Meningkatkan keaktifan siswa dengan Berkelompok melalui Model
Dalam kegiatan pembelajaran guru dihadapkan dengan bebagai permasalahan.. terutama dalam membangkitkan motivasi siswa dalam memahami materi pembelajaran.Kadangkala ketika guru mau menelaskan materi ada siswa yang berbicara, tidur tiduran, menggangggu teman dan ada juga yang jahil melempar temannya dengan bola bola yang dibuatnya dari kertas. Waduh.. Bingung mau bagaimana lagi harus menghadapi siswa yang demikian. Kadangkala kita harud marah.. bersorak sehingga emosi kita sebagai manusja yang normal menjadi naik.Akhirnya jam efektif kita di kelas akan terlewat oleh ocehan ocehan yanf mungkin tanpa kita sadari terdterdapat kata kata yang agak kasar.
Oleh sebab itu sebagai guru yang terus melakukan intropeksi diri, kita harus mencari solusinya, tidak mungkin menyalahkan siswa, tidak mungkin menyalahkan sistem. Namun yang terus disalagkan adalah guru yang gak bisa menguasai kelas, guru yang gak mampu mengendalikan siswa, guru yang gak mampu menjawab permasalahannya, dan lain lain sebagainya.
Agar siswa dapat termotivasi aktif pembelajaran sebaiknya guru lebih banyak menggunakan metode berkelompok dengan menggunakan model pembelajaran dengan tekhnik tekhnik yang membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran.
Tekhnik pembelajaran yang penulis gunakan adalah dengan membentuk siswa belajar berkelompok, dengan materinya berasal dari pertanyaan siswa.
Perranyaan siswa diharapkan pertanyaan yang bersifat analisis karena pembelajaran dituntut untuk pembelajaran yang HOTS.
Pertanyaan tersebut di bagi dengan jumlah kelompok yang ada. Jika ada 8 kelompok maka setialp kelompok medapatkan 1 pertanyaan .Dan didiskusikan jawabannya dengan kelompok masing masing.
Setelah selesai jawaban maka masing masing kelompok mengunjungi kelompok lain untuk bertamu dengan sopan demi mendapatkan jawaban dari kelompok yang dikunjungi.
Jadi setset kelompok wajib bertamu keseluruh kelompok belajar. Baru dipresentasikan hasil dsikusi kelompok di depan kelas. Dan diambil kesimpulan bersama guru.
Penilaian dilakuka. Secara kelompok dan individu.
Praktek ini telah penulis lakukan dalam beberbeberapa kelas dan hasilnya sangat memuaskan terutama meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.
Semoga bermanfaat bagi guru guru yang ingin mengupgrade cara mengajarnya.
Wassalam
Helmiyanti, M. Pd. E
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Guru hebat....
Makasi uni.. baru belajar uni..
Maaf... saudaraku tulisan yang bagus ini akan lebih bermakna jika beberapa ketikan yang mungkin saking moodnya menulis..saudari jadi salah ketik...maaf yaa.. semoga kedepannya lebih berjaya