Hendro Kuncoro

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sederhana Namun Berdaya Guna

Sederhana Namun Berdaya Guna

# Tantangan hari ke -19

#tantanganGurusiana

Kemajuan Tehnologi Informatika telah membawa perubahan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. kemajuan ini menjadikan semua yang dilakukan manusia menjadi lebih mudah penyusunan dan prosesnya dengan hasil yang sangat bisa diharapkan. Tehnologi menjadikan semua yang dilakukan manusia menjadi serba cepat dan mudah dalam menerapkan dan menyelesaikannya.

SMA Negeri Membalong sebagai sebuah sekolah yang berada di pelosok jauh dari pusat kota, tak ketinggalan terkena imbas dari kemajuan tehnologi digital. Dengan segala keterbatasan mencoba untuk dapat sejajar dengan sekolah sekolah yang sudah maju dan mudah dalam mengakses kemajuan tehnologi digital terutama yang berlokasi diperkotaan. Dengan tehnologi semua bisa diatasi.

Mencoba memanfaatkan tehnologi sederhana untuk membantu proses belajar mengajar, selain untuk penilaian dan pembelajaran online, SMAN 1 Membalong mencoba untuk memanfaatkannya dalam hal merapikan absen kehadiran siswa disekolah. Walaupun mungkin sudah bukan barang baru untuk sekolah sekolah yang maju, namun bagi SMAN 1 Membalong ini adalah terobosan baru dalam pesatnya dunia digital.

Sebelumnya , absensi dilakukan berbarengan dengan pelaksanaan apel pagi yang dilaksanakan setiap pukul 06.50 WIB, ada sekitar 10 menit untuk apel sebagai sarana pemyampaian informasi terkait KBM maupun informasi penting lainya serta yang paling pokok adalah membiasakan siswa untuk disiplin. Absensi dilakukan oleh pengurus OSIS yang dijadwal bergantian dengan dibagi menjadi tiga sesuai jenjang kelas yang ada. Absen dilakukan dengan menggunakan kertas absen dengan isian kehadirannya. Setelah selesai absen diserahkan kepada kesiswaan atau guru piket nantinya dilakukan validasi oleh kesiswaaan atau guru piket yang ada.

Namun karena tidak berjalannya pelaksanaan guru piket maka semua rekapan ada ditangan kesiswaan, baru nanti kesiswaan melaporkan kepada setiap wali kelas jika ada siswanya yang mungkin sering tidak hadir, sering telat atau sakit yang lama. Baru setelah itu wali kelas melakukan tindakan penangangan yang bisa dilakukan seperti biasanya. Sistem ini sangat lambat dan tidak bisa berjalan dengan baik karena butuh waktu dan tidak semua bisa selesai rekapnya dalam waktu yang cepat, sehingga banyak yang belum bisa ditindaklanjuti hasil absensi siswa yang sudah ada.

Sebuah terobosan yang sangat membantu semua permasalahan terkait absensi siswa, yaitu mencoba memanfaatkan aplikasi sederhana absen online siswa, dulu absen dilakukan dengan kertas , yang kadang terselip ilang, sehingga data yang ada tidak bisa sempurna, namun sekarang dengan hanya menggunakan smartphone absensi siswa bisa dengan cepat, tepat dan efektif dilakukan.

Prosesnya sama, hanya caranya yang berbeda, dengan absen online ini data tentang kehadiran bisa langsung terekap dalam form yang ada, dan langsung bisa dilihat progesnya oleh wali kelas hanya dengan membuka link yang sudah diberikan, sehingga masing - masing wali kelas bisa langsung tahu kehadiran anggota kelasnya.

Dengan cepat wali kelas bisa mengambil tindakan pembinaan atau penindakan tanpa harus menunggu rekapan kesiswaan yang memakan waktu lama, sehingga siswa yang sering bolos atau sakit atau sering telat bisa langsung ditangani.

Sangat besar manfaat yang didapatkan dari penerapan aplikasi online ini, tehnologi akan jadi sebuah hal yang biasa saja saat kita tidak bisa memanfaatkanhya namun jika kita mau dan terus berupaya belajar menerapkan , memanfaatkan tehnologi itu Walaupun Sederhana Namun Akan Berdaya Guna...

Tanjungpandan , 20022020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siap bu...

22 Feb
Balas



search

New Post