PENTINGNYA BERKOORDINASI
PENTINGNYA BERKOORDINASI
Oleh: Harnieti
Tentu saja kita sering mendengar kata ini, bahkan mungkin juga sering mengucapkannya. Tak jarang pula kita melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Apa itu kordinasi?, koordinasi adalah proses sinergi dan keseimbangan dari semua kegiatan dalam pekerjaan antara satu pihak dengan pihak lain, supaya tercapainya tujuan bersama. Atau dengan bahasa sederhananya dapat kita deskripsikan bahwa saling menjaga komunikasi yang baik dalam berbagai hal, antara satu orang dengan yang lainnya. Saling memahami tupoksi masing- masing, dan memiliki keiklasan dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut.
Koordinasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, apalagi dalam sebuah organisasi ataupun instansi. Apabila koordinasi dalam suatu organisasi berjalan dengan baik, maka bisa dipastikan organisasi tersebut akan berjalan dengan baik. Segala tujuan yang telah ditetapkan akan mudah terwujud dan hasilnya pun akan maksimal. Sebaliknya jika koordinasi tidak berjalan dengan baik, maka akan terjadi pula yang sebaliknya.
Manusia sebagai makluk sosial tidak bisa hidup sendiri. Kita pasti akan membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Pada hakikatnya manusia itu saling membutuhkan dan saling melengkapi. Dengan arti kata akan melibatkan orang lain dalam mencapai tujuan tertentu. Istilah koordinasi lebih dekat dengan organisasi. Sebab dalam organisasi akan melibatkan banyak orang yang secara bersama-sama bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Lebih jelasnya organisasi adalah sekumpulan manusia yang memiliki tujuan yang sama dan terdiri dari tiga unsur yang saling berhubungan yaitu: sekelompok manusia, kerjasama dan tujuan yang melandasi dari berdirinya sebuah organisasi tersebut.
Setiap organisasi yang baik akan memiliki visi, misi maupun tujuan. Ketiga hal tersebut ditetapkan secara bersama-sama secara interen dalam organisasi tersebut. Dalam mencapai visi, misi dan tujuan tersebut maka sangat dibutuhkan yang namanya koordinasi agar tidak terdapat ketimpangan-ketimpangan.
Untuk mewujudkan tujuan dari organisasi agar dapat tercapai secara maksimal, efektif dan efisien, maka dibutuhkan adanya koordinasi. Selain itu koordinasi dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih wewenang, kesimpangsiuran pendelegasian tugas dan lain sebagainya. Dalam hal koordinasi ini, maka sangat dibutuhkan kepiwaian dari seorang pimpinan. Bagaimana seorang pimpinan dalam suatu organisasi mampu memenej setiap anggotanya agar mampu bersinergis dalam mewujudkan tujuan bersama.
Koordinasi yang baik, akan menghasilkan kerjasama yang baik. Kerjasama yang baik akan memudahkan setiap urusan organisasi. Koordinasi yang baik akan sangat bermanfaat, diantaranya:1) Mudah dalam pendelegasian tugas, 2). Setiap masalah dapat diatasi secara bersama, 3). Mudah dalam mengontrol setiap hal, 4). Dapat menghindari kesalahpahaman (George.R. Terry, 1964)
Koordinasi dapat dibedakan atas beberapa bagian koordinasi interen dan kordinasi eksteren. Kordinasi interen adalah koordinasi yang dilakukan di dalam organisasi itu sendiri. Artinya tidak melibatkan pihak lain, sedangkan koordinasi eksternal adalah koordinasi yang dilakukan dengan pihak lain. Tentu saja pihak luar yang barangkali ada keterkaitannya dalam hal ini.. Selain itu juga kita kenal koordinasi vertical dan horizontal. Hal semacam ini bersifat dari atasan atau pimpinan ke pada bawahan, serta antar sesama anggota dengan garis koordinasi. Sedangkan yang dari atasan ke bawahan dengan garis komando. Tetapi yang terpenting dari semua itu adalah terjalinnya komuniaksi yang baik. Intinya , jika ingin tujuan tercapai dengan baik maka lakukanlah koordinasi dengan baik
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Keren,Bun, paparannya. Selalu menginspirasi. Koordinasi dan kolaborasi memang dapat menjadi cara yang tepat untuk keberhasilan dalam melaksanakan tugas.
makasih bu
mantul bu arikelnya. koordinasi yang berkolaborasi. sukses bu
makasih bu
mantap..bertul sekali,,tanpa koordinasi yag hasilnya gak maksimal..lanjutkan
makasih pak
Setuju, Bu. Keren. Semoga sukses selalu. Sudah saya follow juga, Ibu. Terima kasih sudah memfollow saya.
makasih bu
keren bun.... sudah saya follow ya...semoga sukses selalu...aamiin
makasih bu
Hebat.koordinasi kunci sukses buk kepsek
makasih unsay
Ulasan yang sangat menginspirasi dan memotivasi dalam berorganisasi harus ada koordinasi antar sesama. Keren sukses selalu bunda
makasih bu
makasih bu
Bagus bu
makasih bu