Hendra Trisandi

Hendra Trisandi, lahir di Selong pada tanggal 08 oktober 1974. Profesi sehari-hari sebagai Guru pada bidang Kemaritiman khususnya Ilmu-ilmu Pelaya...

Selengkapnya
Navigasi Web

Story of life 63 (Mengkaji Diri)

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-360

(Edisi Jumat, 8 Januari 2021)

Tidak lagi kehabisan ide- ide baru, begitulah kira- kira pada akhirnya yang dapat dirasakan. Setelah sekian lama berkecimpung dengan berbagai situasi dan kondisi dalam mengungkap seluk beluk menulis. Lain halnya pada waktu awal memulai, jika dihadapkan pada proses- proses mengaktulisasikan ide yang ada mengalami kesulitan bahkan hilang sama sekali bila akan di kembangkan menjadi sebuah tulisan. Kepekaan dalam melihat, mendengar terus terasah sehingga apapun yang di alami setiap saat akan menjadi sebuah ide dalam membuat suatu karya dalam menulis.

Urutkan dengan benar apa yang sudah ditangkap selama melihat dan mendengar sesuaikan dengan akhir daripada tujuan yang ingin disampaikan dalam tulisan. Luangkan waktu setelah itu untuk sekedar merangkum apa yang menjadi sasaran dalam penulisan agar dapat tersimpan dan mudah untuk diubah ataupun diperbaiki dalam mengembangkan karya tulisan nantinya.

Memiliki prinsip dalam diri, misalnya dalam hal menggunakan dan konsekuensi diri dalam memanfaat waktu setiap hari sebagai dasar yang kuat dalam melatih kedisiplinan dalam membuat suatu karya seperti halnya menulis berbbagai topik atau tema dalam menulis. Kalaupun tidak monoton duduk terdiam berkonsenterasi namun akan bisa terbentuk dengan sendirinya dalam diri apa yang akan diambil sebagai topik seiring waktu berjalan.

Budaya lama yang tak lagi dibutuhkan dan tidak lagi trendi mungkin dapat disesuaikan dengan apa yang sesuai di waktu sekarang sehingga suatu karya dapat menarik untuk disajikan.

Membidik masa depan di masa sekarang tentulah membutuhkan proses yang memerlukan ide atau gagasan bagaimana agar meraih tujuan yang di inginkan, memiliki prinsip dan konsenterasi dalam menghadapi segala tantangan dalam perjalanan menempuhnya. Semuanya memerlukan perubahan emosional yang positif. Demikianlah sedikit apa yang dapat saya uraikan dan ungkapan sejarah menulis dari saat memulai dengan kebingungan sampai sekarang dengan santai dan tidak menyita waktu lama untuk mengubah cerita pengalaman menjadi sebuah karya tulisan terlebih dalam memenuhi tantangan 365 hari menulis tanpa henti. Terima kasih dan salam merdeka !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post