Harini Setijowati, SKM, MHSc.

Aku seorang widyaiswara di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Membaca dan menulis merupakan satu paket habituasi. Alhamdulillah, bersama Media Guru Indonesia, aku ban...

Selengkapnya
Navigasi Web

Nyaris Terjun Bebas (Seri 1, Tagur 151)

Agendaku sejak kemarin sampai detik ini, padat sekali. Hingga aku nyaris lupa, tidak menyapa Sahabat Gurusianer. Alhamdulillah, masih diberi kesempatan mengingatmu.

Ngapain aja sich ya…

Yang pasti fokus pada tugas pokokku sebagai seorang widyaiswara, yaitu mengajar. Aku harus bersiap sekitar seminggu, untuk suatu materi yang baru pertama kali harus kusampaikan pada peserta pelatihan. Butuh waktu lumayan, untuk mendesain pembelajaran sampai menyiapkan bahan tayang dan bahan ajarnya. Beberapa tools juga harus harus siapkan untuk mendukung, agar lancar jaya. Google form menjadi andalanku. Aku belum eksplore dengan yang lain. Sudah pernah memakai quiziz, tetapi belum lancar untuk mendokumentasikannya. Kahoot, hanya kenal sesaat, belum kucoba. Menti, masih meraba-raba.

Aku mulai berkreasi juga karena metode full e-learning membutuhkan ide kreatif agar peserta tidak bosan. Power poin yang menarik. Video untuk ice breaking. Hal-hal penting yang perlu penekanan dan diskusi, aku catat dengan rapi. Aku lihat sepintas respon evaluasiku, baik-baik saja. Aku masih melihat antuasiasme peserta, hingga kututup dengan doa. Penugasan di akhir pembelajaran tak luput dari pemikiranku. Peserta harus upload via email. Agar tidak terlewat, nama file pun aku atur, menulis nomor daftar hadir dan namanya. Jadi, akan otomatis tertata rapi urut nomor.

Tadi sudah aku eksekusi eh mengajar 12 jam pelajaran. 8 jam pelajaran aku mainkan dengan zoom, sedangkan 4 jam pelajaran peserta aku minta mengerjakan tugas dan WA kalau ada kesulitan. Sampai detik ini WA ku hanya menerima konfirmasi kalau mereka sudah mengirim tugas. Overall tugas pokokku hari ini beres. Alhamdulillah, semoga bermanfaat.

Semarang, 17 September 2020

Salam Sehat, Sukses Mulia

Harini S.

WI BPSDMD Prov. Jateng

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tetap semangat bunda, semoga sehat da sukses selalu

18 Sep
Balas

Amin. Terima kasih Mbak Rahma.

19 Sep

Tetep semangat,Bu. Jangan lupa jaga kesehatan. Salam sukses

18 Sep
Balas

Thanks Mbak Cicik, sehat selalu yak.

19 Sep

Semangat bunda dan sukses selalu dalam karyanya..salam literasi

18 Sep
Balas

Amin. Terima kasih Kakak.

19 Sep



search

New Post