Hana Puspita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

BAHAN AJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI GLOBALISASI DAN PERUBAHAN KOMUNITAS LOKAL

BAHAN AJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI GLOBALISASI DAN PERUBAHAN KOMUNITAS LOKAL

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir Diklat

Widyaiswara: Dr. Hj.Asih Aryani, M.Pd.

Dra. Hj Losarini Sumartati, M.Pd.

Disusun oleh : Hana Puspita, S.Sos.I

MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH

KOTA CIMAHI 2023

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt., karena atas limpahan rahmat, taufik, serta karunia-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan bahan ajar ini dengan baik. Penulis mendapatkan banyak bantuan dan bimbingan dalam penyusunan menyelesaikan tugas penyusunan bahan ajar ini dengan baik. Penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Dr. Hj.Asih Aryani, M.Pd. dan Dra. Hj Losarini Sumartati, M.Pd. selaku pembimbing Telaah Kurikulum Pembelajaran. 2. Teman – Teman yang membantu memberikan info jika penulis kurang mengetahui atau kurang paham Penulis menyadari bahwa dalam penulisan penugasan penyusunan bahan ajar ini dengan baik masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penulis dengan hati dan tangan terbuka mengharapkan saran dan kritik yang membangun guna kesempurnaan dan perbaikan karya kami di masa yang akan datang. Semoga laporan penugasan turun lapangan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah pengetahuan kita.

Cimahi, 12 Mei 2023

Hana Puspita

DAFTAR ISI

TINJAUAN MATA PELAJARAN A. Deskripsi Singkat Mata Pelajaran B. Manfaat Mata Pelajaran C. Standar Kompetensi Mata Pelajaran D. Susunan Urutan Bahan Ajar Sosiologi Kelas XII SMA

BAB II Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

A. Indikator Kompetensi Dasar B. Deskripsi Singkat Bab Mata Pelajaran C. Materi D. Daftar Bacaan Tambahan E. Pertanyaan Kunci15 F. Soal G. Tugas Siswa

RANGKUMAN DAFTAR PUSTAKA KUNCI JAWABAN

TINJAUAN MATA PELAJARAN A. Deskripsi Singkat Mata Pelajaran Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, Sosiologi menjadi ilmu pengetahuan yang tertuju pada kaitan sosial di lingkungan sekitarnya.

Sosiologi menjadi salah satu mata pelajaran dalam jenjang Pendidikan MA. Mata pelajaran ini membahas mengenai teori, prinsip, jenis, dan metode sosial yang berkaitan mengenai ilmu sosiologi dalam rangka bisa menjelaskan aktivitas-aktivitas yang ada di lapangan. Ilmu ini mempelajari tentang hubungan manusia dengan manusia, atau manusia dengan masyarakat dan sebaliknnya. B. Manfaat Mata Pelajaran

Semua kegiatan belajar mengajar, bertujuan supaya menciptakan dampak langsung atau tidak tidak langsung terhadap karakter peserta didik, diharapkan peserta didik memiliki perilaku yang baik, menjunjung tinggi kepercayaan dan etika, toleransi, empati, proaktif, tanggung jawab, proatkif terhadap ragam budaya di lingkungan masyarakat, nasional. Selain itu, seorang peserta didik diharapkan bisa berfikir kritis dan peka dengan sekitar

C. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Berikut Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII MA: a. Kompetensi Inti KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi KI 2 Secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, KI 3 teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang KI 4 dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan b. Kompetensi Dasar 3.2 Mendeskripsikan berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi. Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang berbagai 4.2 Permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi D. Susunan Urutan Bahan Ajar Sosiologi Kelas XII MA Susunan Bab Sosiologi Kelas XII MA: 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal 3. Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas E. Petunjuk Bagi Peserta Didik Berikut ini beberapa petunjuk bagi peserta didik untuk mempelajari bahan ajar mata pelajaran sosiologi kelas XI sebagai berikut: 1. Fokuskan diri anda untuk siap belajar 2. Berdoalah sejenak sesuai agama dan keyakian anda. 3. Bacalah dahulu bagian standar kompetensi, dan indicator yang harus dicapai, hal ini penting untuk memberikan gambaran tujuan mempelajari bahan ajar ini. 4. Pelajarilah penejalasan materi secara seksama dalam bahan ajar ini, kemudian bila ada yang belum paham tanyakan pada guru pembimbing di kelas. 5. Perhatikan perintah seperti pertanyaan, soal, dan tugas yang ada didalam bahan ajar ini sesuai arahan guru. Bila hasil pekerjaan dikira sudah sesuai ambang batas aman maka anda sudah mampu memahami materi ini dengan baik. 6. Setelah mempelajari bahan ajar ini , peserta didik diarahkan untuk mewujudkan perilaku yang baik didalam masyarakat dan memiliki pola pikir kritis dan peka terhadap fenomena di lingkungan sekitar. 6 BAB II Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal A. Indikator Kompetensi Dasar 3.2 Mendeskripsikan berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi. Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang berbagai 4.2 permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi B. Deskripsi Singkat Bab Mata Pelajaran Mata pelajaran sosiologi, dengan modul Bab 2 Kelas XII, akan mengulas tentang Globalisasi serta pengaruhnya terhadap perubahan komunitas lokal. Konsep globalisasi dapat dengan mudah dipahami melalui pemenggalan kata ‘global’ dan ‘sasi’. Kata ‘global’ merujuk pada lintas batas dan kata ‘sasi’ merujuk pada perubahan/ proses menjadi. Untuk mempermudah mengingat, globalisasi dapat diartikan secara singkat sebagai proses perubahan sosial pada skala lintas batas. Globalisasi mengacu pada suatu kondisi perubahan sosial dimana negara, wilayah dan masyarakat saling terkoneksi satu sama lain, baik itu dalam bidang ekonomi, politik, serta sosial budaya.

C. Materi A. Globalisasi dan Dampaknya terhadap Perubahan Sosial di Tingkat Lokal atau Komunitas

1. Pengertian Globalisasi Konsep globalisasi dapat dengan mudah dipahami melalui pemenggalan kata ‘global’ dan ‘sasi’. Kata ‘global’ merujuk pada lintas batas dan kata ‘sasi’ merujuk pada perubahan / proses menjadi. Untuk mempermudah mengingat, globalisasi dapat diartikan secara singkat sebagai proses perubahan sosial pada skala lintas batas. Globalisasi mengacu pada suatu kondisi perubahan sosial dimana negara, wilayah dan masyarakat saling terkoneksi satu sama lain, baik itu dalam bidang ekonomi, politik, serta sosial budaya. Globalisasi merupakan suatu fase perubahan yang dialami oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Ciri khas dari era globalisasi yaitu semakin kaburnya batas-batas geografis antar negara. Pertukaran informasi serta arus barang maupun jasa tidak lagi hanya dilakukan dalam cakupan negara (lokal, nasional) namun juga merambah lintas negara (global, internasional).

Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.

Globalisasi sendiri merupakan sebuah istilah yang muncul sekitar dua puluh tahun yang lalu, dan mulai begitu populer sebagai ideologi baru sekitar lima atau sepuluh tahun terakhir. Dewasa ini hampir semua negara melakukan hubungan perdagangan dengan negara-negara lain, baik hubungan regional, bilateral maupun multilateral. Apalagi dalam era globalisasi sekarang dengan dideklarasikannya perdagangan bebas (AFTA). Contohnya, selain dijual/dipasarkan untuk pasar dalam negeri/domestik, hasil produksi Indonesia juga dijual ke luar negeri.

Kegiatan tersebut menimbulkan arus barang dan jasa dari dalam negeri ke luar negeri atau ekspor. Arus tersebut menimbulkan arus uang dari luar negeri ke dalam negeri dan dibayar menggunakan valuta asing (devisa) menurut kurs tertentu. Apabila kita membeli barang dan jasa dari luar negeri sehingga terjadi arus barang dari luar negeri ke dalam negeri atau impor, arus barang dan jasa tersebut akan diimbangi dengan arus uang dari dalam negeri ke luar negeri. Daftar yang mencatat kegiatan ekspor dan impor barang dan jasa disebut neraca perdagangan. Sedangkan daftar yang digunakan mencatat semua pembayaran kegiatan ekspor dan impor disebut neraca pembayaran. Keterlibatan perekonomian negara lain bertujuan untuk mencapai sasaran pembangunan dan pertumbuhan ekonomi sehingga suatu negara akan melakukan kerjasama dengan negara lain, baik di dalam satu kawasan maupun di kawasan internasional. Kita ketahui bersama bahwa tidak semua negara mempunyai sumber daya alam dan juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi. Solusi dari ketimpangan masing-masing negara adalah dengan melakukan pertukaran antar masing-masing. Pertukaran antara negara disebut sebagai perdagangan luar negeri (ekspor- impor). Contohnya adalah negara Indonesia dengan menjual barang komoditas yang diekspor berupa kelapa sawit kepada Tiongkok, sebaliknya Indonesia mengimpor barang komoditas motor dari Cina. Selain itu peran masyarakat luar negeri adalah melakukan investasi pada perusahaan yang mengeluarkan obligasi, saham, maupun sekuritas lain, sehingga perusahaan tersebut dapat melaksanakan kegiatan produksi. 2. Bentuk dan Gejala Globalisasi Selanjutnya, ada bentuk dan gejala globalisasi di berbagai bidang di kehidupan sosial. yang pertama bidang ekonomi, globalisasi ini erat dengan perdagangan bebas. Perdagangan bebas itu adalah sebuah sistem perdagangan yang semakin luas dan meniadakan hambatan yang ada pada proses perdagangan internasional. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya organisasi internasional. Kedua, bidang sosial, munculnya banyak penemuan baru pada akhirnya melipat jarak dan waktu yang ada. Kita bisa bertemu orang yang sangat jauh tanpa harus berpindah tempat. Hal yang dahulu sulit untuk dilakukan sekarang jadi mudah dilakukan dengan adanya alat telekomunikasi yang canggih. bentuk dari interaksi sosial mengalami perubahan pada saat ini.

Ketiga, bidang budaya bisa kamu lihat dari bahasa. Kamu suka kan memakai bahasa Inggris? nah itu semua adalah salah satu contoh bahasa dunia, namun semua orang mempelajarinya karena yang menjadi bahasa internasional adalah bahasa Inggris. tak hanya bahasa Inggris, bahasa Rusia, Mandarin, Jepang, dan banyak bahasa lainnya kita pelajari sekarang ini. Itu semua karena ketika negara sudah menerima globalisasi, negara harus mengikuti arusnya. Keempat, Politik. Kamu bisa melihat dari berbagai kebijakan nasional yang mempengaruhi keberadaan negara lain. Nah kita tahu juga kan adanya kebijakan tentang cukai, ekspor, atau impor. Kebijakan ini pasti mempengaruhi negara-negara lainnya lho. Ada banyak lagi bentuk dan gejala yang bisa diamati karena memang globalisasi merasuk ke dalam setiap hal di hidup kita.

3. Faktor Pendorong Globalisasi Globalisasi tidak serta merta tercipta dengan sendirinya. Terdapat dua faktor utama yang mendorong terjadinya globalisasi, yaitu: 1. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi Faktor pendorong utama globalisasi yaitu kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan proses pertukaran informasi di berbagai pelosok dunia. Kemajuan teknologi tersebut yang membuat semakin kaburnya batas- batas geografis antar negara di dunia karena semua informasi yang individu butuhkan dapat tersedia dalam genggaman dan hanya dengan sekali klik. Kehadiran ponsel pintar serta internet koneksi 5G merupakan contoh dari perkembangan teknologi yang mendorong globalisasi terus terjadi. Era globalisasi sangatlah identik dengan kecepatan, kemudahan dan ketersediaan. Arus informasi dan komunikasi berlangsung begitu cepat, berbagai peristiwa dunia dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja dengan bantuan ponsel pintar. Pun segala jenis informasi, barang dan jasa akan selalu tersedia bagi tiap-tiap individu yang membutuhkannya dengan bantuan akses internet.

2. Kehadiran perusahaan multinasional Perusahaan multinasional merupakan intrumen lain yang mendorong terjadinya globalisasi. Sebagai contoh, terdapat perusahaan besar skala multinasional yang menanamkan modal, aset serta memutuskan untuk membangun pabrik di negara berkembang dimana tenaga kerja murah dan bahan baku mentah tersedia. Perusahan multinasional tersebut pada dasarnya telah menjalankan aktivitas ekonomi skala besar dan sangat mempengaruhi perekonomian nasional di negara berkembang yang mereka tempati. Perusahan-perusahaan multinasional juga semakin mengaburkan batas-batas geografis antar negara karena pada dasarnya eksistensi mereka sangat ditentukan oleh pasar dunia. Modal dan aset perusahaan tersebar di berbagai negara serta manajemen perusahaan dikelola secara lintas batas oleh karyawannya. 4. Dampak Globalisasi Terhadap Perubahan Sosial di tingkat Lokal • Menghilangnya Tradisi Masyarakat Tradisi adalah tindakan yang telah dilakukan sejak lama, turun-temurun, dan menjadi bagian dari kehidupan. Mulai dari bahasa, kebiasaan sehari-hari, makanan, hingga pakaian yang kita pakai mencerminkan tradisi. Adanya globalisasi dapat mengikis tradisi karena mendatangkan nilai-nilai tradisi dariluar yang berbeda. Karenanya, diperlukan perilaku yang bijak agar tidak menghilangkan tradisi lokal yang telah bertahan lama. • Komunikasi Kemajuan teknologi merupakan pendukung globalisasi. Masyarakat telah dimudahkan dengan teknologi telekomunikasi, termasuk masyarakat di komunitas lokal. Tapi, bahasa daerah dapat terkikis akibat masuknya bahasa asing. Orang-orang mungkin fasih berbahasa Inggris, tapi tidak bisa berbicara menggunakan bahasa daerahnya. • Transportasi Dampak globalisasi lain yang dirasakan oleh komunitas lokal adalah transportasi. Transportasi merupakan salah satu dampak positif dari globalisasi karena memudahkan masyarakat dalam menempuh perjalanan. Jarak yang lebih jauh dapat ditempuh dalam waktu yang lebih singkat. Bayangkan, dulu sebagian masyarakat masih mengandalkan kaki ataupun hewan seperti kuda sebagai alat transportasi. Sekarang, kita telah dimudahkan dengan adanya mobil dan motor. • Gaya Hidup Masuknya tren-tren dari luar tentu memberikan dampak terhadap gaya hidup komunitas lokal. Yang biasanya berperilaku dan berpakaian sesuai adat yang diajarkan, globalisasi memungkinkan terjadinya westernisasi dan Korean wave yang membuat kita meniru gaya ala Barat dan Korea. Tak sdikit yang inginberpenampilan layaknya sosialita yang ramai di media sosial atau televisi.

B. PERMASALAHAN SOSIAL AKIBAT PERUBAHAN SOSIAL DI TINGKAT LOKAL ATAU KOMUNITAS DISEBABKAN GLOBALISASI Globalisasi yang terjadi saat ini sangat memengaruhi kehidupan manusia, baik secara positif maupun negatif. Berkat globalisasi, teknologi mengalami perkembangan yang signifikan. Kita dapat berkomunikasi jarak jauh hanya dengan gerakan jari di smartphone. Informasi juga bukan lagi hal yang mahal atau sulit untuk didapatkan, karena internet menyediakan semuanya. Tapi di sisi lain, globalisasi memberikan pengaruh negatif terhadap masyarakat. Salah satu yang paling kentara adalah perubahan nilai dan norma. Ketika bersentuhan dengan budaya lain, tentu ada nilai-nilai luar yang kita adaptasi, walaupun itu secara sadar atau tidak. Jika kita hanya mengambil yang baik saja, tentu tidak ada masalah. Sayangnya, ada juga yang justru meniru nilai-nilai buruk sehingga meningkatkan tingkat kejahatan di masyarakat. Jika digolongkan, permasalahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi bisa dibagi menjadi dua, yaitu kenakalan remaja dan kriminalitas. • Kenakalan Remaja Permasalahan sosial pertama yang muncul sebagai akibat globalisasi adalah kenakalan remaja. Kenakalan remaja bisa didefinisikan sebagai penyelewengan nilai dan norma yang dilakukan oleh seorang remaja dalam aturan yang berlaku di masyarakat. Beberapa faktornya bisa disebabkan baik oleh keadaan psikologis maupun lingkungan. Masa remaja adalah proses mencari jati diri, sehingga tidak jarang anak muda merasa perlu untuk mencoba hal-hal baru. Lingkungan juga berperan dalam membentuk pribadi. Jika orang-orang atau teman-teman di sekitar melakukan hal yang buruk, bukannya tidak mungkin mereka bisa melakukan hal yang sama. Beberapa contoh kenakalan yang umum dilakukan remaja adalah tawuran, seks bebas, dan penyalahgunaan obat-obatan. Tawuran sering dilakukan antarsekolah dan biasanya pelakunya hanya meniru senior-senior yang telah melakukan itu sebelumnya. Sama seperti penyalahgunaan narkoba yang sering dipicu oleh orang- orang di sekitar, termasuk teman sendiri. • Kriminalitas Permasalahan sosial lainnya yang muncul sebagai akibat globalisasi adalah kriminalitas. Kriminalitas sendiri memiliki arti sebagai kejahatan atau tindakan yang melanggar nilai dan norma. Kriminalitas terbagi menjadi empat kategori, yaitu kejahatan tanpa korban, kejahatan terorganisasi, kejahatan kerah putih, dan kejahatan korporasi. Kejahatan tanpa korban adalah pelanggaran hukum tanpa menimbulkan korban jiwa, contohnya penipuan. Sementara itu, kejahatan terorganisasi adalah kejahatan yang direncanakan secara matang dan menimbulkan korban jiwa, salah satu contohnya adalah perampokan bersenjata. Kejahatan kerah putih adalah pelanggaran oleh pejabat pemerintah, salah satunya adalah tindak korupsi. Sementara kejahatan korporasi adalah kejahatan yang dilakukan oleh orang berstatus sosial tinggi dan memanfaatkan jabatan, contohnya adalah penggelapan pajak. Beberapa faktor yang mendorong orang melakukan tindak kriminal adalah kemiskinan. Pelaku tindak kriminal sering kali terpaksa melanggar hukum untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, adanya kesempatan juga menjadi faktor orang melakukan tindak kriminal.

C. GLOBALISASI DAN DAMPAK KETIMPANGAN SOSIAL DI MASYARAKAT

Dampak ketimpangan sosial Dari buku Social Inequality: Forms, Causes, and Consequences (2009) karya Carles Hurst, ketimpangan sosial dapat memengaruhi berbagai bidang utama, yaitu: • Bidang ekonomi Perekonomian hanya tumbuh di beberapa wilayah, dengan sumber daya yang dikuasai oleh golongan tertentu. Misalnya, perubahan teknologi yang mengakibatkan banyak orang memiliki pengetahuan tertentu yang dapat terlibat dalam produksi. Di sisi lain, produksi yang dilakukan di dalam negera akan di pindahkan ke negara lain dengan alasan keamanan dan efisiensi. Terakhir, perubahan kebijakan pemerintah secara ekonomi juga mampu memengaruhi kesejangan sosial. Misalnya, hilangnya subsidi juga dapat mengancam ekonomi kelompok-kelompok tertentu. • Bidang politik Terdapat dominasi ekonomi negara maju terhadap negara lain yang berdampak pada dominasi bidang politik. Misalnya, Amerika Serikat yang dikenal sebagai negara super power memberikan pengaruh pada negara-negara lain dari segi kebijakan internasional. • Bidang budaya Globalisasi menimbulkan dampak terkikisnya budaya lokal karena masuknya budaya luar yang bebas. Misalnya dalam hal bahasa dan gaya hidup. • Bidang pendidikan Masih adanya paham atau jalan yang berbeda dari kalangan keluarga mampu dan tidak mampu. Dampak tersebut antara lain: Lingkungan sekolah yang tidak berkualitas Kurangnya kesempatan memoeroleh pendidikn yang berkualitas bagi maayarakat kurang mampu. Kualitas lulusan yang kurang memadai Fasilitas yang tidak sama.

D. STRATEGI DAN BERBAGAI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN UNTUK MENGATASI KETIMPANGAN SOSIAL AKIBAT GLOBALISASI REAKSI KOMUNITAS LOKAL TERHADAP GLOBALISASI

Secara umum, berbagai reaksi tersebut adalah sebagai berikut. Roland Robertson mencatat bahwa sebenarnya hal yang kita pilih dari hal-hal yang bersifat global hanyalah hal yang menyenangkan kita dan kemudian mengubahnya sehingga hal tersebut beradaptasi dan sesuai dengan budaya dan kebutuhan komunitas lokal. Ia menyebut ini sebagai “glokalisasi”. Kita dapat mencampur unsur-unsur global untuk menghasilkan penemuan baru dari hasil penggabungan itu. Cohen dan Kennedy menyebut ini sebagai “kreolisasi”. Komunikasi global berarti bahwa sekarang sulit bagi orang untuk tidak memikirkan dengan sungguh-sungguh kejadian-kejadian di dunia atau mengakui bahwa kita hidup di tengah tengah dunia yang bercirikan “risiko”. Pengetahuan kita tentang hal-hal global dapat meninggikan kesadaran dan kesetiaan kita terhadap hal-hal penting bagi komunitas lokal. Beberapa kelompok religius dan etnis berusaha mencegah terjadinya globalisasi karena mereka mengartikan hal tersebut sebagai sebuah bentuk penjajahan Barat atau serangan terhadap kemurnian budaya dan agama kepercayaan mereka.

D. Daftar Bacaan Tambahan a. http://blog.unnes.ac.id/qudwahhayati/2015/11/28/silabus-mata-pelajaran-sosiologi-untuk-sma-kelas-xii-kurikulum-2013/

b. https://indomaritim.id/globalisasi-pengertian-dampak-dan-manfaat/

c. https://www.studiobelajar.com/globalisasi/

E. Pertanyaan Kunci 1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? 2. Apa saja macam-macam aspek globalisasi? 3. Apa saja yang menjadi penyebab munculnya globalisasi? 4. Apa itu aspek politik dalam globalisasi? 5. Apa itu aspek ekonomi dalam globalisasi? 6. Apa itu aspek sosial budaya dalam globalisasi?

F. Soal Pilihan Ganda 1. Masalah keamanan yang sekarang ini menjadi ancaman di negara-negara dunia yaitu .... a. terorisme b. perbedaan gender c. tidak ada negara yang menjaga keamanan dunia d. penegakan hak asasi manusia e. membuat lagu Indonesia semakin dikenal 2. Dampak negatif terjadinya globalisasi bagi kelangsungan hidup manusia adalah .... a. sikap individualisme b. masuknya barang-barang dari luar negeri c. ketergantungan dengan negara lain d. kerusakan alam e. kerusakan diri 3. Salah satu sikap yang harus kita persiapkan untuk menghadapi globalisasi yaitu .... a. membenci orang asing yang tinggal di dalam negeri b. suka menggunakan produk luar negeri c. bergaul dengan orang pandai d. membekali diri dengan ilmu pengetahuan e. minum minuman beralkohol 4. Adanya kemajuan di bidang transportasi dan komunikasi menjadikan dunia bagaikan sebuah desa biasa dinamakan …. a. weternisasi b. teknokrasi c. modernisasi d. globalisasi e. transfusi 5. Komputer adalah salah satu bentuk globalisasi di bidang teknologi.... a. komputerisasi b. informasi c. komunikasi d. transportasi e. transportasi 6. Menghargai persamaan derajat adalah salah satu dampak positif globalisasi di bidang .... a. ekonomi b. budaya c. hankam d. sosial e. Kalo

Essay 1. Sebutkan faktor pendorong terjadinya urbanisasi dalam komunitas lokal dalam masyarakat dari desa ke perkotaan! 2. Berikan dua contoh bentuk yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi!

3. Pada masyarakat tradisional kedudukan tenaga medis seperti dokter atau perawat dianggap tidak penting.Tokoh yang dianggap memiliki kedudukan penting adalah dukun. Dukun dianggap sebagai figur yang berjasa mengobati warga desa. Kondisi tersebut berlangsung secara turun rnenurun dan sulit diubah. Sebutkan Faktor penghambat perubahan yang terjadi pada masyarakat tradisional tersebut!

G. Tugas Siswa a. Siswa diberi tugas untuk membuat flashcard terkait dengan materi Globalisasi dan Perubahan komunitas local ! b. Untuk lebih jelas bisa dengan menggunakan Cara Membuat Flashcard di Canva - Media Pembelajaran Bahasa Arab - YouTube RANGKUMAN • Globalisasi merupakan suatu fase perubahan yang dialami oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Ciri khas dari era globalisasi yaitu semakin kaburnya batas-batas geografis antar negara. Pertukaran informasi serta arus barang maupun jasa tidak lagi hanya dilakukan dalam cakupan negara (lokal, nasional) namun juga merambah lintas negara (global, internasional). • Bentuk dan gejala globalisasi di berbagai bidang di kehidupan sosial. Yang pertama bidang ekonomi, globalisasi ini erat dengan perdagangan bebas. Kedua, bidang sosial, munculnya banyak penemuan baru pada akhirnya melipat jarak dan waktu yang ada Ketiga, bidang budaya bisa kamu lihat dari bahasa. Kamu suka kan memakai bahasa Inggris? nah itu semua adalah salah satu contoh bahasa dunia, namun semua orang mempelajarinya karena yang menjadi bahasa internasional adalah bahasa Inggris. Keempat, Politik. Kamu bisa melihat dari berbagai kebijakan nasional yang mempengaruhi keberadaan negara lain. • Globalisasi tidak serta merta tercipta dengan sendirinya.

Terdapat dua faktor utama yang mendorong terjadinya globalisasi, yaitu: 1. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi Faktor pendorong utama globalisasi yaitu kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan proses pertukaran informasi di berbagai pelosok dunia. 2. Kehadiran perusahaan multinasional Perusahaan multinasional merupakan intrumen lain yang mendorong terjadinya globalisasi. • Globalisasi memberikan pengaruh negatif terhadap masyarakat. Salah satu yang paling kentara adalah perubahan nilai dan norma. Jika digolongkan, permasalahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi bisa dibagi menjadi dua, yaitu kenakalan remaja dan kriminalitas. • Dampak ketimpangan sosial Dari buku Social Inequality: Forms, Causes, and Consequences (2009) karya Carles Hurst, ketimpangan sosial dapat memengaruhi berbagai bidang utama, yaitu: Bidang ekonomi Perekonomian hanya tumbuh di beberapa wilayah, dengan sumber daya yang dikuasai oleh golongan tertentu. Kedua, Bidang politik Terdapat dominasi ekonomi negara maju terhadap negara lain yang berdampak pada dominasi bidang politik. Ketiga, Bidang budaya Globalisasi menimbulkan dampak terkikisnya budaya lokal karena masuknya budaya luar yang bebas. Terakhir, Bidang pendidikan Masih adanya paham atau jalan yang berbeda dari kalangan keluarga mampu dan tidak mampu. • Secara umum, berbagai reaksi tersebut adalah sebagai berikut. Roland Robertson mencatat bahwa sebenarnya hal yang kita pilih dari hal-hal yang bersifat global hanyalah hal yang menyenangkan kita dan kemudian mengubahnya sehingga hal tersebut beradaptasi dan sesuai dengan budaya dan kebutuhan komunitas lokal. Ia menyebut ini sebagai “glokalisasi”. Kita dapat mencampur unsur-unsur global untuk menghasilkan penemuan baru dari hasil penggabungan itu. Cohen dan Kennedy menyebut ini sebagai “kreolisasi”. Komunikasi global berarti bahwasekarang sulit bagi orang untuk tidak memikirkan dengan sungguh-sungguh kejadian-kejadian di dunia atau mengakui bahwa kita hidup di tengah-tengah dunia yang bercirikan “risiko”. DAFTAR PUSTAKA http://blog.unnes.ac.id/qudwahhayati/2015/11/28/silabus-mata-pelajaran-sosiologi-untuk-sma-kelas-xii-kurikulum-2013/

https://indomaritim.id/globalisasi-pengertian-dampak-dan-manfaat/

https://www.studiobelajar.com/globalisasi/

https://www.ruangguru.com/blog/apa-itu-globalisasi-sosiologi-kelas-12

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/22/170000769/dampak-ketimpangan-sosial-di-berbagai-bidang-dan-upayanya?page=all

https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/dampak-globalisasi-pada-komunitas-lokal-2141/

https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/permasalahan-sosial-sebagai-akibat-globalisasi-2146/

KUNCI JAWABAN Pertanyaan Kunci • Globalisasi berasal dari pemenggalan kata "Global" yang berarti lintas batas dan "Sasi" yang berarti perubahan atau proses menjadi. Jadi, singkatnya pengertian globalisasi adalah proses atau suatu fase di mana perubahan yang terjadi pada masyarakat seluruh dunia. • Aspek Politik Aspek Ekonomi Aspek Sosial Budaya • Adanya perkembangan dunia teknologi dan komunikasi Adanya akses ilmu pengetahuan yang mendalam Adanya permudahan dan percepatan transportasi • Aspek politik adalah di mana globalisasi memengaruhi berbagai kebijakan dan adanya aktivitas politik yang didasarkan nilai-nilai universal pada skala global yang menyangkut pada sistem demokratisasi, disusunnya kerja sama Internasional, permasalahan lingkungan, dan HAM (Hak Asasi Manusia). • Aspek ekonomi adalah di mana globalisasi berkaitan dengan lembaga ekspor dan impor dan perubahan mekanisme terjadinya pertukaran barang dan jasa secara mudah dan cepat. • Aspek sosial budaya adalah saat salah satu satu budaya yang dilakukan individu bukan karena pengaruh dirinya sendiri, melainkan karena masyarakat global. 1. A 2. D 3. D 4. D 5. B 6. D 1. Faktor-faktor pendorong terjadinya urbanisasi dalam kaitannya dengan perubahan sosial antara lain sebagaiberikut. a. Daya tarik ekonomi b. Daya tarik sosial c. Daya tarik pendidikan d. Daya tarik budaya 2. Contoh modernisasi dalam bidang politik adalah demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, dan demokrasi Pancasila. 3. Faktor penghambat perubahan sosial pada deskripsi tersebut a. Pola pikir masyarakat yang masih tradisional b. adat dan kebiasaan yang sullt diubah c. Keyakinan dari masyarakat bahwa dukun adalah orang sakti yang bisa menyembuhkan d. teknologi yang tidak masuk ke masyarakat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post