Harini Setijowati, SKM, MHSc.

Aku seorang widyaiswara di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Membaca dan menulis merupakan satu paket habituasi. Alhamdulillah, bersama Media Guru Indonesia, aku ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bermain Data (Seri 5, Tagur 175)
Gambar koleksi pribadi

Bermain Data (Seri 5, Tagur 175)

Pada artikel sebelumnya sudah dikupas secara sederhana tentang penelitian kualitatif. Sekarang atret ke penelitian kuantitatif.

Diawali dengan pertanyaan penelitian, biasanya mencari jawaban atas adanya suatu hubungan atau perbandingan. Dikenal dengan sebutan korelasi atau komparasi. Beberapa contoh pertanyaan penelitian berikut ini.

1.      Adakah hubungan antara …. dan …  

2.      Bagaimana perbandingan antara … dan …

Pada penelitian kuantitatif melibatkan perhitungan statistik dengan sajian grafik, tabel, dan diagram. Biasanya ada uji hipotetis. Ho dan H1. Ho menyatakan tidak ada hubungan. H1 menyatakan ada hubungan. Secara sederhana, nilai hitung kalau lebih kecil nilainya dari tabel, hipotesa diterima.

Data kuantitatif didapat dari responden yang diperhitungkan sampelnya dari suatu populasi yang diteliti. Bisa dihitung dengan rumus atau dibaca pada tabel yang tersedia di referensi buku statistik. Pengumpulan data tentu saja dengan kuesioner. Sebaiknya sudah diuji reliabilitas dan validitasnya. Bisa dengan bantuan MS excell memakai rumus perhitungan validitas dan reliabilitas. Atau memakai program SPSS.

Sama seperti pengumpulan data kuantitatif, pertanyaan harus fokus pada apa yang ingin diteliti. Untuk mempermudah jangkauan dan mempercepat pengumpulan data, bisa memakai fasilitas google form. Sudah kenalkah? Hemat biaya dan waktu. Responden dikirim link via Whats’ up atau email atau sms. Tinggal klik, kemudian menjawab pertanyaan, dan kirim. Data akan otomatis masuk ke system mbah google. Bisa banget dicek, sudah berapa respon yang masuk. Jadi, jumlah responden yang sudah mengisi bisa dipantau dan tidak melebihi jumlah sample yang ditentukan. Kalau klik respon, data sudah tersaji dalam bentuk grafik-grafik. Tinggal baca saja sudah bisa. Canggihnya, bisa diexport ke MS excel untuk diolah. Keren kan! Kalau mau belajar dan memanfaatkan, tutorial banyak sekali, bisa didapatkan di youtube. Gratis-tis-tis. Ini juga yang kusebut dengan bermain data.

Apa lagi ya….insyaallah, besok lagi.

Semarang, 12 Oktober 2020

Salam Sehat, Sukses Mulia

Harini S.

WI BPSDMD Prov. Jateng.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap,bu. Belajar statistik dari ulasan ibu. Terima kasih ulasannya. Salam sukses.

12 Oct
Balas

Sedikit kenalan statistik ternyata asyik, Mbak Cicik.

12 Oct



search

New Post