Harlis Purwaningsih

Fb: Harlis Purwaningsih Lahir di Probolinggo dan mengenyam pendidikan mulai TK sampai Perguruan Tinggi di kota Malang yang tidak lagi dingin...sehingga memutus...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cerita Kakek (04)

Cerita Kakek (04)

MenulisRutin595(Hari ke 220, tahun ke II)

 

Erupsi Semeru yang terjadi sepuluh hari yang lalu, bahkan masih disusul dengan erupsi dan lahar dingin pada Kamis, 16 Desember kemarin, menyisakan banyak cerita, ada cerita haru, sedih, bahkan cerita bahagia di seputar mereka yang bertemu dengan keluarganya di tempat pengungsian, padahal diprediksi sebelumnya anggota keluarga tersebut sudah meninggal. Yang mungkin saja terkubur bersama dengan kiriman pasir yang salah jalan, orang menyebutnya demikian, karena ada beberapa wilayah desa terdampak yang menerima akibat dari aliran lahar dan awan panas yang salah jalan ini, karena tidak melewati tempat yang disediakan.

 

                        Aku tersenyum tatkala kakek memulai taujiahnya untuk lebih mengenal alam, merawatnya, karena isi alam tidak hanya diperuntukkan untuk manusia semata. Demikian juga waktu 24 jam yang disediakan Allah, sebenarnya juga harus berbagi dengan makhluk Allah lainnya. Namun manusia justru sering melanggar nya hanya karena salah niat, lupa waktu sebagai makhluk yang terlanjur berjanji menyanggupi beribadah, yang sebelumnya telah ditawarkan pada makhluk lainnya, namun mereka menolaknya. Tapi manusia dengan penuh percaya diri menyanggupinya, namun berakhir dengan mengingkarinya, karena nafsu serakahnya.

 

                        “Mengapa harus marah karena alam mengirimkan pasir seperti yang mereka cari sampai melupakan ibadahnya?” dan aku juga tersenyum saat kutanyakan, tapi ngirimnya salah alamat kek, naruhnya seharusnya di depan rumah, bukan di atap rumah? Jawaban kakek ternyata kembali membuatku geli,”Kalau di depan rumah kan biasa, dan tidak banyak nak, dan tidak akan membuat kotamu eksis di mana-mana seperti keinginan mayoritas orang di sana...ahh kakek ada-ada saja. Sudah waktunya saling instropeksi dengan yang selama ini dilakukan, mari luruskan selalu niat untuk beribadah, apapun pekerjaannya. Melaksanakan kerja dengan penuh istiqomah dan amanah, Insha Allah akan selalu dalam lindungannya, Aamiin.

 

 

                                   

Lumajang, 17 Desember 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi!

17 Dec
Balas

Trims bpk

17 Dec



search

New Post