HELLEN NOVIA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KEPINCUT NIHONGO Hari Ke-16 Tantangan Gurusiana

KEPINCUT NIHONGO Hari Ke-16 Tantangan Gurusiana

Kala itu liburan semester kuliah, saya memilih tetap berada di Padang ketimbang balik ke kampung halaman. Semangat saya untuk menambah ilmu waktu itu cukup tinggi. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Seorang kakak satu kos mengajak untuk kursus bahasa Jepang bareng. Saya tertarik dan menyetujui ajakan tersebut.

Kamipun mendaftarkan diri di sebuah lembaga kursus di kota Padang. Alhamdulillah. Kami diterima, hanya saja kami digabungkan ke kelas persiapan magang. Kami senang dapat kesempatan belajar. Sensei Miguel, instruktur asal Jepang, mengajar kami dengan sabar dan ramah. Dia dibantu oleh seorang asisten perempuan asal Indonesia.

Sensei Miguel mengajari kami beberapa ilmu dasar Nihongo (bahasa Jepang). Kami diajari memperkenalkan diri pertama kali bertemu dengan seseorang, contohnya Hajimemaste watashiwa Hellen Novia desu. Kami juga diajari sapaan seperti o’hayo gozaimasu (selamat pagi), konnichiwa (selamat siang), dan konbanwa (selamat malam). Selanjutnya, kami belajar yobi (hari), getsu/ tsuki (bulan), nen/ toshi (tahun) dan hi/ nichi (tanggal). Sensei Miguel juga mengajari kami menulis huruf hiragana dan katakana serta struktur kalimat.

Lima belas tahun sudah berlalu. Sampai detik ini pengetahuan tentang Nihongo cukup membantu ketika saya berhadapan dengan teman yang fasih menggunakan bahasa tersebut. Setidaknya saya tidak buta dengan bahasa asing yang satu ini. Selain itu, saya cukup mudah beradaptasi ketika bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa asing lainnya yang diajarkan kepada siswa di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Padang, tempat saya mengabdi.

Bagi saya tidak ada pengalaman yang sia-sia. Setiap pengalaman pasti ada gunanya, mungkin tidak dalam waktu dekat. Kadangkala pengalaman tersebut akan menjadi penyokong pengalaman lain di waktu yang berbeda. Bahkan menjadi sepihan-serpihan kecil yang membentuk kesuksesan.

Seperti apa takdir pengalaman belajar bahasa Jepang ini selanjutnya? Saya tidak tahu. Yang saya tahu, saya menikmati setiap pengalaman yang bertandang dalam kehidupan ini. Semenjak pandemi juga banyak pengalaman baru yang entah kapan akan bertemu di satu titik sebagai penyokong pengalaman lainnya. Salah satu diantaranya adalah Workshop Boneka Tangan Media Bercerita. Apakah pengalaman ini akan bertemu di satu titik dengan buku cerita anak yang saya rencanakan?

Sumber foto: koleksi pribadi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah. Allah yang telah memberikan jalan kebaikan tersebut ibu dan bapak.

19 Jul
Balas

Mantap bu Hellen, banyak pengalaman mengajarkan kita untuk berproses. Barakallah

19 Jul
Balas

Mantap bu. Pengalaman luar biasa

19 Jul
Balas

Keren bu... pengalaman luar biasa.

19 Jul
Balas



search

New Post