Harini Setijowati, SKM, MHSc.

Aku seorang widyaiswara di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Membaca dan menulis merupakan satu paket habituasi. Alhamdulillah, bersama Media Guru Indonesia, aku ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Teknologi Informasi (Tamat, Tagur 166)

Teknologi Informasi (Tamat, Tagur 166)

Menguasai teknologi informasi ternyata harus didukung hardware dan software yang sesuai. Semakin ke muda, semakin canggih dan fitur-fiturnya bertambah lengkap pula.

Tutorial di youtube banyak sekali. Mau model apapun ada. Para pemerhati sungguh berbaik hati berbagi ilmu. Sepanjang mau bersabar belajar, pasti bisa. Walau aku sadari, ini tidaklah mudah. Butuh waktu untuk berproses. Kelewatan satu langkah saja, sudah bingung.

Kerennya adalah ketika berhasil mencoba. Kemampuan memadukan berbagai program. Misalnya PPT yang bagus, dimasukkan ke video, dihiasi dengan iringan musik, dan tulisan yang indah. Sesuatu banget. Aku meyakini, semakin sering dipakai atau dilatih, akan semakin lancar dan memunculkan ide kreatif.

Pengalaman yang menyedihkan adalah ketika sudah belajar suatu program aplikasi dan membuat dengan susah payah, ternyata fasilitas gratis terbatas. Akhirnya, aku rela delete program aplikasi tersebut dari laptop, dari pada membuat penuh dan berdampak lemot.

Pernahkah Anda mengalaminya?

Beberapa hal yang mengganggu misalnya berikut ini.

1. Muncul watermark tulisan program tersebut.

2. Ada juga ketika diprint, munculnya tulisan yang intinya adalah ini program percobaan. Silakan lakukan registrasi dan bayar.

3. Ada juga yang hanya stack/ berhenti, seperti hang. Di save tidak bisa. Intinya, dia hanya minta registrasi berbayar.

Baru install saja, sang program sudah menolak, karena spesifikasi laptop ngga bisa.

Program yang aman ketika dijalankan adalah aplikasi yang nempel di program yang sudah permanen. Misal membuat video dengan aplikasi yang ada powerpoin. Variasi tampilan PPT yang sudah nempel di PTT dengan power user, kemudian dimainkan dengan program video dan audio yang ada.

Konten yang pas untuk komunikan, lalu dikemas dengan media yang menarik akan menjamin sampainya pesan. Tentu saja, pesan dikatakan menarik, salah satu indikatornya adalah komunikan terpengaruh kemudian melakukan sesuai dengan pesan yang disampaikan.

Tentu saja, semua di awali dengan pembuatan desain-desain yang memerlukan waktu, kerja keras, dan cerdas.

Kita pasti bisa.

Semarang, 2 Oktober 2020

Salam Sehat, Sukses Mulia

Harini S.

WI BPSDMD Prov. Jateng.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

benar sekali bunda,semoakita semangat dalam belajar apapun

02 Oct
Balas

Terima kasih sudah berbagi ilmunya Bu. Salam literasi

02 Oct
Balas

Siap. Salam literasi juga Pak Suhargo.

03 Oct

Terima kasih ulasannya, bu. Serba serbi belajar komputer ... dan itu saya alami. Salam sukses

02 Oct
Balas

Nyebelin tapi asyik juga ya Mbak. Kadang sampai lupa waktu. Tahu-tahu tenggorokan kering minta disiram air. Ha ha ha...

03 Oct

Tulisan informatif bagus

02 Oct
Balas

Terima kasih Mbak Fitri. Salam literasi.

03 Oct



search

New Post