Harini

Bismillah...menulis adalah ungkapan hati dan pikiran yang tidak diucapkan. (Harini Wijaya) Selalu ingin belajar menjadi lebih baik, bermodal kemauan dan kesabar...

Selengkapnya
Navigasi Web

On Service

Tindak lanjut dari bimtek kurtilas adalah pendampingan ON service . Kali ini kunjungan di cluster 4 adalah di SMP Negeri 9 Surakarta.Kelompok cluster 4 terdiri dari 4 anggota. Harini ,S.Pd SMP 9, Siti Rahmawati,S.Pd. SMP 24, Ruswigati ,S.Pd SMP 25 dan Sari Dwi Anggraeni,S.Pd SMP Murni.Guru Pembimbing pak Suroto,S.Pd guru bahasa Inggris SMP N 11 Surakarta.

Kerja kelompok cluster 4 diawali pada tanggal 18 September saat kegiatan In service 1 di SMP N 1 Surakarta.Kami berempat memulai dengan penyusunan RPP , penentuan jadwal ON dan penyiapan media. Kami belajar bersama seperti kegiatan Lesson Study. RPP dan Media kami mantapkan lagi di pertemuan mandiri tanggal 29 September 2017 di SMP N 25 Surakarta.

Tepat hari jumat tanggal 6 Oktober 2017, sesuai jadwal ON service dilakukan. Harini sebagai guru model berusaha melakukan langkah -langkah seperti yang disepakati dan ditulis di RPP. Penerapan scientific method dengan media laptop, lcd dan jam realia membuat para peserta didik kelas 7H semangat belajar. Kali ini materi pembelajaran tentang Telling time

Kelebihan proses pembelajaran yang dicatat para guru pengamat adalah semua peserta didik bisa fokus pada guru model.Kekurangan nya perlu ditambahkan guiding question pada tahap questioning agar peserta didik lebih terpancing untuk memunculkan rasa keingintahuan nya atau muncul rasa "kepo" begitu istilah yang dipakai pak Suroto mengikuti bahasa anak-anak sekarang.

Pelajaran diakhiri dengan simpulan materi hari ini dan akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya dengan mengaitkan materi telling time dengan materi simple present.

Pendidikan Karakter yang dikuatkan pada pembelajaran dengan materi telling time ini adalah Jujur, Disiplin dan Tanggung jawab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap. reportase yang keren

07 Oct
Balas

Oke mbak....semangat dan terimakasih dukungannya

07 Oct
Balas

Makasih pak Leck....dapat semangat dari pak Leck Murman juga....alhamdulillah

07 Oct
Balas

Terus berkarya bu..

06 Oct
Balas



search

New Post