Hendra Trisandi

Hendra Trisandi, lahir di Selong pada tanggal 08 oktober 1974. Profesi sehari-hari sebagai Guru pada bidang Kemaritiman khususnya Ilmu-ilmu Pelaya...

Selengkapnya
Navigasi Web

Story of life 60 (Mengkaji Diri)

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-357

(Edisi Selasa, 5 Januari 2021)

Pertimbangan matang setiap kali ingin melangkah sejatinya demikian, namun terkadang seiring dengan kondisi waktu yang terbatas membuatnya tanpa pikir panjang dan segera diputuskan. Hasil terkadang menjadi target dan tujuan utama. Berhasil dan tidaknya urusan belakang. Demikianlah pola cara berpikir dan mengambil suatu tindakan. Ada kalanya bersifat urgen yang harus segera, ada pula yang memang perlu waktu yang tak sedikit untuk dapat segera diputuskan. Tergantung bagaimana menyikapinya. Resikonya pun harus dapat di pertanggung jawabkan dengan penuh keikhlasan.

Kesulitan konsentrasi membuat apa yang akan dilakukan sulit untuk dipikirkan, membuat pikiran tidak fokus pada sasaran yang akan dituju. Untuk itu di sinilah peran dari sebuah pengalaman sebagai suatu pembelajaran sehingga apa yang akan dikerjakan atau dilakukan ada sebagai pembanding yang tak perlu memakan waktu yang lama. Dengan pengalaman sisi- sisi permasalahan dapat di identifikasi dan sekaligus dapat memberikan orientasi bagaimana bisa melaksanakan apa yang akan dilakukan.

Alternatif baru pun terkadang bisa muncul dengan sendirinya karena pernah mengalami situasi yang sama atau hampir sama. Pengalaman di masa lalu dapat di implementasikan pendayagunaannya di masa sekarang sesuai dengan kebutuhan.

Pentingnya melakukan kolaborasi, bersosialisasi dan saling menghargai pendapat masing- masing memberikan nuansa spirit baik diri maupun orang lain dalam merencanakan, berbuat dan melanjutkan apa yang akan diperbuat demi kelancaran pelaksanaan suatu misi baik perorangan maupun secara bersama. Atasi ketegangan menuju suatu kedamaian, tiada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah karena semua adalah sejajar dan saling mengisi satu dengan lainnya. Mengatasi kekurangan dan berbagi dalam kelebihan yang masing- masing miliki. Hakekatnya adalah semua dalam posisi yang sama di dalam kebersamaan.

Energik dan kuat sangat dibutuhkan dalam melangkah untuk membangun dan mengembangkan apa yang menjadi sasaran kerja sekarang maupun yang akan datang. Ini berkaitan dengan spirit, motivasi dan semangat dalam menjalankan tugas yang akan diemban. Kesehatan fisik dan mental harus pada tingkat yang normal bahkan bisa lebih pada kondisi yang betul- betul prima. Kinerja yang baik tentu akan menghasilkan produk yang bagus. Dan pada akhirnya akan memberikan suatu kepuasan rasa yang tiada ternilai.

Trima kasih saya ucapkan, semoga ini memberikan spirit khusu bagi diri pribadi dan bagi teman- teman seluruhnya pada umumnya. Adakalanya keputusan harus segera diambil dan ada pula kalanya harus dipikirkan dengan matang sehinggga apa yang akan dicapai dapat memberikan kebaikan dan kepuasan bagi diri dan orang lain. Salam merdeka !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post