Hartinik

Guru di SMPN 1 Sluke. Pernah menjadi guru di daerah Ngapak. Sebuah daerah yang terkenal dengan pemandian air panas Guci. Kardinah, adeknya RA Kartini pernah me...

Selengkapnya
Navigasi Web
CITA CITA KU ADA 5

CITA CITA KU ADA 5

 

CITA-CITAKU ADA 5

Pagi, 10 Juni 2020

Sebelum subuh anak lelaki kecil berwajah putih imuth ini sudah bangun. Ternyata Ngompol, hehe. Langsung dia bergegas ke kamar mandi membersihkan badannya, sambil menangis karena merasa bersalah. Mamahnya cuma bisa memperhatikan dari tempat tidur karena sedang sakit. Tampak basah kuyup mukanya bekas mandi. Bergegas dia mendekap Mamahnya yang badannya masih hangat di atas tempat tidur.

"Maah, aku minta maaf yaa ... ngompol," ucap dia pelan. "Iya, nanti kalau mau tidur harus buang air kecil dulu yaa, berdoa minta sama Allah agar tidak ngompol lagi, okey ...," ucap Mamahnya sambil kedua tangan mereka tos.

Sayup terdengar azan subuh. Si Imuth ini komat kamit manjawab kumandang azan. Sebelum beranjak mengambil air wudhu, dia sempat bilang kepada Mamahnya, "Mah, gini lho cara sholat sambil tidur." Sambil mempraktekkan sholat posisi rebahan. Mamahnya memperhatikan sambil senyum-senyum. Mulai takbiratul ikhram (tangannya sedekap di atas dada). Saat mau rukuk, dia mulai bingung, "Apa gini yaa, Maah ... kalau rukuk?" ucap si imuth sambil kakinya diangkat ke atas, lututnya ditekuk, tangannya memegang kedua lututnya. "Ha ha ha ha ..., spontan Mamahnya tertawa tidak bisa ditahan. "Tidak seperti itu Adek, kakinya tetap selonjor aja. Tangan digerakkan semampunya. Sholatnya orang sakit itu semampunya. Yang terpenting harus melaksanakan sholat yaa, walaupun badan sedang sakit. Allah maha penyayang, memberi keringanan untuk hambanya yang sedang sakit," ucap Mamahnya sambil si imuth beranjak mengambil wudhu untuk sholat subuh. Mamahnya cukup menggosokkan telapak tangannya di tembok dan meniupnya kemudian mengusap muka sampai merata, dilanjut mengusap punggung telapak tangan kanan dg tangan kiri dan sebaliknya. Mengusap hanya sampai pergelangan tangan saja atau boleh sampai siku. Mamahnya sedang bertayammum.

Si Imuth ini memang nggemesin. Apalagi saat melihat dia sholat. Baru 6 th, tapi sudah berani jadi imam untuk kakak kakaknya yang terpaksa sholat di rumah karena pandemi. Suaranya lantang, dan jelas. Ternyata sudah sedari umur 3 tahun si imuth ini berani jadi imam. Aku yang sudah hampir dua tahun mengikuti keluarga Ini kadang malu, setua ini hafalan surat pendek yang paling aku hafal trikul (QulhuAllahuahad, Qul'audzubirobbilfalaq, Qul'audzubirabbinnas). Tapi anak imuth ini terkadang pada saat sholat melantunkan penggalan ayat Al Qur'an yang aku gak tau. Hmmmm. Ya Alloh mampukan hamba menghafal ayat-ayatMu lebih banyak lagi. Aamiin.

Selepas sholat subuh, si imuth tetap nemplok Mamahnya. Memang dia yang paling manja karena anak bontot (terakhir). Sambil memeluk Mamahnya, dia mulai ngomong, "Mah, aku punya cita-cita 5 ...lhoo." Mamahnya mulai senyum-senyum, bakalan lucu ini lanjutan obrolannya. "Apa aja?" Mamahnya menimpali. Jawab dia, "Ustadz, dokter, astronot, tukang bengkel, daaan, kokiiii ...," MasyaaAllah ... (agak tidak nyambung, ha ha ha).

Semoga si imuth yang ganteng ini bisa jadi dokter yang paham Islam dan sholih. Aamiin.

#edisiBelajarMenulis #PenulisPemula

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagoooos buLanjutkan

11 Jun
Balas

Makasiih bu Guru Cantik

11 Jun

Sip. Lanjut, Bu!

11 Jun
Balas

Makasiih Semangattnya Ibuuu

11 Jun

Siip Bu mantap lanjut tetep semangat ya salam sukses dan salam literasi

11 Jun
Balas

Salam semangatt bu

11 Jun

Mantap.Perlu dibenahi bentuk kata ulang yang dipakai, misalnya: cita-cita, komat-kamit.

11 Jun
Balas

Trimakasiiih Coach

11 Jun

Waaahhhh si kecil imuth Sholih skaliii... Semangat Bun ..

21 Jun
Balas

Semoga tetap Sholih buu, Aamiin.Thank's bu Guru cantik

22 Jun



search

New Post