Hendrawensi.S.Pd

Saya guru UPTD SMPN 2 Kec. Suliki dan MTsN 2 Lima Puluh Kota, pertama kali saya bergabung dengan gurusina, bulan November 2018...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer

Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer

#Tantanga Hari Ke-41

Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer

Sahabat guru...dengan administrasi yang banyak tentu sahabat memiliki printer dirumah dengan bermacam merk. Pernah kah sabahat memiliki masalah dengan cartridge printnya....? misalnya ketika diprint hasilnya putus-putus atau bergaris-garis. Nah sahabat, saya punya solusi untuk memperbaiki cartridge printer yang bermasalah. Biasanya kita sebagai guru, printer hanya dipakai pada waktu-waktu tertentu saja, misalnya awal semester atau membuat dupak tahunan. Jika printer sudah lama tidak dipakai maka tinta dalam cartridge printer akan mengering sehingga ketika kita menambah tinta maka tidak akan keluar. Saya membeli printer yang paling murah (oh..iya printer yang saya gunakan bermerek HP ), tetapi tahannya lama dan mudah untuk memperbaikinya. Jika cartridge printer kita beli maka harganya tidak akan jauh beda dengan harga beli printer baru, sayangkan buang-buang uang jika kita bisa memperbaiki cartridgenya. Saya mempunyai printer yang bertahan selama 10 tahun yang hanya sekali ganti cartridge.

Langkah-langkah memperbaiki cartridge printer

1. Buka bagian atas penutup cartridge printer dengan cara mencongkelnya bisa menggunakan sejenis alat tipis seperti pisau yang agak besar, karena membukanya memang agak sulit. Hati-hati jangan sampai cartridge printer patah.

2. Setelah terbuka keluarkan busa yang ada didalam cartridge. Kemudian rendam cartridge printer dengan air panas mendidih agar tinta yang membeku didalam cartridge printer bisa mencair. Lakukan kira-kira dua kali perendaman.

3. Setelah selesai direndam keringkan cartridge printer dengan dengan tissu.

4. Pasang kembali busa pada cartridge printer. Biasanya busa cartridge printer tidak saya rendam karena yang bermasalah itu tinta yang melekat pada bagian bawah cartridgenya bukan pada busanya.

5. Tutup kembali tank (bak) cartridge printer jangan lupa suntikan tintanya seperti biasa. Penutup cartridge printer saya pasang kembali tanpa mengunakan lem, karena bisa diletakkan penutupnya tanpa harus di lem.

Selesai dech...cara memperbaiki cartridge printer yang bermasalah berdasarkan pengalaman saya. Jika merk printernya sama boleh dicoba. Tapi jika ragu jangan, karena bisa beresiko cartridge printernya tambah rusak.

Limbanang, 5 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trims..infonya

05 Jul
Balas

Sama2 buket

06 Jul

Selama ini saya bawa ke service saja. Terima kasih sudah berbagi Bu.

07 Jul
Balas

Terimakasih Bu. Salam literasi

05 Jul
Balas

Salam literasi bu

06 Jul

Terima kasih tutorial, sangat bermanfaat

05 Jul
Balas

Sama2 uni

06 Jul

Terima kasih, bisa di coba. Salam literasi.

05 Jul
Balas

Salam literasi juga bu

05 Jul

makin inspiratif, semoga makin sukses teman gurusianer

05 Jul
Balas

Makasih pak

05 Jul

Terima kasih tips pak Hendra

05 Jul
Balas

TOP bangeet...tq wen

05 Jul
Balas

Makasih ilmunya bu.

05 Jul
Balas

Sama2 bu

05 Jul



search

New Post