Haryenti

Hobbi menulisku tersalur berkat rajin membaca pada waktu kecil dulu. Dulu hobbi menulisku tersalur pada catatan diariku, tersalur pada mading sekolahku. Sekaran...

Selengkapnya
Navigasi Web
Amalan Menyongsong Hari Raya Idul Adha

Amalan Menyongsong Hari Raya Idul Adha

Tantangan Hari ke -159

#TantanganGurusiana

#Tantangan Menuju 365 Hari

10 Zulhijjah 1441 H tinggal beberapa hari lagi. Hari besar bagi umat Islam se-dunia, yaitu hari Raya Idul Adha atau yang lebih dikenal denga hari raya kurban dan lebaran Haji. Untuk tahun ini sesuai dengan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, hari Raya Idul Adha 2020 jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020.

Sebagai hari besar umat Islam, ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan, antara lain :

1. Puasa Sunnah mulai dari tanggal 1-10 Zulhijjah

2. Puasa sunnah Arafah 9 Zulhijjah bagi yang sedang tidak wukuf

3. Tidak makan atau minum (Puasa) dari terbit fajar sampai selesai shalat Idul Adha

4. Shalat Hari Raya Idul Adha secara berjamaah.

Hari raya Idul Adha sering dikenal dengan hari Raya Kurban. Dalam sejarah kita ketahui kisah teladan perintah Allah kepada nabi Ibrahim untuk menyemblih putranya Ismail. Ketika perintah ini dilaksanakan oleh nabi Ibrahim,sebagai bukti ketakwaannya kepada Allah, Allah mengganti putranya Ismail dengan seekor domba. Ha ini telah menjadi bukti bahwa Ibrahim dan Ismail adalah seorang ayah dan anak yang benar-benar memasrahkan keihklasan dan ketakwaan mereka kepada sang pencipta. Sehingga dia mendapatkan gelar dari Allah sebagai “Khalilullah” (kekasih Allah).

Dari kisah inilah sampai sekarang kegiatan penyemblihan hewan kurban disunatkan bagi umat Islam yang mempunyai kemampuan berkurban. Sungguh sebuah pahala yang besar dapat kita terima apabila kita sanggup melaksanakan kurban. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist, Rasulullah menggambarkan balasan orang yang berkurban, ''Tidak ada perbuatan yang paling disukai Allah pada Hari Raya Haji selain berkurban. Sesungguhnya orang yang berkurban akan datang pada hari kiamat dengan membawa tanduk, bulu, dan kuku binatang kurban itu. Dan sesungguhnya darah kurban yang mengalir itu akan lebih cepat sampai kepada Allah daripada (darah itu) jatuh ke bumi. Maka sucikanlah dirimu dengan berkurban.'' (HR Al-Tirmidzi dan Ibnu Majah). Allah A'lam

Semoga untuk tahun ini, Allah berikan rezeki kepada kita, sehingga kita mampu untuk berkurban. Tidak mampu seekor sapi, boleh seekor kambing. Tidak mampu seekor kambing boleh satu ekor sapi untuk 7 orang. Semoga dengan niat karena Allah Taala, pada tahun-tahun berikutnya kita bisa laksanakan amalan kurban ini.

Kemudian hari raya Idul Adha juga populer dengan sebutan lebaran haji. Karena pada saat itu seluruh umat Islam yang se-dunia sedang melaksanakan ibadah rukun Islam yang ke lima, yaitu melaksanakan ibadah haji ke Baitullah bagi yang mampu. Dengan menggunakan pakaian ihram serba putih, para jamaah haji melaksanakan rangkaian ibadah haji. Pakaian ihram melambangkan persamaan aqidah dimana tidak ada perbedaan diantara mereka, semuanya sederajat di sisi Allah.

Semoga gambar dibawah ini bisa memotivasi kita untuk berlomba-lomba dalam berkurban

Selamat hari raya Idul Adha 1441 H

Solok, 20 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah sangat bermamfaat sekali yen

20 Jul
Balas

Mksii ibuk

20 Jul

Alhamdulillah..Terimakasih ilmunya Yen

20 Jul
Balas

Sip bu eri

20 Jul

Sip bu eri

20 Jul

Insyaallah th ini ikut

20 Jul
Balas

alhmdulilah

20 Jul

sangat bermanfaat bun,keren banget bunda, salam sukses dan salam literasi

20 Jul
Balas

Alhamdulilah, maksii yaa,,salam kmbali

20 Jul

Alhamdulillah sangat bermanfat bucan

20 Jul
Balas

Mksiii bun

20 Jul



search

New Post