Harini Setijowati, SKM, MHSc.

Aku seorang widyaiswara di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Membaca dan menulis merupakan satu paket habituasi. Alhamdulillah, bersama Media Guru Indonesia, aku ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bermain Data (Seri 10, Tagur 180)

Bermain Data (Seri 10, Tagur 180)

Pada Seri 9, sekilas info tentang uji komparasi sudah dibahas. Artikel ini menjadi sajian terakhir karena akan menyampaikan tentang simpulan dan rekomendasi.

Sedikit mengingatkan bahwa pada bagian hasil dan pembahasan, harus nyambung dengan tujuan penelitian. Kalau dalam tujuan ada 3 hal, maka pada hasil pembahasan juga disampaikan secara urut hal-hal terkait 3 hal tersebut. Misal tujuan pertama mengetahui tingkat pengetahuan. Berarti, hasil yang didapatkan terkait pengetahuan disajikan secara lengkap, kemudian tengok kembali, teori-teori yang sudah dibahas di bab sebelumnya. Hingga didapat simpulan, apakah temuannya nyambung dengan teori, atau menemukan fenomena baru. Begitu seterusnya hingga semua tujuan terjawab.

Hal membutuhkan waktu untuk mencermatinya dan menyusun kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca. Pilihlah kalimat dengan pola sederhana. Apalagi kalau menggunakan Bahasa Inggris. Kalau terlalu panjang anak kalimatnya, akan berisiko multipersepsi. Nha ini yang repot.

Pola pikir suatu penelitian, diawali dengan kalimat masalah, kemudian tujuan, lalu teori-teori yang mendukung, pemilihan metode penelitian yang, ditemukan hasil dan dibahas dengan gamblang. Simpulan, akan merujuk kembali keruntutan atas jawaban masalah penelitian dan menunjukkan kalimat tujuan yang dilengkapi dengan hasilnya.

Bagian terakhir adalah rekomendasi. Yang ini, tengoklah manfaat penelitian pada Bab I. Kira-kira bermanfaat bagi siapa? Nha, pada rekomendasi ini, siapanya menjadi subyek, yang diminta melakukan apa, supaya hasil penelitian menjadi benar-benar bermanfaat. Jangan lupa, ini rekomendasi, bukan must be atau seharusnya. Sehingga sifatnya seperti menyarankan.

Keruntutan suatu tulisan apapun, bila mencantumkan tujuan dan manfaat, harusnya nyambung semacam ini. Yaitu, mulai Bab I sampai Bab Penutup. SImpulan dan rekomendasi dibungkus dalam penutup, yang berarti permainan data sudah selesai. Semoga bermanfaat.

Semarang, 17 Oktober 2020

Ini merupakan tulisanku menuju perak, 180 hari menulis terus.

Salam Sehat, Sukses Mulia

Harini S.

WI BPSDMD Prov. Jateng

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul ulasannya ... Salam sukses ...

17 Oct
Balas

Terima kasih Mbak Elyta.

18 Oct

Ulasan yg sangat bermanfaat. Terima kasih,Bu. Salam sukses

17 Oct
Balas

Sama-sama Mbak Cicik.

18 Oct



search

New Post