Hayatul Fadli

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Moto : Hidup Sudah Diatur Dalam Big Master Plan Oleh Alla...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hayatul Fadli School
Hayatul Fadli School Berbasis Nasional dan Internasional

Hayatul Fadli School

Hayatul Fadli School

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PENGELOLA SEKOLAH

KEPALA SEKOLAH

Kepala Sekolah berfungsi sebagai Edukator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator (EMASLIM).

Kepala Sekolah selaku edukator bertugas melaksanakan proses pengajaran secara efektif dan efisien.

Kepala Sekolah selaku manajer mempunyai tugas :

Menyusun perencanaan Mengorganisasikan kegiatan Mengarahkan / mengendalikan kegiatan Mengkoordinasikan kegiatan Melaksanakan pengawasan Menentukan kebijaksanaan Mengadakan rapat mengambil keputusan Mengatur proses belajar mengajar Mengatur administrasi Katatausahaan, Kesiswaan, Ketenagaan, Sarana prasarana, Keuangan

Kepala Sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi :

Perencanaan Pengorganisasian Pengarahan dan pengendalian Pengkoordinasian Pengawasan Evaluasi Kurikulum Kesiswaan Ketatausahaan Ketenagaan Kantor Keuangan Perpustakaan Laboratorium Ruang keterampilan – kesenian Bimbingan konseling UKS OSIS Serbaguna Media pembelajaran Gudang 7K Sarana / prasarana dan perlengkapan lainnya

Kepala Sekolah selaku Supervisor bertugas menyelenggarakan supervisi mengenal :

Proses belajar mengajar Kegiatan bimbingan Kegiatan ekstrakulikuler Kegiatan kerja sama dengan masyarakat / instansi lain Kegiatan ketatausahaan Sarana dan prasarana Kegiatan OSIS Kegaitan 7K Perpustakaan Laboratorium Kantin / warung sekolah Koperasi sekolah Kehadiran guru, pegawai, dan siswa

WAKIL KEPALA SEKOLAH

Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sbb:

Penyusunan rencana, pembuatan program kegiatan dan program pelaksanaan Pengorganisasian Pengarahan Ketenagakerjaan Pengkoordinasian Pengawasan Penilaian Identifikasi dan pengumpulan data Pengembangan keunggulan Penyusunan laporan

URUSAN KURIKULUM

Menyusun dan menjabarkan Kalender Pendidikan Menyusun Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran Mengatur Penyusunan PRogram Pengajaran (Program Semester, Program Satuan Pelajaran, dan Persiapan Mengajar, Penjabaran dan Penyesuaian Kurikulum) Mengatur pelaksanaan program penilaian Kriteria Kenaikan Kelas, Kriteria Kelulusan dan Laporan Kemajuan Belajar Siswa serta pembagian Raport dan STTB Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar Mengatur Pengembangan MGMP dan Koordinator mata pelajaran Mengatur Mutasi Siswa Melaksanakan supervisi administrasi dan akademis Menyusun Laporan

URUSAN KESISWAAN

Mengatur pelaksanaan Bimbingan Konseling Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan) Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi: Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Paskibra Mengatur pelaksanaan Kurikuler dan Ekstra Kurikuler Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah Menyelenggarakan Cerdas Cermat, Olah Raga Prestasi Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa

URUSAN SARAN DAN PRASARANA

Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar Merencanakan program pengadaannya Mengatur pemanfaatan Sarana Prasarana Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian Mengatur pembakuannya Menyusun laporan

URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT

Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite dan peran komite Menyelenggarakan bakti social, karyawisata Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar seni) Menyusun laporan

GURU MATA PELAJARAN

Membuat Perangkat Pembelajaran Melaksanakan kegiatan pembelajaran Melaksanakan kegiatan Penilaian Proses Belajar, Ulangan Harian, Ulangan Umum, Ujian Akhir Melaksanakan analisis hasil ulangan harian Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan Mengisi daftar nilai siswa Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar Membuat alat pelajaran / alat peraga Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum Melaksanakan tugas tertentu di sekolah Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran Mengatur keberhasilan ruang kelas dan pratikum Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan perangkatnya

WALI KELAS

Pengelolaan kelas Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi : Denah tempat duduk siswa, Papan absensi siswa, Daftar pelajaran kelas, Daftar piket kelas,Buku absensi siswa, Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas, Tata tertib siswa, pembuatan statistik bulanan siswa Pengisian daftar kumpulan nilai (legger) Pembuatan catatan khusus tentang siswa Pencatatan mutasi siswa Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar Pembagian buku laporan hasil belajar

GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

Penyusunan program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam Kegiatan belajar Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai Mengadakan penilaian pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Menyusun Satatistik hasil penilaian B.K Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut Bimbingan dan Konseling Menyusun laporan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling

PUSTAKAWAN SEKOLAH

Perencanaan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronik Pengurusan pelayanan perpustakaan Perencanaan pengembangan perpustakaan Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku / bahan pustaka / media elektronika Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku / bahan pustaka / media elektronika Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat Penyimpanan buku perpustakaan / media elektronika Menyusun Tata tertib perpustakaan Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala

PENGELOLA LABORATORIUM

Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium Inventarisasi dan pengadministrasian peminjam alat-alat laboratorium Menyusun laporan pelaksanaan kagiatan laboratorium

KEPALA TATA USAHA

Penyusunan program kerja tata usaha sekolah Pengelolaan keuangan sekolah Pengurus administrasi ketenagaan dan siswa Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah Penyusunan administrasi perlengkapan Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketata usahaan secara berkala

Sekolah " Hayatul Fadli School " tersebut merupakan sekolah bernuansa Islami, berjenjang Pendidikan Madrasah Aliyah ( MA ). Serta berkarakter Insan Kamil. Dan juga berfikir secara Religius. Sekolah tersebut melahirkan penerus generasi Ulama, pejuang Islam, Mujahidin dan Mujahidah yang tidak pernah ada tersirat kata Lelah untuk menggapai Lillahi Ta'ala.

Visi :

1. Mengembangkan Instansi Pendidikan Berbasis Internasional.

2. Pertukaran Pelajar Go Internasional.

3. Melahirkan Qari dan Qari'ah Nasional dan Internasional.

4. Mewajibkan 2 Bahasa ; Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

5. Melahirkan Generasi Pencinta Al-Qur'an.

Misi :

1. Mengarahkan Peserta Didik Kepada Ketaqwaan.

2. Melahirkan Generasi Ulama.

3. Pendidik Berakhlak Mulia.

4. Menjaga Toleransi Beragama.

5. Melahirkan Generasi Rabbani.

Kurikulum : 2013

Tabel Struktur Kurikulum 2013

Dalam tabel struktur kurikulum bagi Madrasah Aliyah pengguna Kurikulum 2013 terdapat pengelompokkan mata pelajaran yang meliputi mata pelajaran Kelompok A, Kelompok B, dan Kelompok C. Kelompok mata pelajaran A dan B merupakan mata pelajaran wajib sedangkan Kelompok C merupakan kelompok mata pelajaran sesuai peminatan masing-masing

Yang termasuk dalam mata pelajaran Kelompok A antara lain:

Pendidikan Agama Islam, yang terdiri atas:

- Al Quran Hadis, dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas- Akidah Akhlak, dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas- Fikih, dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas- Sejarah Kebudayaan Islam, dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas Bahasa Indonesia, dengan 4 JTM untuk masing-masing kelas Bahasa Arab, dengan 4 JTM untuk kelas X, dan 2 JTM untuk masing-masing kelas XI dan XII Matematika, dengan 4 JTM untuk masing-masing kelas Sejarah Indonesia, dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas Bahasa Inggris, dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas Yang termasuk dalam mata pelajaran kelompok B, antara lain: Seni Budaya, , dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, dengan 3 JTM untuk masing-masing kelas Prakarya dan Kewirausahaan, dengan 2 JTM untuk masing-masing kelas Sedangkan untuk mata pelajaran kelompok C adalah sesuai dengan masing-masing pemintan. Peminatan Matematika dan Ilmu Alam Mapel peminatan untuk Matematika dan Ilmu Alam, meliputi: Matematika Biologi Fisika Kimia Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

Mapel untuk peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, meliputi:

Geografi Sejarah Sosiologi Ekonomi Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya Mata pelajaran untuk peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya meliputi: Bahasa dan Sastra Indonesia Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa dan Sastra Asing Lainnya Antropologi Peminatan Ilmu-Ilmu Keagamaan Mata pelajaran untuk peminatan Ilmu-Ilmu Keagamaan, meliputi: Tafsir - Ilmu Tafsir Hadis - Ilmu Hadis Fikih - Ilmu Fikih Ilmu Kalam Akhlak Bahasa Arab Demikianlah struktur kurikulum K13 untuk MA lengkap untuk masing-masing peminatan, baik untuk peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-Ilmu Sosial, Ilmu Bahasa dan Budaya, dan Ilmu-Ilmu Keagamaan.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post