Harnieti

HARNIETI, M. Pd, lahir 6 Agustus 1973 di Pilubang Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Ia menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMEAN Payakumbuh...

Selengkapnya
Navigasi Web
REMEDIAL DAN PENGAYAAN SEBAGAI TINDAK LANJUT

REMEDIAL DAN PENGAYAAN SEBAGAI TINDAK LANJUT

REMEDIAL DAN PENGAYAAN SEBAGAI TINDAK LANJUT

Oleh: Harnieti, M. Pd

(Kepala UPTD SMPN 1 Kec. Luak)

Berbicara tentang guru memang tidak pernah habisnya. Banyak sisi yang bisa kita bahas yang berhubungan dengan tupoksi seorang guru. Dalam pelaksanaan tugasnya seorang guru wajib merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Selanjutnya seorang guru juga dituntut untuk melakukan tindak lanjut dari tugas yang telah dilaksanakannya tersebut. Salah satu bentuk tindak lanjut yang dilakukan guru adalah menyusun program, melaksanakan remedial dan pengayaan.

Program remedial dan pengayaan dilakukan setelah pelaksanaan ulangan harian atau dalam kurikulum 2013 disebut dengan penilaian harian, atau menyelesaikan pembelajaran untuk satu Kompetensi Dasar atau lebih. Penilaian harian dilaksanakan guru sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada program semester. Soal-soal yang diberikan harus sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan. Sebab guru harus mampu menyesuaikan antara perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penilaian harian atau yang sering juga disebut dengan ulangan harian, dilakukan guru pada jam pelajarannya masing-masing. penilaian harian atau ulangan harian ini termasuk jenis penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian, pada pasal 1 ayat 1 dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik.

Program remedial dan pengayaan adalah program kegiatan yang dilaksanakan guru setelah melakukan analisis terhadap ulangan harian atau penilaian harian peserta didik. Program remedial adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki, membetulkan sehingga menjadi lebih baik sesuai dengan target yang telah ditetapkan. remedial diberikan kepada peserta didik yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Remedial bisa bisa dilakukan secara klasikal dan bisa juga secara individual. Sedangkan program pengayaan adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk membantu peserta didik yang sudah melampaui nilai KKM, dan bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya (Izzati:2015). Pengayaan dilakukan agar peserta didik dapat mengoptimalkan pengetahuannya. Fokus pengayaan adalah perluasan dan pendalaman materi berdasarkan kompetensi yang dipelajari. Pengayaan hanya diberikan sekali, tidak berulang seperti halnya remedial. Pelaksanaan remedial dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, memberikan penguatan terhadap materi yang belum dikuasai oleh peserta didik. Memberikan ulangan kembali dengan sesuai indikator. Memberdayakan tutor sebaya. Pemberian tugas. Dan lain sebagainya.

Sementara kegiatan pangayaan dapat dilakukan dengan cara, meminta peserta didik membaca materi sesuai KD dengan tingkat kedalaman lebih tinggi. Pemberian tugas, belajar kelompok dan lain sebagainya.

Hal yang perlu dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan remedial dan pengayaan antara lain, mengadakan ulangan harian/penilaian harian. Mengoreksi hasil ulangan harian peserta didik. Membedakan peserta didik yang belum tuntas, tuntas dan melampuai KKM. Selanjutnya membuat program remedial dan pengayaan.

Apakah manfaat remedial dan pengayaan? Tentu saja hal ini perlu diketahui, baik oleh guru maupun peserta didik. Tujuannya adalah agar program remedial dilaksanakan sebagaimana mestinya. Secara umum remedial berfungsi sebagai, pertama, memberikan bantuan kepada peserta didik yang belum mampu menguasai materi dengan baik. Melaksanakan prinsip belajar tuntas. Mengupayakan ketercapaian KD. Peserta didik lebih dapat memahami kemampuan belajarnya, sehinga diharapkan mampu memperbaiki cara belajarnya.

Sedangkan program pengayaan bermanfaat untuk, memberikan pendalaman materi bagi peserta didik dengan tingkat kompetensi lebih tinggi. Menghindari kebosanan bagi peserta didik yang telah menguasai materi dengan baik. Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan pembelajaran.

Mungkin masih banyak manfaat dilaksanakan remedial dan pengayaan bagi peserta didik, maka sudah selayaknyalah setiap guru dapat melaksanakannya dengan baik. Dimana pelaksanaannya dalam rangka mewujudkan prinsip belajar tuntas dan sebagai proses tindak lanjut dari pembelajaran yang telah dilaksanakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tks brt bu infonya. Mantap

05 Jul
Balas

maksih bu Sri..salam

05 Jul

Keren bu

05 Jul
Balas

makasih bu..salam

05 Jul

makasih bu..salam

05 Jul

Mantap, semoga bermanfaat buat rekan-rekan guru

05 Jul
Balas

Makasih Pak..sukses selalu

05 Jul

Mantap Bun,,, trimaksih infonya

05 Jul
Balas

Makasih bu Antriyani...salam

05 Jul

Terima kadih paparannya

05 Jul
Balas

makasih kembali bu, salam

05 Jul



search

New Post