Hani Rohani

HANI ROHANI, S.Si. PESERTA SAGU SABU BOGOR 31 MARET - 1 APRIL 2018...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mentoring...Penguatan Pendidikan Karakter

Mentoring...Penguatan Pendidikan Karakter

Rabu pagi yang cerah…seperti biasa setelah sapa pagi, peserta didik SMA didampingi Bapak dan Ibu guru menuju mesjid untuk melaksanakan Sholat Dhuha. Usai sholat dhuha peserta didik putra duduk berkelompok di mesjid untuk melaksanakan mentoring sedangkan yang putri melaksanakan mentoring di kelas masing-masing. Kegiatan mentoring dibimbing oleh kakak kelas dan guru sebagai mentor.

Apa itu mentoring? Mentoring merupakan kegiatan kajian keislaman, yaitu pertama, Tilawah Qur’an dengan tujuan untuk memperbaiki bacaan al-qur’an dan menambah kecintaan kepada al-qur’an sebagai pedoman hidup. Kedua, mengkaji Tsaqofah Islam yang akan menambah wawasan peserta didik tentang Ilmu-Ilmu Islam.

Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam seminggu, yakni setiap rabu pagi ba’da sholat dhuha sampai pukul 08.35. Target dan tujuan yang ingin dicapai tentu saja mewujudkan visi dari Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah yaitu “Mewujudkan generasi cerdas yang islami dan qur’ani dan berwawasan luas“. Dengan kegiatan bersama seperti ini peserta didik juga dapat lebih merasakan Silah Ukhuwah di antara mereka. Mentoring menjadi salah satu program unggulan di SMA sebagai upaya Penumbuhan dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Apa itu Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)?

Penguatan adalah upaya yang dilakukan untuk mempertegas pencapaian suatu tujuan. Dalam hal ini, jika kita mengacu pada penguatan pendidikan karakter berarti kita sedang mempertegas pencapaian terbentuknya karakter peserta didik. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Ada 5 karakter yang dikembangkan yaitu religius, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong rotong. Alhamdulillah sebelum Perpres ini terbit SMA sudah melaksanakan program mentoring sebagai perwujudan dari program PPK.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post