Apakah itu HOTS
Tantangan hari ke 9
APAKAH SIH HOTS ????
Ada yang lagi ngetren nih….tahukah anda , apakah itu HOTS ? Panas…..Pedas….Oh no….HOTS itu singkatan dari High Order Thinking Skills, Proses berfikir tingkat tinggi. Jadi kalau ada yang ngomong, wahhh …soale HOT, maksudnya , untuk menjawab soal tersebut , kita harus berfikir , dalam hal ini tentu ada beberapa kategori dan tingkat kompetensi kognitif dalam menjawab soal-soal HOT tersebut. seperti yang dikemukakan oleh professor dari Dusquance University bernama Susan M Brookhart dalam bukunya How to assess Higher-order Thinking Skills in Your Classroom (2010). Dia mendefinisikan model ini sebagai metode untuk transfer pengetahuan (transfer knowledge ) berfikir kritis (critical thinking ) , dan juga pemecahan masalah (probem solving ). Adapun yang dimaksud dengan :
HOTS sebagai transfer mencakup analyzing, evaluating, creating, berfikir kreatif, berfikir logis dengan dirangkum menjadi menganalisa, mengevaluasi dan mencipta
HOTS sebagai critical thinking didefinisikan sebagai keterampilan memberikan keputusan ((judgment) menggunakan alasan yang logis dan ilmiah, ini mencakup berfikir kritis dan metakognitif.
HOTS sebagai problem solving didefinisikan sebagai keterampilan mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan masalah.
Jadi HOTS yang dimaksud disini mencakup keterampilan menganalisa ( analyzing), mengevaluasi (evaluating) , mencipta ( creating), berfikir krtitis ( critical thinking) dan penyelesaian masalah ((problem solving ) . Indikator keterampilan menganalisa , mengevaluasi dan mencipta. Ini seperti dikemukakan di dalam taksonomi Bloom , dan juga hasil revisi Anderson & Krathwohl ( Moore & Stanley, ) HOTS dispesifikasikan ke dalam tiga dimensi berfikir yang terdiri dari Analyzing , Evaluating dan Creating. Menurut Bloom ada 6 ( enam ) tingkat kompetensi kognitif yang dikelompokkan menjadi 3 level, bisa dilihat seperti dibawah ini :
Taksonomi Bloom
Anderson & Krathwohl
Kompetensi kognitif
Level
1.Knowledge
1.Remembering
C1 ( Mengingat )
Level 1 ( Lots / Low order thinking skill)
2.Comprehension
2.Understanding
C2 ( Memahami)
Level 1 ( Lots / Low order thinking skill)
3.Application
3.Applying
C3 ( Penerapan )
Level 2 ( Mots/Middle order thinking skill) )
4.Analysis
4.Analyzing
C4 ( Menganalisis)
Level 3 ( Hots/ High order thinking skill )
5.Synthesis
5.Evaluating
C5 ( Mengevaluasi)
Level 3 ( Hots/ High order thinking skill )
6.Evaluation
6.Creating
C6 ( mencipta)
Level 3 ( Hots/ High order thinking skill )
Di level 1 , siswa memiliki kemampuan standar minimal dalam menguasai / memahami pelajaran.
Di level 2 , siswa memiliki kemampuan standar minimal dalam penerapan ( Aplikasi )
Di level 3, siswa memiliki kemampuan standar minimal dalam penalaran dan logika
Level 1. ( Pemahaman ) Menanyakan tentang :
Pengertian teori / rumus
Pemahaman dasar tentang grafik/label/ visual
Pemahaman konsep
Isi definisi
Pengertian , istilah- istlah atau nama - nama
Level 2,( Penerapan ) Menanyakan tentang :
aplikasi teori / rumus
interprestasi grafik/label/visual yang diberikan
Aplikasi gagasan dan konsep dalam konteks
interpretasi informasi data dalam konteks
memecahkan masalah dari informasi dalam konteks
Level 3, Menanyakan tentang :
aplikasi teori / rumus
interprestasi grafik/label/visual yang diberikan
Aplikasi gagasan dan konsep dalam konteks
interpretasi informasi data dalam konteks
memecahkan masalah dari informasi dalam konteks
konsep lain diluar konteks
perlakuan , mencari prediksi , atau mencari kesimpulan
Untuk level 3 ini hampir sama dengan level 2 , hanya ditambah dengan kemampuan siswa untuk mencari konsep lain yang mungkin berhubungan, dan kemampuan memprediksi jawaban sendiri dengan cara mengintepretasi informasi.
Adapum karakteristik Hots , mengukur kemampuan sebagai berikut :
Transfer dari satu konteks ke konteks yang lain.
Memproses dan menerapkan informasi
Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
Menggunakan informasi untuk memecahkan / menyelesaikan masalah
Menelaah ide dan informasi secara kritis.
Hots bisa diukur dengan beberapa jenis soal , yaitu :
Pilihan ganda
Menjodohkan
Isian singkat
Uraian
Unjuk kerja
Portofolio
Soal hots harus :
Ada stimulus, bisa berupa wacana , ilustrasi , gambar , tabel data, grafik, informasi , diagram dll yang menarik
Stimulus diambil dari konteks dunia nyata , atau dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat kebaruan
Pertanyaan yang diberikan menuntut proses berfikir secara kritis , logis , metakognisi dan kreatif
Tetap berlaku kaidah soal pilihan ganda, uraian atau isian
Soal hots harus kontekstual
Sesuai dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari- hari ( Autentik)
Ruang lingkup stimulus/ konteks : personal, sosial, nasional dan global , sepertI :
Kesehatan
Pendidikan dan moral
Pekerjaan
Sumber daya alam
Lingkungan hidup
Bencana alam
Pemanfaatan sains dan teknologi dll
Perlu diketahui , tidak semua KD yang ada di SKL bisa dibuat soal kategori HOT. Dalam ujian nasional mungkin hanya kompetensi C1 sampai C 5, sedangkan untuk C6 ( Mencipta ) Bisa digunakan dalam penilaian ketrampilan , misal di ujian praktek , dalam pelajaran Bahasa Inggris , bisa juga siswa disuruh membuat text , dengan catatan siswa sudah diberi bekal pengetahuan yang cukup. Ada beberapa contoh soal yang bernalar dan tidak bernalar
Contoh soal yang tidak bernalar , tidak termasuk C1-C6 , soal ini dulu sering keluar terutama di soal bahasa inggris tingkat SD.
Stimulus : diberi descriptive text
NGAYOGYAKARTA HADININGRAT PALACE
The palace court with its grand and elegant Javanese architecture lies in the center of the city. It was founded by Prince Mangkubumi in 1755. The Prince was then called Sri Sultan Hamengku Buwono I. He chose the right location of the compound between the Winongo River and the Code River.The palace streches out from north to south. The front yard is called Alun-alun Utara (the North Square), and the back yard is called Alun-alun Selatan (the South Square). The lay out of the buildings shows that the palace, the commemorative column and Mount Merapi lie in on line. The palace meeting hall is called the Pagelaran, where formal meetings of palace officilals are held, while the “Manguntur Tangkil” hall is the palace where the sultan is seated.The palace visitors can enjoy the atmosphere of the kraton in former times by visiting the life size diorama of wedding ceremonies on the palace meeting, performed by puppets which are intentionally arranged to create such an atmosphere. Sets of Javanese musical instruments, antiques, and heirlooms have made the palace of Yogyakarta more interesting to visit.
What is the title of this text ?
Where does the palace lie ?
When was the palace founded ?
Ketiga soal diatas benar-benar tidak berfikir, karena jawaban tinggal nyomot / ambil di text.
Contoh soal C1-C2 ( ingatan dan pemahaman ) termasuk level 1 ( LOTS)
Where did officials gather for a meeting ?
performed by puppets which are intentionally arranged to create such an atmosphere, what is the synonym of the underlined word ?
What can visitors enjoy firstly in Palace ?
Soal a, dan c asal siswa memahami text , bisa menjawab, untuk soal b, tergantung ingatan siswa,
Kalau ingat berarti bisa menjawab.
Contoh soal C3 ( Applying / penerapan ) termasuk level 2 ( MOTS ), dalam Bahasa Inggris , mungkin yang sering keluar dalam bentuk keterampilan misal menyusun kata menjadi kalimat, menyusun kalimat menjadi paragraph atau texts, melengkapi rumpang – rumpang, dalam paragraph ( subject , tenses, kata penghubung, , kata sifat, kata keterangan dsb ), tetapi dalam ujian nasional sudah 2 tahun terakhir ini soal tersebut tidak keluar , karena termasuk penilaian keterampilan.
Yayakarta Suites Hotel
Bandung , the capilat city of west Java , with its cool climate offers a refreshing change. The Jayakarta suites Hotel that opens its door for business recently is (1)... in the north of Bandung , set on a hill eith a panoramic view of Bandung. The famous Dogo Tea House is just a block to the hotel.
A 10 minutes drive will get you to Jalan Merdeka, the new shopping and business centre in Bandung. The airport is just 20 minutes away (2)... the hotel and it takes 15 munites to the railway station. To play golf at the Dago Endah Golf Course. It is almost at walking distance.
Beautifully placed , a peaceful world of its own.
1.A.reached B. Built
C. Situated D. made
2.A .to B .from
C. Near D .beside
Arrange the words into good sentence
3 Bisa buat contoh sendiri ( kata
acak disusun menjadi kalimat yg
benar )
4. Arrange the sentences into good instruction
1.Open the water tap and fill the
water in the wash tub around two
third of water level
2.Insert the power plug into outlet
3.When washing is finished,
select”drain”to drain the water out
4.Open the water tap and fill water
in the wash tub about half way to
the desired water level
5.Rinse the clothes , after finishing
, drain the water out, do it twice or
three times to make
the clothes clean
6.set the selector to “wash rinse
“position and desired wash time
refering to the table given
7.Put the clothes into the spin
dryier basket and perform the
intermediate spin.
8.Put the appropriate amount of
deterjent and the clothesto be
washed into the wash tub
A. 2 – 8 – 4 – 6 – 3 – 1 – 5 – 7 B. 4 – 8 – 2 – 6 – 3 – 1 – 5 – 7
C. 4 – 8 – 3 – 1 – 2 – 6 – 5 – 7 D. 2 – 8 – 4 – 6 – 3 – 5 – 1 – 7
Contoh soal C4 ( Menganalisis), termasuk level 3 ( Hots) , misal menanyakan ide pokok suatu paragrap, meyimpulkan judul suatu text , disini siswa benar-benar harus berfikir,karena dituntut untuk memahami teks dengan baik, faham tentang tujuan sosial , unsur kebahasaan dan isi teks,
An earthquake is the shaking of the surface of the Earth, resulting from the sudden release of energy in the Earth's lithosphere that creates seismic waves. Indonesia is prone to earthquakes because it lies on the Ring of Fire - the line of frequent quakes and volcanic eruptions that circles virtually the entire Pacific rim.
Lombok is a roughly 4,500 sq km (1,700 sq miles) island east of the slightly larger island of Bali. It has been shaken by two strong earthquakes, after weeks of tremors that have killed hundreds of people. It was felt in the east of the island, triggering landslides and sending people fleeing into the streets. A 7.0 tremor in the same area. There is no word on any casualties in that quake.
The biggest quake in recent weeks - of 6.9 magnitude - killed more than 460 people on 5 August. It leveled homes, mosques and businesses, displacing hundreds of thousands, including many tourists. In Mataram, the island's capital, lights went out in a shopping centre and people ran from their homes for open fields.
Landslides hit a national park where hundreds of hikers had been trapped after the first quake. People are traumatic , and after shocks never seem to stop.The second quake, south of Belanting, was recorded at a depth of 10 km.
What is the main idea of the third paragraph ?
A. Mataram is a big city, and it is
the capital of Lombok Island
B. Most people ran their homes
and the lights went out in a
shopping centre.
C. The houses, mosques and
businesses were broken
because of landslides
D. The biggest earthquake of 6,9
magnitude, killed more than 460
people in Mataram
The statements below are correct based on the text , except…
A.The people felt confused because
of the first quake and it continued
for the second quake , it made
them shocked .
B. The quake leveled not only the
buildings but also parks . more
people were killed and all the
lights went out.
C.Indonesia is prone to
earthquakes because it does not
lie on the Ring of Fire, it makes
volcanoes eruptions often
happens.
D. Lombok is a roughly 4,500 sq km
(1,700 sq miles) island east of
the slightly larger island of Bali.
Contoh soal C5 ( mengevaluasi ), termasuk level 3 ( HOTS) , disini siswa dituntut untuk mampu menyimpulkan dan memprediksi jawaban dari penyelesaian masalah
What should the government do to support the victims of Earth quake in Lombok ?
A. To ask foreign countries to help
both the finance and also send
more volunteers to rebuild the
ruined building .
B To ask them move from the area,
let local authorities to rebuild the
destroyed bulding by their own
income..
C. To encourage them to be strong
, patient , and hardy. Rebuild the
ruined building, like houses ,
schools , public services quickly
D. To make them not to be
hopeless , ask them to make
their own broken houses, and
order to the local authorities to
manage them well
Contoh C6 ( mencipta ) termasuk level 3 ( HOTS) , untuk bahasa inggris , kemampuan dalam penilaian ketrampilan , tentunya termasuk paling sulit, karena siswa harus faham betul untuk mencipta suatu teks yang baru , disini seorang guru harus memberi ilmu pengetahuan yang cukup tentang pola kalimat , jenis teks , unsur kebahasaan , kosa kata , koherensi dsb.
Demikian sedikit uraian tentang soal Hots , semoga bermanfaat, khususnya para siswa , dan para pembaca pada umumnya. Terima kasih.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar