Harini Setijowati, SKM, MHSc.

Aku seorang widyaiswara di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Membaca dan menulis merupakan satu paket habituasi. Alhamdulillah, bersama Media Guru Indonesia, aku ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bermain Data (Seri 3, Tagur 173)
Sumber Gambar https://www.google.com/search?q=gambar+tulisan+Nvivo12&sxsrf=ALeKk00-Is67_-OtvIRVQwHuFoMnoB_9Og:1602313597314&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=BhfKJg2Nt9B3bM%252C8E-gvDSUJEFBJM%252C_&vet=1&usg=AI4_-kQU4WRJsXQtRniEnJNDqe4BK4ehuw&sa=X&ved=2ahUKEwjcm6Wmu6nsAhVPbSsKHSWFCl8Q9QF6BAgJECw#imgrc=cwq51lxOd2Xg9M

Bermain Data (Seri 3, Tagur 173)

Bermain Data (Seri 3, Tagur 173)

Setelah mengenal rumusan masalah kualitatif, kemudian mengumpulkan datanya, maka tibalah waktunya bermain data. Tidak perlu menunggu lama hanya karena mulai bingung, datanya mau diapakan. Hati-hati ada potensi penularan penyakit. Yaitu penyakit menunda, yang berbuntut pada malas. Padahal penyebab utamanya adalah pusing melihat data yang begitu banyak. Kalau masalah waktu, hanyalah ekor yang dari malas tersebut. Yuk, coba resep ini.

Pertama, cek data yang masuk. Pastikan semua berbentuk file. Bisa MSword, atau rekaman video atau suara. Edit dulu kalimat-kalimat yang masih typo. Rapikan. Tujuannya adalah memudahkan coding.

Kedua, install software NVivo 12 di laptop atau desktop. Atau dapatkan tebengan untuk mengolah data dengan software ini. Kalau full konsentrasi, paling 2-3 hari selesai. Jadi, install free trial 14 hari sangatlah cukup. Bisa sih pakai cara lain, langkahnya lebih kurang sama. Intinya adalah mengkatagorisasikan data, kemudian didapatkan fenomena atau kondisi sesuai topik penelitian. Klak klik pada software inilah yang dimaksud dengan bermain data. Dapatkan tutorialnya secara gamblang di youtube. Ada banyak sekali sumber belajar di sana.

Secara sederhana, diawali dengan membuka new project. Import data yang sudah siap. Lakukan koding. Pernyataan informan bisa masuk dalam beberapa kode. Tentu saja pada saat koding perlu konsentrasi, agar tidak terlewatkan atau salah kode. Kalau salah kode bisa diedit. Tutorial juga bisa diikuti di software tersebut. Hasil koding, akan terbaca dengan gamblang. Hal ini akan memudahkan peneliti untuk menyimpulkannya.

Kemudian data juga bisa diolah dalam klasifikasi dan value. Yaitu terkait dengan attribute informan. Misalnya kelompok usia, asal, latar belakang pendidikan, dan lain-lain. Pada menu tersebut banyak pilihan bisa dilakukan ketika bermain dengan data kualitatif.

Nha, tibalah saatnya melihat penyajian olahan data kualitatif dengan menu explore. Banyak hal bisa dilakukan. Biasanya visualisasi bisa berbentuk cluster koding, grafik cluster kesamaan kata, maping, diagram, dan lain-lain. Melihat tampilan yang berbeda, akan memunculkan semangat baru. Itulah hadiah kerja keras dan cerdas peneliti. Coba bayangkan, data yang hanya kalimat atau rekaman suara atau video, bisa menghasilkan sesuatu untuk dimaknai secara ilmiah. Awesome. Semoga menambah wawasan. Insyaallah besok lanjut.

Semarang, 10 Oktober 2020

Salam Sehat, Sukses Mulia

Harini S.

WI BPSDMD Prov. Jateng.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereen,Bu. Belajar banyak nih saya.. Terima kasih ilmunya,Bu. Salam sukses

10 Oct
Balas

Sama-sama Mbak Cicik.

11 Oct

Mantap jiwa...Mari kita lejitkan Budaya Literasi dengan Saling Kunjung Saling Sapa.. Sukses Selalu Sahabat..

11 Oct
Balas



search

New Post