Hariyanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Merdeka Belajar

Tantangan hari ke 29

Part 1

Merdeka Belajar

Adanya kebijakan menteri pendidikan bp Nadiem , membuat kita guru bahasa Inggris umumnya dan saya khususnya sangat gembira , dikarenakan guru mempunyai kebebasan dalam mengajar. Perangkat juga disederhanakan , sehingga tidak direpotkan untuk mempersiapkan berlembar - lembar RPP, dan lain - lain ..kalau dijilid ,jadi tebal dan kenyataannya perangkat tersebut ,tidak pernah dibawa saat mengajar. Itu fakta. Yg penting , seperti yang diinfokan bp menteri dalam RPP , ada 3 komponen yaitu , tujuan pembelajaran , kegiatan pembelajaran , dan penilaian .

Kebetulan penulis mengajar di kelas 7 , materi semester 2 ini tentang :

1. Chapter 5 tentang :

- praise

- criticize

- identify

2. Chapter 6 tentang :

- profession

- habit

3. Descriptive text

4. Song

Dari materi ini , seorang guru harus bisa memilih , materi apa yg akan diberi penekanan lebih , dan tujuan ketrampilan dan pengetahuan apa yang akan di kuatkan . Jadi tergantung ..guru yang bersangkutan , malas atau rajin , pingin anak didiknya trampil atau nggak...., Kalau cuma sekedar mengajar, ya gampang sih ...wong materi cuma sedikit , penting rajin masuk kelas, ngajar ala kadarnya, ngerjakan soal 2 , bahas. ulangan , memberi nilai . Apakah hanya seperti itu....????? Ini sih guru biasa , jadilah guru yang lebih dari biasa .. lha lebihnya berapa ..Monggo ...terserah bapak dan ibu guru .

Kalau jadi guru yg profesional itu kriteria nya , misalnya. menguasai materi ,lha itu jelas, pedagogik , kita harus tahu karakter siswa kita , dll teori - teori itu kita memang harus tahu , tapi yang tidak kalah pentingnya adalah komitmen kinerja kita . Sebenarnya kita tu bisa kok menilai diri sendiri ...dan untuk menjadi guru yang lebih alias plus , itu ya berat . Misal dari materi diatas, kita harus memilih materi yang difokuskan untuk meningkatkan ketrampilan speaking dan writing . Materi yang bisa dikuatkan adalah

chapter 5 diambil identify

Chapter 6 diambil semua

Chapter 7 descriptive text

Untuk writing misalnya , identify ..kita ambil physical appearance.: Sebelumnya anak dibekali kata sifat, terus membuat kalimat yang menggunakan kata sifat , menyusun kalimat menjadi suatu paragraf , misalnya suruh membuat paragraf tentang mengidentifikasi saudara lakinya, mulai bentuk badan , rambut , hidung dan menggunakan kata sifat lainnya. Dikasih pola kalimat dulu ., Diberi contoh - contoh kalimat , terus bagaimana membuat paragraf dengan kata sambung . Setelah selesai ,siswa disuruh membuat paragraf , tentang saudara laki - lakinya , satu paragraf saja. Dikumpulkan .

Hanya satu paragraf ...bisakah siswa menulis dengan benar....untuk mengetahui tentu harus dikoreksi , 6 kelas ...banyak ...beratkah , berat sekali , ....disinilah kinerja kita ..komitmen kita tuk mewujudkan bahwa anak - anak kita akan terampil menulis. ..tulisan anak kita yang salah , kita tandai dengan pembetulan tanda merah kita kembalikan dengan nilai ketegori , cukup ,baik dan sangat baik . Anak - anak disuruh menulis kembali paragraf yang sudah benar di buku mereka . Untuk keterampilan menulis berikutnya , kita tinggal menyuruh menulis kembali dengan subyek yang berbeda , misal saudara perempuannya , ayah atau ibunya., Atau langsung ketiga - tiganya ditulis semua . Bisakah ...karena sudah diberi tahu kesalahannya , mudah - mudahan tulisan berikutnya sudah benar .

Sama halnya dengan materi chapter 6 profesi dan habit

Siswa disuruh menulis tentang misalnya kegiatan setiap hari , dari pagi sampai sore , dikasih tahu tentang pola kalimat yang menggunakan bentuk kalimat simple present . Khusus untuk subjek he , she atau it. , Penggunaan kata penghubung , biar tulisan bervariasi ,tidak melulu menggunakan then ..dan sebagainya. , Membuat satu paragraf , dikoreksi lagi. Memang berat , dan kita tidak ada waktu untuk santai , butuh waktu yang banyak untuk mengoreksi . Apakah selesai. Selesai , kalau kita punya niat yang besar agar peserta didik kita terampil menulis . Setiap hari kita ngajar 4 jam pelajaran , yang 4 jam kita kosong , gunakan untuk koreksi , ndak perlu dibawa pulang , cukup dikoreksi disekolah . Percaya deh pasti selesai. Niat kita adalah ibadah tuk kemajuan anak didik kita. Dengan menulis berulang - ulang , secara otomatis , siswa akan hafal pola - pola kalimat yang sudah diajarkan . Yo nyat rekoso sih...tinggal mau apa ndak..., Be sure kebaikan dan ibadah kita pasti akan dicatat sebagai amal baik ..

Penulis juga lagi berusaha tuk rajin koreksi.berat ..berat , tapi kalau ikhlas ..tidak akan terasa berat.

Bagaimana dengan ketrampilan berbicara ..? Baca lagi di part 2

Terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post