Hariyanto

Pernah bertugas di Papua selama 15 tahun lebih, tepatnya di SDN Inpres Timika V dan IX Mimika Baru (1992-2010) Saat ini bertugas di kota Blitar di SDN Turi 1. S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berpuisi, Berliterasi Digital Bersama Siswa Mengapa Tidak ?

Berpuisi, Berliterasi Digital Bersama Siswa Mengapa Tidak ?

Oleh : Hariyanto

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti mengatur pembiasaan literasi di sekolah. Secara jelas disebutkan dalam lampiran aturan terebut kewajiban menggunakan 15 menit sebelum hari pembelajaran untuk membaca buku selain buku mata pelajaran (setiap hari). Berdasarkan hal ini kita sebagai guru bisa berkreasi mengajak siswa berliterasi dalam situasi apa pun.

Mengajak siswa SD membuat puisi dan melatihnya sekaligus berkarya di HP merupakan tantangan tersendiri di masa Pandemi Covid 19. Ketika memasuki tahun 2021 benar-benar HP android sebagai salah satu alternatif, khususnya di daerah perkotaan seperti SD kami. Menulis puisi, itulah yang kami lakukan bersama siswa melalui google form di HP Android. Bisakah ? Mengapa tidak ?

Langkah ini sudah kami laksanakan pada Pebruari – Apri 2021 dan berhasil dengan baik. Langkah progam di sekolah kami adalah sebagai berikut : 1) Menyusun Program literasi dan disosialisasikan kepada semua guru khususnya kelas atas 4, 5, 6 kemudian ; 2) Bahan bacaan cerita anak disiapkan dalam bentuk buku digital dan di pasang pada website sekolah” PENDIDIKAN DAN LITERASI”. Website ini untuk sarana komunikasi dan membuat link khusus yang disebar ke HP Android siswa melalui grup WA paguyuban. Link itu mengarah kepada website : PENDIDIKAN DAN LITERASI yang sudah dimuat 100 judul buku cerita anak ; dan link mengarah pada form jurnal hasil membaca. 3) Setiap selesai membaca dan siswa mengirim jurnal membaca, pengelola website mengolah hasil form siswa dan melaporkannya dalam bentuk ulasan di website. Siswa dapat membaca hasil kegiatannya.

Hasil dan evaluasi kegiatan itu antara lain 1) Kelas yang mengikuti program ini adalah kelas 4 dan 5 telah menunjukkan aktivitas membaca buku digital yang positip. Laporan hasil membaca siswa pada 22 Pebruari 2021 ada 48 siswa membaca berbagai judul buku bacaan cerita anak. Hal itu bisa dilihat di : https://hariyanto17.blogspot.com/2021/02/hasil-membaca-senin-22-februari-2021.html Pada bulan Juni 2021 siswa sudah mampu membuat karya puisi seperti di link berikut : https://hariyanto17.blogspot.com/2021/06/monumen-karya-puisi-siswa-sepekan.html

Beberapa karya puisinya adalah sebagai berikut :

KELUARGAKU

@Karya : Eva Berta, kelas 5

Keluarga sebagai pelindungku

Aku sangat sayang ibuku

Aku sayang ayahku

Aku juga sayang adik-adikku

Merekalah keluargaku, milikku seutuhnya

Sangat bahagia bisa memilikinya

Selalu ada dalam suka dan duka

Jangan pisahkan kami semua

o0o

DESAKU

Karya : Estafa Tri Nayla Rusyda kelas 4

Jalanan desaku.

Hening jauh dari keramaian

Jauh dari hiruk pikuk

Lepas dari antrian

Dengan udara yang sejuk

Dengan panorama yang indah

Aku merasa nyaman

Aku merasa damai

Kegiatan ini ternyata bisa dikembangkan untuk langkah kegiatan literasi pengembangan berikutnya. Seperti diadakan lomba menulis puisi KEMERDEKAAN RI Ke 76, yang diikuti oleh kelas 4, 5 , 6 dan berhasil mengumpulkan lebih 100 puisi. Semua dikirim melalui link FORM dan berhasil menjaring 18 pemenangnya. Perihal lomba dan beberapa karya siswa dapat dilihat dalam link berikut ; https://hariyanto17.blogspot.com/2021/08/karya-puisi-siswa.html. Kegiatan serupa tahun ini diagendakan pada bulan Oktober 2022 memperingati bulan bahasa dan Sumpah Pemuda serta Hari Guru Nasional.

Kegiatan ini bisa bisa dilaksanakan di sekolah mana pun terutama di daerah perkotaan atau yang memiliki jaringan internet di wilayahnya. Kegiatan ini tidak memerlukan biaya yang mahal, hanya memerlukan kreativitas guru dan siswa serta kerjasama yang baik untuk berkarya, berliterasi melalui digital. Beberapa pengembangan program ini yang bisa ditindak lanjuti antara lain :

a. Pembuatan Majalah Dinding dengan karya siswanya.

b. Pembuatan Grup WA khusus untuk siswa dan guru berkarya literasi.

c. Pembinaaan Menulis Puisi dan Cerita dan Sinopsis

d. Penerbitan kumpulan karya siswa dan guru dalam bentuk buku ber ISBN atau ber QR.

e. Pembuatan ruang kelas yang bernuansa LITERASI seperti kelengkapan sudut baca yang ditata rapi dan menarik

f. Pembuatan Taman baca di luar kelas atau gerobak baca

g. Pembuatan website literasi profesional, yang ditata secara interaktif menampung karya warga sekolah.

h. Dll

Apalagi jika gurunya seorang penulis puisi. Berkarya puisi bersama siswa mengapa tidak ?

Blitar, 15 Oktober 2022

*) Penulis adalah Guru dan saat ini merangkap sebagai Kepala Sekolah di SDN Turi 1 Kota Blitar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post