Hasan Anggoro

Aku bukan orang baik ...

Selengkapnya
Navigasi Web
APA ITU IMSAK ?
APA ITU IMSAK ?

APA ITU IMSAK ?

Imsak hanya dikenal di Asia Tenggara (khususnya Indonesia), kemungkinan yang membuat ajaran imsak ini berniat baik agar kita ada waktu untuk bersiap diri melaksanakan sholat dan mempersiapkan waktu terbitnya fajar.

Namun dia lupa bahwa Islam yg diajarkan Rasulullah Shalallahu'alaihi wa salam sudah sempurna sehingga tidak perlu ditambah atau dikurangi. Akibatnya pada hari ini banyak umat menganggap batas akhir makan sahur adalah Imsak sehingga menghilangkan ajaran Rasulullah Shallallahu'alaihi wa salam yang sesungguhnya.

.

Rasulullah Shallallahu'alaihi wa salam bersabda;

"Jika salah seorang dari kamu mendengar Adzan sedangkan ia masih memegang piring (makanan), maka janganlah ia meletakkannya hingga ia menyelesaikan hajatnya (makannya)." (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Hakim, dishahihkan oleh Adz Zahabi)

.

Ibnu Umar berkata,

"Alqamah bin Alatsah pernah bersama Rasulullah, kemudian datang bilal akan mengumandangkan adzan, kemudian Rasulullah Shallallahu'alaihi wa salam bersabda, 'Tunggu sebentar wahai bilal..!, Alqamah sedang makan sahur.'" (Hadist ini dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

.

KESIMPULAN: batas santap sahur adalah waktu FAJAR (saat adzan subuh/fajar), BUKAN IMSAK.

.

Allah Ta'ala berfirman:

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkanlah". (QS. Al Hasyr 59 : 7)

Wallahu a'lam, semoga bermanfaat..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post