Hendrawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Donat si Bungsu
Foto : Istimewa

Donat si Bungsu

Minggu sore ini aku dan si bungsu melakukan kegiatan bersama di dapur. Kegiatan yang kami lakukan sehubungan tugas mata pelajaran IPA kelas 9 yang bertajuk “Bioteknologi”. Bioteknologi adalah suatu teknik yang menggunakan makhluk hidup atau bagian tubuh makhluk hidup (agen biologis) untuk mendapatkan suatu produk/jasa. Untuk kegiatan ini kami memilih untuk membuat donat karena merupakan cemilan yang disukai si bungsu.

Dalam tulisan ini, saya akan membagikan resep yang tadi kami eksekusi. Bisa jadi resep ini berbeda dari yang biasa pembaca buat, namun ini merupakan resep yang cukup sederhana dengan ongkos biaya yang irit.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah :

1. ½ kg tepung terigu

2. 2 sdm gula pasir

3. 1 bungkus fermifan (ragi instan)

4. ½ sdm SP (emulsifier)

5. 2 sdm margarin

6. 250 ml air

7. ¼ sdt garam (secukupnya)

8. ½ kg minyak goreng

9. Meses (pelengkap)

10. Margarin untuk mengoles secukupnya

Cara membuatnya :

1. Campurkan tepung, gula, ragi, SP, margarin dan garam, kemudian diaduk rata menggunakan spatula.

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan spatula, dan selanjutnya diuleni menggunakan tangan.

3. Setelah bahan tercampur rata, tutup dengan kain kemudian diamkan 10 menit.

4. Adonan diuleni kembali untuk mengeluarkan udara yang terdapat di dalamnya.

5. Bagi adonan (boleh ditimbang) menjadi beberapa bagian dan dibentuk bulat serta sedikit dipipihkan kemudian buat lubang di bagian tengahnya.

6. Diamkan kembali adonan selama 30 menit.

7. Goreng dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan.

8. Dinginkan, kemudian dioles dengan margarin dan ditaburi meses coklat.

9. Donat siap dinikmati.

Alhamdulillah, donat yang kami buat sukses dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Perut kenyang dan tugas mata pelajaran IPA si bungsu juga selesai. Bagi pembaca yang ingin mencoba resep ini, semoga berhasil.

***

Rumahku

Ahad, 05-02-2023

#36

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pasti enak donat buatan unsay

09 Feb
Balas



search

New Post