peserta ujian yang tidak mengikuti Uji Kompetensi TIK dikarenakan sedang magang.

Hari ketiga materi ujian adalah Presentation dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 3 Maret 2018. Presentation (PP) atau yang biasa di sebut aplikasi Microsoft Power Point diujikan pada peserta didik di hari terakhir Uji Kompetensi TIK di TUKS LKP Sentra Komputer. Gelombang pertama masih diikuti peserta didik dengan jumlah 13 orang dimulai pukul 09:00 WIT dan selesai pukul 11:00 WIT. Sedangkan gelombang kedua diikuti 10 orang dengan 5 orang yang tidak mengikuti ujian kompetensi di hari terakhir ini.

Hasil dari ujian akan segera diumumkan setelah 1 minggu selesai Uji Kompetensi TIK dilaksanakan di LKP Sentra Komputer. Sedangkan sertifikat hasil ujian akan diserahkan 2 minggu kepada peserta didik yang telah melaksanakan 3 hari Uji Kompetensi TIK di LKP Sentra Komputer. Harapan dari selesainya pelaksanaan kursus dan pelatihan TIK ini peserta didik mendapatkan pengetahuan TIK di bidang Mocrosoft Office dan siap mengarungi dunia kerja khususnya di Papua.

*Penulis adalah Pamong Belajar di BP-PAUD dan Dikmas Papua

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post