Haminah

Haminah adalah Guru SDN 112 Belajen, lahir di Belajen 05 April 1974 , memiliki tiga orang putra yaitu Fachri Irawan, Nur Adnan Fakhri dan Fauzan Al Munif. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Makna Butir  butir  Pancasila
Dokumen Pribadi

Makna Butir butir Pancasila

Makna Butir – butir  Pancasila

Dokumen Pribadi

Hari libur nasional 01 Juni yang diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Hari yang sangat istimewa dimana seluruh warga negara Indonesia memperingati untuk mengenang jasa para arwah pahlawan yang telah bahu membahu berjuang membela hari lahirnya  Pancasila. Peringatan ini ditandai dengan ramainya media sosial dengan ucapan selamat melalui tribbonize kartu ucapan selamat.

Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia perlu diamalkan dalam kehidupan sehari – hari. Nilai – nilai religus, karakter , saling menghargai dan menghormati harus diterapkan dalam kehidupan . Menurunnya nilai karakter karena pengaruh globalisasi. Adanya gadged yang membuat generasi penerus perjuangan lebih mementingkan urusan pribadi perlu di bina dan dibimbing. Penanaman nilai moral Pancasila harus dijunjung tinggi.

Guru merupakan garda terdepan yang patut digugu dan ditiru. Olehnya itu Pendidikan Moral Pancasila harus diajarkan. Nilai – nilai yang terkandung dalam setiap butir Pancasila harus diamalkan. Setiap sila memiliki lambang tersendiri yang memiliki makna dan nilai  yang terkandung di dalamnya.

Sila pertama membahas mengenai aspek ketuhanan dan keagamaan dari bangsa Indonesia. Sila kedua membahas mengenai bagaimana masyarakat negara Indonesia dapat menjunjung tinggi prinsip – prinsip kemanusian yang adil. Sila ketiga  membahas pada persatuan, toleransi, dan persekutuan sesama. Sila keempat membahas proses berdemokrasi dan bermusyawarah. Sila kelima berkisar pada bagaimana cara mewujudkan sebuah masyarakat yang berkeadilan sosial.

Pancasila sebagai pandangan hidup yang harus yang harus diamalkan dalam keseharian untuk dijadikan petunjuk dan pedoman. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui makna butir Pancasila. Segala tindak tanduk perilaku harus selalu dijiwai oleh nilai – nilai luhur Pancasila.

Belajen Barat, 01 Juni 2021

# catatan harian Penulis

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga segala tindak tanduk perilaku kita selalu dijiwai oleh nilai nilai luhur Sukses selalu buat Ibu Haminah

01 Jun
Balas



search

New Post