Harul Erwanti Kustina

Lahir di Laweyan, Surakarta, 31 Maret 1967. Anak ketiga dari pasangan Madi Hartono dan Hartini. Menempuh pendidikan di Solo dr SD s.d. SMA. Meraih gelar sarjana...

Selengkapnya
Navigasi Web

RPP SATU LEMBAR ????

Sebagai prajurit tentu mematuhi perintah komandannya. Hal itu berlaku di kesatuan mana pun termasuk di Satuan Pendidikan. Satuan yang dikomandani oleh menteri pendidikan dan kebudayaan.

Belakangan ini sedang santer -santernya dibicarakan tentang rencana persiapan pembelajaran ( RPP) yang hanya satu lembar. Gagasan ini berasal dari mendikbud yang dilegalkan melalui surat edaran no 14 tajun 2019. Hal ini tentu saja membuat gaduh di lingkungan dunia pendidikan terutàma tenaga pendidik. Betapa tidak. ŔPP adalah cangkulnya tenaga pendidik.

Mulailah bermunculan tanggapan dan opini tentang jumlah lembaran RPP. Mungkinkah cuma satu lembar? Pada umumnya para tenaga pendidik juga merasa heran. Masak iya cuma satu lembar? Kalau ada gàmbar? Atau teks cerita ? Tidak mungkin cuma satu lembarkan?

Sebenarnya hal itu tidak perlu diributkan karena kalau kita membaca surat edaran itu secara keseluruhan maka akan dapat kita ketahui bahwa tidak ada aturan tertentu jumlah lembaran dalam RPP. Tidak ada bentuk pembakuan dalam menyusun RPP. Begitupun pengembangannya diserahkan pada tenaga pendidik sepenuhnya. Mengapa? Karena yang mengetahui kemampuan peserta didik adalah tenaga pendidik itu sendiri.

Hal yang wajib ada dalam RPP adalah tujuan pembelajaran , langkah- langkah pembelajaran, dan pènilaian hasil pembelajaran. Kità dimerdekakan untuk melengkapi RPP kita sesuai yang kita inginkan sesuai dengan keperluan dalam pengèmbangan pembelajaran. Mari kita memerdekakan sistem pembelajaran kita mulai dari sekarang. Demi prestasi dan kompetensi peserta didik kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post