Haryenti

Hobbi menulisku tersalur berkat rajin membaca pada waktu kecil dulu. Dulu hobbi menulisku tersalur pada catatan diariku, tersalur pada mading sekolahku. Sekaran...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mulianya Melaksanakan Puasa Arafah

Mulianya Melaksanakan Puasa Arafah

Tantangan Hari ke -168

#TantanganGurusiana

#Tantangan Menuju 365 Hari

Besok Kamis 30 Juli 2020, bertepatan dengan 09 Zulhijjah 1441 H, adalah hari yang sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah, yang disebut dengan puasa Arafah. Puasa yang hanya dilakukan oleh umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji. Dan sebaliknya haram hukumnya bagi orang yang sedang melaksanakan ibadah haji. Pada hari itu seluruh jamaah haji melaksanakan ibadah wukuf di Padang Arafah.

Puasa Arafah adalah ibadah yang sangat luar biasa jika kita melaksanakannya. Karena puasa Arafah memiliki keutamaan yaitu akan dihapus dosa kita setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Sebagaimana dijelaskan oleh Hadits Rasulullah SAW, yang artinya : “ Dari Abu Qatadah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Puasa Arafah ( 9 Zulhijjah ) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.”(HR.Muslim)

Dan bagi orang yang melaksanakan puasa Arafah akan mendapatkan 10 kemuliaan yaitu :

1. Allah akan memberkahi hidupnya

2. Allah akan menambah hartanya

3. Allah akan menjamin kehidupan Rumah Tangganya

4. Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa yang telah berlalu

5. Allah akan melipatgandakan amal dan ibadahnya

6. Allah akan memudahkan kematiannya

7. Allah akan menerangi kuburnya selama alam barzah

8. Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar

9. Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan kedudukan di dunia

10. Allah akan menaikkan martabatnya

Jika ingin melaksanakan puasa Arafah besok hari, inilah niat puasanya , NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA’ALA, “Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah Ta’ala.

Semoga kita bisa melaksanakan ibadah sunnah ini besok hari, dan dibalas oleh Allah sesuai dengan janjiNya.

Aamiin Ya rabbal’Alamiin.

Solok, 29 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap yen

30 Jul
Balas

Siip buk pala

30 Jul

Mantap sekali bu Yen. Terima kasih telah berbagi ilmunya tentang keutamaan puasa Arafah. Sukses selalu bu yen.

29 Jul
Balas

Aamiin. Mksii pak

29 Jul

Insya Allah.

30 Jul
Balas

Aamiin bun

30 Jul



search

New Post