Heni Riswanti

Biografi Aku adalah seorang guru Bahasa Indonesia, di sebuah sekolah negeri di Bogor, Jawa Barat. Mengapa guru Bahasa Indonesia? Berawal pengetah...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kolaborasi Ujian Praktik

Bulan Februari sampai pertengahan Maret adalah masa-masa sibuk bagi anak-anak kelas XII.

Di bulan itu mereka harus melaksanakan ujian praktik di tengah-tengah pembelajaran, kegiatan tryout, maupun pembahasan materi ujian nasional.

Untuk anak jurusan IPA, mata pelajaran yang diujipraktikkan lumayan banyak. Seperti, mata pelajaran Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kesenian, Pendidikan Jasmani, Fisika, Biologi, Kimia, maupun Bahasa Sunda dan Kewirausahaan.

Sedangkan untuk jurusan IPS lebih sedikit. Mata pelajarannya adalah Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, kesenian, penjas, Bahasa sunda, dan Kewirausahaan.

Dengan banyaknya ujian praktik itu tentu sangat memforsir tenaga dan pikiran anak- anak.

Karena kondisi itu, kami guru-guru pengampu mata pelajaran yang diujipraktikkan, dua tahun lalu berinisiatif untuk berkolaborasi, agar beban anak-anak berkurang. Kegiatan anak IPA dan IPS sama.

Program kami waktu itu terbilang berhasil menyenangkan semua. Anak-anak senang, guru pun gembira.

Program kami waktu itu adalah dengan membuat tanaman hidroponik. Program awalnya dari mata pelajaran Biologi. Kemudian dari Kimia, adalah mengambil materi untuk menjelaskan proses kimiawi yang terjadi. Fisika, cara kerja air, karena media tanam sesuai dengan desain yang dibuat peserta didik

Desainnya merupakan dasar penilaian mata pelajaran Kesenian. Untuk kewirausahaan dapat menilai mengenai manajemen dan mempropagandakan nilai jual dari media tanam maupun hasil tanaman hidroponiknya. Sedangkan mata pelajaran Bahasa Indonesia menilai presentasi dan karya tulis yang dibuat.

Tanaman hidroponik itu dipersiapkan satu bulan sebelum diujikan. Di sore hari,setelah mereka selesai belajar. Program ini dikerjakan secara kelompok. Penilaian dilakukan pada saat anak mempresentasikan hasil pekerjaannya dan dilakukan wawancara.

Kegiatan itu dapat terlaksana baik untuk anak IPA maupun anak IPS, karena kebetulan mata pelajaran lintas anak IPS adalah mata pelajaran Biologi.

Penilaiannya disesuaikan dengan jurusan. Untuk anak IPA bisa semua pelajaran yang berkolaborasi, sedangkan untuk anak IPS tidak ada pengambilan penilaian untuk Fisika dan Kimia.

Bagaimana dengan ujian praktik dua tahun terakhir? Sayang sekolah kami tidak bisa melaksanakan secara serentak seperti waktu itu, karena pembagian tugas mengajar untuk mata pelajaran Kesenian dan lintas minat tidak seperti dulu. Sedangkan untuk tahun ini, ada beberapa mata pelajaran yang bisa berkolaborasi, bisa melaksanakan ujian praktik dengan berkolaborasi.

Kami masih mimpi, ke depan bisa dilaksanakan lagi ujian praktik kolaborasi ini, karena terasa bahwa ini lebih meringankan peserta didik. Semoga

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif, Insya Allah.mau nyoba juga

08 Mar
Balas

Jaga kondisi agar tetap fit. Sip. Salam kenal bu

08 Mar
Balas

Ya, pak. Salam kenal kembsli

08 Mar

Inspiratif bangeett..terimakasih Bu ilmunya. Salam

08 Mar
Balas

Iya, makanya kita tidak kolaborasi

08 Mar
Balas

Iya, makanya kita tidak kolaborasi

08 Mar
Balas

Seru juga kalau Bisa dikolaborasi dengan bahasa inggris Bu. Cuma kalo dikerjakan secara group, saat presentasi perorang akan banyak yg sama, jadi kurang obyektif untuk kolaborasi dengan bahasa inggris Sukses Bu Heni

08 Mar
Balas

Seru juga kalau Bisa dikolaborasi dengan bahasa inggris Bu. Cuma kalo dikerjakan secara group, saat presentasi perorang akan banyak yg sama, jadi kurang obyektif untuk kolaborasi dengan bahasa inggris Sukses Bu Heni

08 Mar
Balas



search

New Post