hardjono

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rendahnya Motivasi Peserta Didik Dalam Gerak Dasar Manipulatif Memukul Bola Besar

Rendahnya Motivasi Peserta Didik Dalam Gerak Dasar Manipulatif Memukul Bola Besar

LAPORAN BEST PRACTICEPPG PJKR

DISUSUN OLEH: HARDJONO, S.Pd

NIM: 2398014317

SD NEGERI POPONGAN TAHUN 2023

PENYUSUNAN BEST PRATICE

Nama Guru : HARDJONO, S.Pd

Nama Sekolah : SD N POPONGAN Bidang Studi/Muatan Pembel : PJOK

Model/Metode Pembelajaran : Problem Based Learning

DESKRIPSI

1. Kelebihan-kelebihan pembelajaran.

2. Kekurangan-kekurangan pembelajaran.

3. Rencana tindakan untuk mempertahankan kelebihan pembelajaran.

4. Rencana Tindakan untuk mengatasi kekurangan pembelajaran.

5. Kesesuaian model/metode pembelajaran dengan pencapaian tujuan pembelajaran.

6. Praktik baik yang dapat direkomendasikan dari pembelajaran.

7. Catatan tambahan.

Guru Mata Pelajaran,

HARDJONO, S.Pd

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SD N POPONGAN

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Pendekatan pembelajaran berbasis ICT/ TPACK pada materi bola voli melalui model pembelajaran PBL untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Sub materi dasar Service bawah bola voli

Penulis

HARDJONO, S.Pd

Tanggal

14 Desember 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

1. Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

a. Motivasi belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran PJOK materi permaianan bolavoli,

Sub materi dasar s e r v i c e b a w a h

b. Peserta didik kesulitan melakukan gerak dasar materi bola voli Sub materi dasar service bawah, Peserta didik kurang fokus pada saat proses pembelajaran terutama didalam proses memberikan pemahaman di kelas sebelum mempraktikkan hasil dari pengamatan dan analisis.

c. Peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran

d. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centre)

2. Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena

:

a. Memotivasi saya sendiri untuk mendesain pembelajaranyang kreatif, inovatif dan interaktif

b. Memotivasi guru lain dalam hal mendesain pembelajaranyang kreatif, inovatif dan interaktif

c. Menjadi referensi dan inspirasi guru-guru lain bagaimanacara mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran terutama dalam penerapan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan

3. Peran dan tanggung jawab

Guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, interaktif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi bola voli melalui model pembelajaran PBL untukmeningkatkan motivasi belajar siswa. Sub materi dasar service bawah

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat

Berdasarkan hasil kajian literatur dan kajian wawancara,penyebab dari rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran PJOK materi bola voli. Sub S e r v i c e b a w a h :

a. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher-centered) dimana metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas masihmendominasi pembelajaran dari awal hingga akhir sehingga peserta didik kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

b. Guru masih kesulitan menemukan model, metode, dan media yang tepat khususnya pada pelajaran PJOK materi bola voli. Sub materi service bawah

c. Rendahnya motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran PJOK materi bola voli. Sub materi dasar service bawah.

d. Rendahnya minat baca (literasi) siswa pada pembelajaran PJOK.

e. Kemampuan peserta didik dalam memahami materi (Teori/kognitif) tentang materi bola voli. Sub materi service bawah masih rendah.

f. Kemampuan peserta didik dalam melakukan gerak dasar pada materi bola voli. Sub materi dasar service bawah masih rendah.

1. Berdasarkan penyebab dari permasalahan di atas, untuk mencapai tujuan yang dihadapi guru yaitu:

a. Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT/TPACK yang tepat dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran mampu menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran

b. Penggunaan model pembelajaran yang tepat (PBL) sehingga mampu meningkatkan aktifitas dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran

c. Guru harus mampu meningkatkan motivasi belajar pesertadidik untuk mengatasi kesulitan belajarnya melalui proses pembelajaran yang mudah, asik, seru, interaktif menantang dan menyenangkan

2. Siapa saja yang terlibat

a. Kepala Sekolah

b. Guru

c. Peserta didik

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber

daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah- langkah

yang harus dilakukan yaitu:

1. Pemilihan media pembelajaran inovatif

a. Berdasarkan kajian literatur, strategi yang dilakukan yaitu menggunakan media pembelajaran inovatif dengan cara menampilkan video pembelajaran yang menarik dan menampilkan PPT yang variatif. Adapun media pembelajaran ini disebut dengan pembelajaran berbasisICT/TPACK

b. Proses pembuatan media pembelajaran inovatif dibuat oleh guru sendiri yaitu dimulai dari menyiapkan alat dan bahan, mendesain bentuk medianya, dan membuat medianya sesuai dengan desain rancangannya.menyiapkan bola plastik.

c. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran inovatif ini yaitu: Buku Penjas kelas 5, jaringan internet, laptop, printer, video pembelajaran, aplikasi Youtube, projector/infocus.

2. Pemilihan model pembelajaran inovatif

a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran inovatif dengan memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pelajaran. Adapun model pembelajaran inovatif yang dipilih yaitu Model Problem Based Learning (PBL)

b. Proses pemilihan model ini yaitu: mempelajari model-model pembelajaran inovatif melalui kajian literatur, mempelajari kemampuan awal dan kebiasaan atau gaya belajar peserta didik dan mempelajari karakteristik pelajaran PJOK materi bola voli. Sub materi dasar service bawah Sumber daya yangdiperlukan yaitu: jaringan internet,buku- buku yang terkait model-model pembelajaran inovatif dan buku PJOK kelas 5.

3. Meningkatkan keaktifan peserta didik

a. Strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran

yaitu merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (Student Center) dengan

mengembangkan modul ajar dan Lembar Kerja (LKPD) yang berpusat pada peserta didik terkait dengan Kompetensi dasar, Indikator, dan Tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

b. Proses pengembangan modul ajar yang berpusat pada peserta didik dengan menentukan kegiatan- kegiatan pembelajaran apa saja yang bisa mengaktifkan peserta didik dan berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian proses pembelajaran.

Sumber daya yang diperlukan adalah kompetensi dan kreatifitas guru dalam mengembangkan modul ajar dan LKPD yang berpusat pada aktifitas peserta didik.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana responorang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa

yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

1. Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu hasil yang dirasakan sangat efektif. Hal ini dapat dilihatdari:

a. Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT/TPACK ini sangat membantu pemahaman peserta didik pada konsep pelajaran PJOK materi Bola voli, Sub materi dasar service bawah, peserta didik memahami materi secara utuh dan benar, peserta didik mampu berpikir kritis, dan peserta didik mampu menguasai materi pembelajaran dengan pendekatan Scientific.

b. Pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu PBL dan aktifitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student center) sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sehingga selain meningkatkan keaktifan juga mampu meningkatkan motivasipeserta didik dalam proses pembelajaran.

2. Respon peserta didik, dan guru lain

a. Peserta didik : Sebagian besar respon peserta didik sangat senang dan bersemangat. Serta dengan menggunakan metode yang tepat siswa yang sudah bisa melakukan kegiatan service bawah bisa mengajarkan teman nya yang belum mengerti tentang cara melakukan d a s a r s e r v i c e bawah, sehingga pembelajaran memang berpusat pada siswa.

b. Guru lain : Membangun kolaborasi dalam interdisiplin dan mengadopsi gaya mengajar saya dengan 3M (Mengamati, Meniru danMemodifikasi)

3. Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilandari strategi yang dilakukan?

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran terutama dalam hal pemilihan media dan model pembelajaran yang inovatif yang dikembangkan dalam Modul ajar yang telah dibuat.

a. Berhasil :

1. Perubahan gaya mengajar guru dari monoton menjadi inovatif dan menarik

2. Dukungan pihak peserta didik dan guru lain

3. Terdapat perubahan motivasi belajar didalam diri siswa

b. Kurang maksimal :

1. Terdapat sebagian peserta didik yang masih lambatberadaptasi dengan metode yang telah diterapkan.

2. Terdapat peserta didik yang masih belum bisa terbiasa dari gayamengajar berpusat pada guru, ke berpusat pada peserta didik.

a. sudah saatnya pembelajaran abad 21 mengimplementasikan

3. Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Guru harus melakukan perubahan gaya mengajar dengan memanfaatkan teknologi ICT/TPACK untuk mengubah gaya mengajar lebih menarik, inovatif, interaktif dan kreatif karena

kemajuan teknologi pada dunia pendidikan.

a. Guru harus lebih dahulu melakukan perubahan paradigma sebelum kesiswa agar guru menjadi jembatan bahkan agen perubahan dengan mempersiapkan diri melalui program PPG dan pelatihan – pelatihan lainnya terutama tentang pemanfaatan teknologi dalam gaya belajar siswa masa kini untuk mempersiapkan diri terhadap arus globalisasi dan tantangan kemajuan di masa kini dan mendatang.

b. Guru harus membangun kolaborasi dengan siswa, guru lain, dan sekolah untuk sama – sama saling mendukung dalam meningkatkan proses belajar siswa sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal

c. Guru juga harus menanamkan nilai budi pekerti luhur sebagai wujud dari sikap berbangsa dan bernegara, menanamkan pendidikan karakter untuk selalu memiliki semangat nasionalisme (pancasila,UUD dan NKRI)

LAPORAN BEST PRACTICEPPG PJKR

DISUSUN OLEH: HARDJONO, S.Pd

NIM: 2398014317

SD NEGERI POPONGAN TAHUN 2023

PENYUSUNAN BEST PRATICE

Nama Guru : HARDJONO, S.Pd

Nama Sekolah : SD N POPONGAN Bidang Studi/Muatan Pembel : PJOK

Model/Metode Pembelajaran : Problem Based Learning

DESKRIPSI

1. Kelebihan-kelebihan pembelajaran.

2. Kekurangan-kekurangan pembelajaran.

3. Rencana tindakan untuk mempertahankan kelebihan pembelajaran.

4. Rencana Tindakan untuk mengatasi kekurangan pembelajaran.

5. Kesesuaian model/metode pembelajaran dengan pencapaian tujuan pembelajaran.

6. Praktik baik yang dapat direkomendasikan dari pembelajaran.

7. Catatan tambahan.

Guru Mata Pelajaran,

HARDJONO, S.Pd

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SD N POPONGAN

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Pendekatan pembelajaran berbasis ICT/ TPACK pada materi bola voli melalui model pembelajaran PBL untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Sub materi dasar Service bawah bola voli

Penulis

HARDJONO, S.Pd

Tanggal

14 Desember 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

1. Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

a. Motivasi belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran PJOK materi permaianan bolavoli,

Sub materi dasar s e r v i c e b a w a h

b. Peserta didik kesulitan melakukan gerak dasar materi bola voli Sub materi dasar service bawah, Peserta didik kurang fokus pada saat proses pembelajaran terutama didalam proses memberikan pemahaman di kelas sebelum mempraktikkan hasil dari pengamatan dan analisis.

c. Peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran

d. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centre)

2. Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena

:

a. Memotivasi saya sendiri untuk mendesain pembelajaranyang kreatif, inovatif dan interaktif

b. Memotivasi guru lain dalam hal mendesain pembelajaranyang kreatif, inovatif dan interaktif

c. Menjadi referensi dan inspirasi guru-guru lain bagaimanacara mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran terutama dalam penerapan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan

3. Peran dan tanggung jawab

Guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, interaktif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi bola voli melalui model pembelajaran PBL untukmeningkatkan motivasi belajar siswa. Sub materi dasar service bawah

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat

Berdasarkan hasil kajian literatur dan kajian wawancara,penyebab dari rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran PJOK materi bola voli. Sub S e r v i c e b a w a h :

a. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher-centered) dimana metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas masihmendominasi pembelajaran dari awal hingga akhir sehingga peserta didik kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

b. Guru masih kesulitan menemukan model, metode, dan media yang tepat khususnya pada pelajaran PJOK materi bola voli. Sub materi service bawah

c. Rendahnya motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran PJOK materi bola voli. Sub materi dasar service bawah.

d. Rendahnya minat baca (literasi) siswa pada pembelajaran PJOK.

e. Kemampuan peserta didik dalam memahami materi (Teori/kognitif) tentang materi bola voli. Sub materi service bawah masih rendah.

f. Kemampuan peserta didik dalam melakukan gerak dasar pada materi bola voli. Sub materi dasar service bawah masih rendah.

1. Berdasarkan penyebab dari permasalahan di atas, untuk mencapai tujuan yang dihadapi guru yaitu:

a. Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT/TPACK yang tepat dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran mampu menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran

b. Penggunaan model pembelajaran yang tepat (PBL) sehingga mampu meningkatkan aktifitas dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran

c. Guru harus mampu meningkatkan motivasi belajar pesertadidik untuk mengatasi kesulitan belajarnya melalui proses pembelajaran yang mudah, asik, seru, interaktif menantang dan menyenangkan

2. Siapa saja yang terlibat

a. Kepala Sekolah

b. Guru

c. Peserta didik

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber

daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah- langkah

yang harus dilakukan yaitu:

1. Pemilihan media pembelajaran inovatif

a. Berdasarkan kajian literatur, strategi yang dilakukan yaitu menggunakan media pembelajaran inovatif dengan cara menampilkan video pembelajaran yang menarik dan menampilkan PPT yang variatif. Adapun media pembelajaran ini disebut dengan pembelajaran berbasisICT/TPACK

b. Proses pembuatan media pembelajaran inovatif dibuat oleh guru sendiri yaitu dimulai dari menyiapkan alat dan bahan, mendesain bentuk medianya, dan membuat medianya sesuai dengan desain rancangannya.menyiapkan bola plastik.

c. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran inovatif ini yaitu: Buku Penjas kelas 5, jaringan internet, laptop, printer, video pembelajaran, aplikasi Youtube, projector/infocus.

2. Pemilihan model pembelajaran inovatif

a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran inovatif dengan memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pelajaran. Adapun model pembelajaran inovatif yang dipilih yaitu Model Problem Based Learning (PBL)

b. Proses pemilihan model ini yaitu: mempelajari model-model pembelajaran inovatif melalui kajian literatur, mempelajari kemampuan awal dan kebiasaan atau gaya belajar peserta didik dan mempelajari karakteristik pelajaran PJOK materi bola voli. Sub materi dasar service bawah Sumber daya yangdiperlukan yaitu: jaringan internet,buku- buku yang terkait model-model pembelajaran inovatif dan buku PJOK kelas 5.

3. Meningkatkan keaktifan peserta didik

a. Strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran

yaitu merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (Student Center) dengan

mengembangkan modul ajar dan Lembar Kerja (LKPD) yang berpusat pada peserta didik terkait dengan Kompetensi dasar, Indikator, dan Tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

b. Proses pengembangan modul ajar yang berpusat pada peserta didik dengan menentukan kegiatan- kegiatan pembelajaran apa saja yang bisa mengaktifkan peserta didik dan berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian proses pembelajaran.

Sumber daya yang diperlukan adalah kompetensi dan kreatifitas guru dalam mengembangkan modul ajar dan LKPD yang berpusat pada aktifitas peserta didik.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana responorang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa

yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

1. Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu hasil yang dirasakan sangat efektif. Hal ini dapat dilihatdari:

a. Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT/TPACK ini sangat membantu pemahaman peserta didik pada konsep pelajaran PJOK materi Bola voli, Sub materi dasar service bawah, peserta didik memahami materi secara utuh dan benar, peserta didik mampu berpikir kritis, dan peserta didik mampu menguasai materi pembelajaran dengan pendekatan Scientific.

b. Pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu PBL dan aktifitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student center) sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sehingga selain meningkatkan keaktifan juga mampu meningkatkan motivasipeserta didik dalam proses pembelajaran.

2. Respon peserta didik, dan guru lain

a. Peserta didik : Sebagian besar respon peserta didik sangat senang dan bersemangat. Serta dengan menggunakan metode yang tepat siswa yang sudah bisa melakukan kegiatan service bawah bisa mengajarkan teman nya yang belum mengerti tentang cara melakukan d a s a r s e r v i c e bawah, sehingga pembelajaran memang berpusat pada siswa.

b. Guru lain : Membangun kolaborasi dalam interdisiplin dan mengadopsi gaya mengajar saya dengan 3M (Mengamati, Meniru danMemodifikasi)

3. Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilandari strategi yang dilakukan?

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran terutama dalam hal pemilihan media dan model pembelajaran yang inovatif yang dikembangkan dalam Modul ajar yang telah dibuat.

a. Berhasil :

1. Perubahan gaya mengajar guru dari monoton menjadi inovatif dan menarik

2. Dukungan pihak peserta didik dan guru lain

3. Terdapat perubahan motivasi belajar didalam diri siswa

b. Kurang maksimal :

1. Terdapat sebagian peserta didik yang masih lambatberadaptasi dengan metode yang telah diterapkan.

2. Terdapat peserta didik yang masih belum bisa terbiasa dari gayamengajar berpusat pada guru, ke berpusat pada peserta didik.

a. sudah saatnya pembelajaran abad 21 mengimplementasikan

3. Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Guru harus melakukan perubahan gaya mengajar dengan memanfaatkan teknologi ICT/TPACK untuk mengubah gaya mengajar lebih menarik, inovatif, interaktif dan kreatif karena

kemajuan teknologi pada dunia pendidikan.

a. Guru harus lebih dahulu melakukan perubahan paradigma sebelum kesiswa agar guru menjadi jembatan bahkan agen perubahan dengan mempersiapkan diri melalui program PPG dan pelatihan – pelatihan lainnya terutama tentang pemanfaatan teknologi dalam gaya belajar siswa masa kini untuk mempersiapkan diri terhadap arus globalisasi dan tantangan kemajuan di masa kini dan mendatang.

b. Guru harus membangun kolaborasi dengan siswa, guru lain, dan sekolah untuk sama – sama saling mendukung dalam meningkatkan proses belajar siswa sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal

c. Guru juga harus menanamkan nilai budi pekerti luhur sebagai wujud dari sikap berbangsa dan bernegara, menanamkan pendidikan karakter untuk selalu memiliki semangat nasionalisme (pancasila,UUD dan NKRI)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post