Haryati

Lahir 28 Oktober 1979, menikah 2005, punya anak 2. Belajar sepanjang Hayat dan Hidup Damai adalah motto hidup saya. Gapai Ridho Lilahita'ala...

Selengkapnya
Navigasi Web

Teknologi dalam Pembelajaran

KENIKMATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

Dalam pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di sekolah masih menghadapi masalah – masalah. Diantaranya adalah kurangnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan. Keberhasilah belajar ditentukan dan dipengaruhi oleh beberapa aspek. Salah satu aspek penentunya adalah guru.

Siswa akan memperoleh kepuasan belajar apabila telah melaksanakan pembelajaran yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan materi yang disampaikan kepada siswa dapat diterima dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan dapat dicapai dan ketrampilan yang mendorong siswa aktif untuk berfikir dan mampu memecahkan masalah, serta menguasai sejumlah ketrampilan.

Faktor yang menghambat keberhasilan seorang peserta didik di dalam pembelajaran adalah kejenuhan. Seorang peserta didik akan merasa jenuh apabila model atau cara mengajar seorang guru monoton atau tidak bervariasi. Mengapa demikian dan bagaimana solusinya? Bahwa seoarang siswa atau peserta didik membutuhkan suatu hal yang baru, karena dengan cara mengajar guru bervariasi siswa dapat belajar dengan maksimal, bahkan akan lebih mudah menerima penjelasan dari seorang guru. Disini guru harus terampil menggunakan variasi. Penggunaan variasi disini dimaksudkan agar peserta didik terhindar dari perasaan jenuh dan membosankan, yang menyebabkan perasaan malas menjadi muncul. Pengajaran sepantasnya tidak monoton, berulang-ulang dan menimbulkan rasa jengkel pada diri peserta didik. Karena itu ketrampilan menggunakan variasi adalah sangat penting bagi guru dalam upaya memelihara dan meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar yang lebih baik.

Mengadakan variasi belajar adalah menciptakan suatu yang baru dalam proses belajar mengajar, yang mengarahkan siswa, melibatkan siswa, sehingga sekolah tidaklah merasa sebagai beban yang berat, tetapi merasa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Pengertian penggunaan variasi merupakan ketrampilan guru di dalam menggunakan bermacam kemampuan untuk mewujudkan tujuan belajar peserta didik sekaligus mengatasi kebosanan dan menimbulkan minat, gairah, dan aktivitas belajar yang efektif. Tujuan penggunaan variasi dalam proses belajar mengajar adalah untuk mempertahankan kondisi optimal siswa.

Guru IPA sebagai ujung tombak proses pembelajaran IPA di sekolah pun sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh oleh guru-guru IPA jika menggunakan teknologi informasi untuk membantu pembelajaran IPA di kelas. Dan keuntungan utama yang dirasakan adalah meningkatnya kualitas pembelajaran IPA dan besarnya manfaat teknologi informasi dalam pembelajaran IPA.

Peran teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Pembelajaran pada dasarnya adalah proses komunikasi. Dalam berkomunikasi kadang terjadi kesenjangan, dimana pesan yang disampaikan oleh sumber tidak dapat diterima secara utuh oleh penerima pesan. Hal ini dirasakan betul oleh guru IPA yang melaksanakan pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi kesenjangan ini diperlukan media pembelajaran. Teknologi informasi sangat memudahkan guru dalam membuat dan memanfaatkan media pembelajaran, terutama media berbasis komputer dan internet. Berikut ini manfaat yang dirasakan guru-guru IPA dalam memanfaatkan media pembelajaran yang “berbau” teknologi informasi : mempermudah menjelaskan materi pelajaran yang sangat kecil seperti virus atau bakteri dengan bantuan laptop dan projektor, praktikum di laboratorium yang menggunakan bahan-bahan berbahaya dapat dilihat dalam bentuk simulasi komputer sehingga siswa tetap dapat belajar dalam suasana yang aman, juga membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif dan lebih bermakna bagi siswa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post