Haryanto25

SMP Negeri 1 Kalibagor Bimbingan dan Konseling BK UNNES 2012 Berbuat Saja Titik ! ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berjuang Koma

Berjuang Koma

''Pecel Lele'' sangat hangat di indera kita akan kalimat dan bahkan visualisasi dari kata tersebut, iya dihampir setiap sudut kota kita dapat menemukan pedagang kaki lima yang berjualan pecel lele. Makanan kaki lima yang kerap dicari ketika perut memberikan isyarat yang menandakan perut butuh asupan makan. Rasanya yang gurih, enak, mudah didapat dan ramah dikantong sehingga hampir semua kalangan dapat menikmatinya setiap saat ketika mereka menginginkannya.

Saya sedang berandai-andai adakah kita dapat jumpai tulisan dengan bunyi "pecel salmon"?? Iya sangat mengganjal tentunya ditelinga kita atau bahkan akan sulit kita memvisualisasikan bagaimana pecel salmon bisa hadir menggantikan ketenaran pecel lele meskipun sama-sama ikan yang dapat dikonsumsi. Banyak pertimbangan tentunya mengapa hal ini terdengar mustahil. Ketersediaan salmon dan mahalnya salmon menjadi alasan utama dalam hal ini.

Dalam hidup tentu kita pernah mengumpamakan kehidupan makhluk lain untuk sekedar memotivasi atau sebagai pelajaran hidup. Penulis berusaha untuk melihat perbandingan dan perbedaan antara ikan lele dan salmon, baik dari segi fakta dan pelajaran apa yang bisa kita ambil dari dua jenis ikan tersebut.

Lele dengan kehidupan dengan air yang tenang dan hampir tanpa ancaman karena mengingat lele adalah jenis ikan yang banyak dibudidayakan oleh manusia, sementara itu salmon hidup di keadaan sebaliknya, melawan arus, banyak ancaman dan rintangan.

Dari segi nilai ekonomis lele lebih murah dari salmon, dari kandungan gizi nilai harga jual salmon dan dari kemudahan lele lebih mudah kita dapatkan karena ketersediaan dipasaran lebih banyak. Mengapa hal ini bisa terjadi? Semua makhluk akan mati, begitupun juga dengan keduanya salmon dengan habitat yang menantang dan daya juang hidup tinggi berpengaruh terhadap kandungan gizi, dan harga dari ikan salmon sendiri yang lebih mahal. Sementara lele dengan kehidupan yang nyaman dan tenang menjadikannya ikan incaran yang banyak dikonsumsi oleh semua khalayak ramai dengan pertimbangan harga yang murah. Semua makhluk hidup akan mati, tak terkecuali kedua jenis ikan ini, lalu apakah yang dapat kita ambil dari keduanya?

Apabila kita harus memilih diantara keduanya, lele dengan kualitas dibawah salmon, sehingga menjadikan manusia yang hanya ingin hidup dizona nyaman dan tidak menginginkan tantangan menjadikan manusia tersebut mempunyai kualitas yang biasa saja dan sangat mudah dijumpai, sedangkan salmon dengan kehidupan yang keras menandakan bahwa kita seperti manusia yang mempunyai kualitas dan nilai jual yang tinggi sehingga tidak sembarang orang memilih dan dapat menikmati salmon.

Dan apabila dua jenis ikan tersebut adalah kita, maka manakah yang lebih anda pilih? Menjadi lele yang berkualitas biasa saja dan dapat dicari oleh khalayak ramai atau salmon yang berkualitas tinggi dan tidak sembarang orang dapat menikmatinya.

Hidup lah dengan tenang dan nyaman apabila anda tergolong manusia yang menginginkan seperti lele. Hidup lah pantang menyerah dengan daya juang yang tinggi apabila anda tergolong manusia yang menginginkan seperti salmon.

Daya juang dan semangat akan menentukan kualitas anda. Mau jadi seperti lele atau salmon adalah bagaimana anda hidup dan menyikapi hidup.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus sekali, pak Har...!

18 Nov
Balas

Matursuwun pak edi

18 Nov



search

New Post