Hanako Sukma Yoshisa

Alumni UNS Solo Pendidikan Sejarah '12. Duta Wisata Wonogiri '18. Guru sejarah SMK Negeri 1 Semarang . Hobby membaca, menonton film, konten kreator Tiktok (eduk...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Sejarah VS Badarawuhi (Makhluk Astral Cantik KKN Desa Penari)
Guru Sejarah VS Badarawuhi (Makhluk Astral Cantik KKN Desa Penari)

Guru Sejarah VS Badarawuhi (Makhluk Astral Cantik KKN Desa Penari)

 

Dalam mata pelajaran sejarah, seringkali peserta didik merasa ngantuk, bosan, bahkan beribu alasan opini dalam mendefinisikannya. Hal ini tentu peringatan bagi guru, mengapa peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran sejarah. Masih banyak kita yang kurang up to date bahkan hanya menggunakan metode ceramah saja dalam pembelajaran sejarah, menjadikan image mata pelajaran sejarah semakin membosankan dan dianggap kuno.

Hal inilah  yang menggugah sanubari hati saya, dalam membuat inovasi pembelajaran sejarah, yaitu menggunakan media Ular Tangga Jumbo  terinspirasi dari film viral KKN di Desa Penari. Film karya  Awi Suryadi yang diadaptasi cuitan SimpleMan di Twitter, dimana  6 orang mahasiswa dan mahasiswi melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa terpencil, daerah Jawa Timur. Tak disangka, ternyata desa mereka pilih bukan desa biasa. Mereka pun mendapatkan teror misterius dari sosok penari (makhluk astral) cantik bernama Badarawuhi. Namun sayang, mereka tidak bisa dengan mudahnya pulang dari desa yang disebut desa angker, karena salah satu dari mereka melanggar perjanjian dari desa setempat, yang karmanya harus berhadapan dengan Badarawuhi.

Jika di film KKN di Desa Penari para mahasiswa diganggu oleh Badarawuhi, dalam pembelajaran sejarah, anak-anak di dampingi oleh guru sejarah, belajar sambil bermain menggunakan media Ular Tangga Jumbo.  Dengan musik sound KKN di Desa Penari dan dibawah lampu ringlight, anak-anak asyik melempar dadu, kemudian melompat sesuai nomor dadu. Ketika anak-anak mendapat surat rahasia yang berisi pertanyaan mengenai sejarah, jantung anak-anak mulai dag dig dug serr, takut jika tidak bisa menjawab pertanyaan dari surat rahasia, yang tentunya mendapat hukuman yang menyenangkan. Anak-anak yang berhasil menjawab surat rahasia, akan mendapat poin nilai dan  hadiah spesial dari saya. 

Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Inilah tugas kita sebagai guru sejarah, bagaimana mengubah image sejarah, agar sejarah menjadi pelajaran yang tak mudah untuk dilupakan , yang awalnya benci menjadi cinta akan sejarah. Dengan pembawaan guru yang easy going and catchy , anak-anak pasti merasa enjoy. Jika enjoy,  maka ilmu yang kita berikan atau transfer ke anak-anak pun menjadi lebih efektif dan tentunya menyenangkan. 

 

Semarang, 28 Desember 2022

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

28 Dec
Balas

Terima kasih ibu cantik mohon bimbingannya ibu

28 Dec

Keren menewen bunda. Pakde juga guru sejarah. Terima kasih telah mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

31 Dec
Balas

terima kasih bapak.. salam kenal njih pak.. karya penjengan keren pak

31 Dec

Keren giatnya. SMKN 1 Semarang dahulunya dikenal sebagai SMEA Pembina, ya? Meski lulus tes masuk, saya batal jadi siswanya karena milih/ambil yang SMA. Salken dari Cah Kagok.

30 Dec
Balas

Terima kasih Pak Isak ..

31 Dec



search

New Post