Hendri Hidayat,S.Ag.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

LITERASI SUPLEMEN UNTUK MERAIH PRESTASI HAKIKI

LITERASI SUPLEMEN UNTUK MERAIH PRESTASI YANG HAKIKI

Oleh : Hendri Hidayat

Turunnya Alqur’an Kepada Nabi Muhammad di gua Hira’ pertama kali adalah surat Al Alaq ayat 1-5 yang memerintahkan untuk membaca. Membaca sangat penting dalam kehidupan seorang manusia. Membaca merupakan jendela ilmu pengetahuan yang membuka cakrawala pemikiran manusia untuk menemukan kebenaran yang bermanfaat untuk kehidupan di dunia menuju akhirat.

Dengan membaca akan mengalir suatu aksi tindakan manusia yang lain untuk menjaga apa yang dibaca yaitu aktivitas menulis. Bentuk Kegiatan membaca dan menulis inilah yang terangkum dalam kegiatan literasi.

Literasi Itu Penting

Budaya literasi setelah hadirnya Islam erat kaitannya dengan usaha yang dilakukan Rasulullah dari tidak pandai tulis baca , dengan perjuangan dan amanah yang dibebankan kepada Nabi Muhammad pantas Rasulullah dikatakan sebagai tokoh literasi dunia. Rasulullah sangat mementingkan literasisehingga ketika Rasulullah dengan bijaknya memperlakukan tawanan perang tidak dibunuh tapi diberdayakankan untuk literasi yaitu mengajar baca tulis kepada kaum muslimin.

Setelah itu bermunculanlah tokoh literasi sepert Hafsah putri Umar Bin Khattab Isteri Rasulullah, Abu Bakar Siddik Khalifah yang pertama kali menganjurkan untuk membukukan Alqur’an. Kejayaan literasi Dinasti Abassyiah dengan hadirnya Pustaka Baitul Hikmah yang menjadi acuan referensi intelektual dunia. Masa Bani Umayyah dengan tokoh literasi mendirikan Perpustakaan Kordova dan kecemerlangan literasi Shalahuddin Al Ayyubi yang sangat terkenal di dunia.

Suatu kebanggaan dan menjadi penyemangat atau suplemen bagi kita saat ini diberi peluang untuk memanfaatkan potensi diri dengan melanjutkan perjuangan literasi yang dicetus oleh Rasulullah SAW.

Perlukah Suatu Prestasi

Prestasi adalah suatu bentuk capaian atau hasil dari sebuah perjuangan yang dilakukan oleh seseorang. Rangkaian prestasi yang diperoleh akan menjadikan seseorang semakin bersahaja,percaya diri dan akan menjadi motivasi serta sejarah perjalanan hidup yang akan dikenang generasi mendatang selagi dunia ini masih terkembang.

Didalam Alqur’an surat At Tin ayat 4 digambarkan dengan indah bahwa manusia diciptakan adalah sebaik-baik bentuk yang menjadikan kita unggul dari makhluk Allah yang lain baik itu Malaikat , Jin dan Syetan. Anugerah itu harus kita manfaat dengan sebaik-baiknya dengan menorehkan tinta emas prestasi dunia menuju prestasi akhirat yang hakiki. Selaras sekali dengan mengutip kata-kata bijak Khalil Gibran seorang penyair terkenal dari Libanon “ Arti penting manusia bukan terletak pada apa yang dia peroleh melainkan apa yang sangat ia rindukan untuk diraih”.

Semua bentuk prestasi yang kita peroleh di dunia akan paripurna jika kita mampu menyerahkan literasi kita dengan bangga kepada Sang Khalik di yaumil Akhir dengan tangan kanan yang akan dihargai dengan piala syurga oleh Allah SWT. itulah sebenarnya prestasi yang hakiki.

Literasi Suplemen Untuk Mencapai Prestasi Yang Hakiki

Kalau kita ingin mempersembahkan prestasi yang hakiki di hadapan Allah SWT.di yaumil akhir nanti dengan penyerahan literasi tentang diri kita dengan tangan kanan salah satu sisi yang bisa dimanfaatkan dari potensi diri yang kita miliki di dunia adalah dengan melalui kegiatan literasi yang kita laksanakan di dunia.

Selain literasi adalah termasuk salah satu yang diperjuangkan oleh Rasulullah dengan literasi juga sebagai suatu bentuk kita untuk menggali kebenaran yang hakiki dalam yang terkandung Alqur’an dan Hadist Rasulullah . Hal itu akan menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Apapun bentuk kegiatan literasi yang kita lakukan, baik dalam bentuk bacaan, tulisan yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri dan orang banyak secara otomatis akan menjadikan literasi akhirat kita juga akan semakin baik.

Di dunia manusia menghargai dengan pujian, piagam piala dan hadiah materi bahkan dengan literasi kita bisa mengenal dunia dan seisinya dan dengan literasi juga kita bisa dikenal dunia seperti Buya Hamka, Bung Hatta terkenal di dunia dengan literasinya.

Literasi suatu suplemen untuk bisa mempersembahkan prestasi yang hakiki di yaumil Akhir. Jangan pernah berhenti dengan literasi sebelum kesempatan hidup itu diambil oleh Sang Pencipta Allah SWT.Hadirkan literasi dunia yang terbaik untuk diri kita dan orang-orang di sekililing kita .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

04 Sep
Balas

syukron ustdzh.salam literasi

04 Sep

Literasi hakiki bagian dari catatan amal sendiri. Mantap tulisannya ustaz

04 Sep
Balas

Syukron ustdzh,..

04 Sep

Alhamdulillah

04 Sep
Balas



search

New Post