Harini Setijowati, SKM, MHSc.

Aku seorang widyaiswara di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Membaca dan menulis merupakan satu paket habituasi. Alhamdulillah, bersama Media Guru Indonesia, aku ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Resep Sehat Bahagia (Seri 2, Tagur 144)

Resep Sehat Bahagia (Seri 2, Tagur 144)

Berdasarkan pengalaman pribadi, resep kedua untuk sehat bahagia adalah rajin beraktivitas fisik. Aktifitas fisik di sini bukan sekedar menggerakkan badan, apalagi melakukan pekerjaan rumah.

Aktifitas fisik yang bermakna dapat diartikan sebagai olah raga sesuai dengan umur. Untuk usia di atas 50 tahun berbeda dengan yang masih muda. Ada gerakan-gerakan yang menurut saya wajib dilakukan. Gerakan tersebut bertujuan untuk melenturkan kaki dan tangan.

Saya memilih bermain dengan barbel satu kilogram untuk melenturkan kaki. Saya lakukan sekitar sepuluh menit saja. Maklumlah, pekerjaan rutin sudah menanti. Kalau tidak punya barbel, bisa berkreasi dengan botol bekas mineral diisi dengan pasir atau tanah. Intinya untuk latihan beban. Saya menyebutnya latihan keseimbangan dengan posisi ektrimitas. Jadi, untuk melenturkan kaki kanan, maka tangan kiri sampai lengan harus digerakkan sampai terasa lemas dan nyaman. Demikian sebaliknya. Dengan mengangkat beban ringan dan menggerakkan dengan santai, maka otot-otot juga menjadi terlatih dengan baik. Inti, barbel digenggam dengan erat, kemudian lakukan peregangan-peregangan termasuk menggerakkan kepala. Ingat, untuk lansia sangat saya sarankan tidak memaksakan diri, tetapi perlu terus dicoba latihan. Atur nafas dengan baik, agar fungsi jantung dan paru terlatih.

Keberhasilan latihan tersebut sederhana, yaitu naik atau turun tangga dua lantai terasa ringan dan nafas tidak terengah-engah. Kebetulan kantor dan rumah dua lantai. Sekaligus jadi tolok ukur. Kemudian kulit lengan kencang. Juga ketika berdiri dengan satu kaki, tidak oleng atau mudah jatuh. Penasaran? Silakan dicoba!

Semarang, 10 September 2020

Salam Sehat, Sukses Mulia

Harini S.

WI BPSDMD Prov. Jateng

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Fkiran yg lega dan ikhlas juga menyehatkan

10 Sep
Balas

Yes banget ini.

10 Sep

Ide yang bagus,Bu. Sayang ibu ga berikan videonya ... biar saya bisa lihat ibu olah raga ..he..he.. Salam sehat,Bu.

10 Sep
Balas

Ha ha ha...dasteran Mbak Cicik.

10 Sep

Sungguh senang membaca tulisan yang informatif dan kreatif dari sesama teman anggota Gurusiana. Salam semangat Bundaa ..

10 Sep
Balas

Thanks Mbak Widi. Yuk, sehat selalu.

10 Sep



search

New Post