HARNIETI, M. Pd

HARNIETI, M. Pd, lahir 6 Agustus 1973 di Pilubang Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Ia menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMEAN Payakumbuh...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lejitkan Prestasi Lewat Literasi

Lejitkan Prestasi Lewat Literasi

LEJITKAN PRESTASI LEWAT LITERASI

Oleh: Harnieti, S.Pd., M. Pd

Kepala UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak

Menulis merupakan bagian dari literasi. Bagi saya secara pribadi, menulis pada awalnya adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Walaupun demikian, keinginan atau motivasi untuk bisa menulis tetap ada. Ketika membaca tulisan orang lain yang dimuat di media massa baik media cetak mau pun online, keinginan itu semakin kuat. Apalagi setelah mengetahui adanya guru yang berhasil menulis buku. Motivasi saya untuk belajar menulis semakin menggebu.

Setelah mendapatkan informasi dari seorang teman tentang pelatihan menulis yang diadakan MediaGuru Indonesia, saya mulai tertarik untuk belajar menulis. Saya memulai belajar menulis dengan mengikuti kegiatan MWC 11 Agam tahun 2018. Alhamdulillah setelah mengikuti kegiatan ini saya berhasil menulis buku pertama yang berjudul “Renungan Seorang Kepala Sekolah”.

Berbekal pengalaman mengikuti kegiatan MWC 11 Agam, maka saya menggagas terbentuknya Ikatan Guru Penulis dan Pegiat Literasi (IGPPL) di Lima Puluh Kota. Setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, maka pada bulan Februari 2019 terbentuklah LGPPL di Lima Puluh Kota. Saya terpilih sebagai ketua umum IGPPL Lima Puluh Kota sampai sekarang.

IGPPL Lima Puluh Kota telah beberapa kali menggelar kegiatan kelas menulis. Setiap kegiatan yang diadakan selalu diikuti oleh ratusan orang peserta. Berkat pelatihan yang kami fasilitasi, saat ini ratusan guru di Lima Puluh Kota telah berhasil menulis buku. Dalam melaksanakan Pelatihan kelas menulis kami bekerjasama dengan MediaGuru Indonesia, PGRI serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima puluh Kota. Buku-buku karya guru hasil pelatihan kelas menulis tersebut kami kumpulkan dan disumbangkan ke Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lima Puluh Kota.

Berbekal ilmu menulis yang didapat, setiap hari saya terus berlatih menulis. Saya percaya, bahwa menulis itu bukanlah sekadar hobi, tetapi keterampilan yang harus terus dilatih. Pada awalnya saya menuliskan tentang pengalaman sehari-hari. Selanjutnya saya mulai belajar menulis artikel popular dan berbagai jenis tulisan lainnya.

Tulisan demi tulisan berhasil saya buat. Kecintaan saya terhadap literasi terutama menulis semakin kuat. Saat ini saya telah berhasil menulis belasan judul buku. Bahkan sudah ratusan artikel saya diterbitkan di media massa, seperti harian Singgalang, Padang Ekspres maupun media online. Saya juga telah berhasil menuntaskan tantangan menulis 365 hari yang diadakan MediaGuru Indonesia.

Kemampuan menulis juga mengantarkan saya meraih berbagai prestasi. Tahun 2019 saya memeroleh penghargaan sebagai kepala sekolah kreatif dan inovatif dari Bupati Lima Puluh Kota. Saya juga meraih juara 2 (dua) penulis best practice tingkat provinsi Sumatera Barat pada tahun 2020 kemaren. Selain itu saat ini saya telah lolos untuk kenaikan pangkat dari IV.b ke IV.c. Selain itu saya juga mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pegiat literasi daerah dari MediaGuru Indonesia pada tahun 2019 dan 2021.

Saya juga telah beberapa kali diundang menjadi narasumber untuk kegiatan yang berkaitan dengan literasi. Tahun 2020 dan 2021 saya menjadi narasumber dalam TNGP yang diadakan MediaGuru Indonesia. Tahun 2021 saya juga menjadi narasumber nasional tentang Peran PDRI dalam menyelamatkan NKRI. Sementara menjadi narasumber dan berbagi kepada sesama guru pada tingkat kabupaten sudah sangat sering, baik tentang penulisan artikel, best practice, Penelitian Tindakan Kelas dan lain sebagainya.

Saat ini saya juga ditunjuk sebagai ketua Komunitas Laman Guru Menulis Lima Puluh Kota di Harian Padang Ekspres. Sebuah surat kabar daerah yang cukup terkenal di Sumatera Barat. Ada rasa bangga dengan semua yang saya raih saat ini. Kecintaan saya terhadap literasi berbuah manis. Literasi telah mengantarkan saya meraih berbagai prestasi. Semoga tulisan ini mampu menjadi motivasi dan menginspirasi pembaca untuk mencintai literasi.

BIODATA PENULIS

Nama : Harnieti, S. Pd., M. Pd

Tempat/Tanggal lahir : Pilubang/ 6 Agustus 1973

Jabatan : Kepala Sekolah

Instansi : UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak

Alamat Email : [email protected]

Nomor Whatsapp : 081374485809

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post