Hamdani

Guru yang menyukai kegiatan membaca, menulis serta mengamati iklan di berbagai media. Minat terhadap art, diantaranya menikmati aktifitas mendekorasi ruangan, ...

Selengkapnya
Navigasi Web

TENTANG KULIT LUMPIA

Mau tahu, caranya ibu membuat camilan atau kudapan yang berjuluk lumpia?

Pertama, ia jerang air dari sepertiga panci yang berkapasitas 10 liter.Tutup panci yang terbuat dari bahan aluminium ia tangkupkan, tetapi menghadap ke atas. Cobalah bayangkan posisi hadap antena parabola.

Menjelang air mendidih, ibu meletakkan sejumput parutan ketela tanpa bumbu apapun, ke atas tutup panci. Tutup panci itu dapat memuat tiga bagian jumputan, yang kemudian ditekan pelan, hingga rata menyerupai lingkaran tipis. Berubah warna kekuningan, ibu melepas lembaran panas itu menuju nampan. Ia isi di tengahnya dengan potongan panjang dan kecil- kecil dari buah labu siam, berbumbu garam, bawang putih, merica dan sedikit gula pasir. Kesemuanya telah ditumis. Cara menutup isi lumpia, keempat ujung yang tak lancip itu disatukan, tanpa putih telur sebagai perekat. Saat digoreng, tentu saja ada yang menganga, bahkan kadang berburai isinya. Gosong, tapi berasa unik. Sekarang saya jawab pertanyaan Sobat, mengapa ibu tidak memilih membeli saja kulit lumpia yang banyak dijual di pasar tradisional dan modern.

Bahwa peristiwa itu terjadi pada tahun 80 an, tatkala ibu belum terpikirkan jika nantinya ada penjual kulit lumpia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dirumah istri juga biasa beli jadi pak, sepertinya konsumerisme mulai terjadi pada berbagai lini kehidupan

04 Mar
Balas

Tak terasa ya, Pak Mulya. Karena dalih praktis serta murah he he he

04 Mar



search

New Post