Heni Yulita. M.Pd

guru yg lagi belajar menulis karena merasa punya banyak cerita yg bisa di tulis tapi selalu gagap kalo udah ngetik di keyboard. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Portable Water Filter

Portable Water Filter

Membaca judulnya mungkin anda akan berharap menemukan gambar benda canggih lengkap dengan operator elektroniknya, tapi kali ini mungkin tidak seperti itu.

Anda merasa tertipu atau mengira saya salah mengupload gambar??

Tentu tidak, judul tersebut memang saya tujukan untuk gambar yang saya pasang.

Pada gambar anda menemukan sebuah penyaring air yang terbuat dari botol minuman mineral bekas lengkap dengan bahan-bahan penyaring yang tersusun di dalamnya. Namun mengapa saya menyebutnya sebagai portable water filter, karena memang sesuai ukurannya yang kecil dan mudah dibawa. Jadi sudah ya, kita berdamai saja dengan judul tersebut, anggap saja biar terlihat keren begitu... heheh.

Nah bagian yang paling penting adalah bagaimana penyaring air ini bisa terlahir di kelas kami. Penyaring air ini adalah hasil karya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lhokseumawe pada mata pelajaran Prakarya. Pada materi ini siswa mempelajari tentang teknologi penjernihan air. Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk membuat sebuah alat penyaring air dari bahan alami. Penyaring air seperti ini mungki sudah sering ditemukan, bahkan mungkin waktu saya masih SD dulunya. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini banyak siswa yang sudah tidak lagi benda-benda "canggih" pada jamannya ini.

Nah berarti saya mundur ke peradapan sebelumnya dong!! Tidak seperti itu juga, selain membuat model penyaringan air, yang paling penting dari materi ini adalah mengajar konsep menyaring itu sendiri. Bahwa alat penyaring canggih yang mereka tahu saat ini semua berasal dari konsep penyaringan yang sedang mereka kerjakan ini.

Konsep penyaringan materi apapun, pada dasarnya adalah pemisahan campuran perbedaan besar ukuran zat. Model penyaringan yang mereka buat ini setidaknya menjelaskan bahwa partikel-partikel yang terlarut dalam air kotor bisa secara alami dipisahkan dalam proses penyaringan ini sehingga yang dihasilkan air bersih yang tanpa kotoran. Bahan-bahan digunakan juga adalah bahan bekas dan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan dilingkungan sekitar. Selain mudah didapat, pembuatan penyaring air ini juga bisa memanfaatkan limbah botol plastik.

Keuntungan lain yang bisa didapat adalah saringan air ini bisa dibuat dimana saja, misalnya saat kalian membutuhkan air bersih saat berkemah atau sedang berada jauh dari pemukinan tempat tinggal penduduk.

Bagi yang masih penasaran dan ingin merasakan sensasinya "Portable water filter" ini, berikut alat, bahan dan prosedur pembuatannya ... so check this out!!

Alat : cutter

Bahan :

Botol minuman mineral bekas ukuran 1,5 liter (bisa juga di ganti dengan ukuran 600 ml) kapas/kain arang ijuk batu kerikil batu ukuran sedang

cara kerja

Potong botol minuman menjadi dua bagian , menjadi bagian A dan B dengan perbandingan ukuran 1:3. Bagian A adalah bagian bawah botol sebagai penampung air hasil saringan dan bagian B adalah bagian atas botol untuk mengisi material penyaring air . Pengisian material penyaring air dilakukan pada Bagian B, dengan membalik posisi botol sehingga mulut botol berada di bawah. Lepaskan tutup dan mulai susun material penyaring, dengan posisi dari paling bawah hingga paling atas seperti pada gambar di bawah ini satukan bagian A dan B saringan air siap digunakan selamat mencoba

Best moment dari kegiatan ini adalah saat wajah-wajah tegang itu menjadi lega dan akhirnya bersorak saat model yang mereka buat bisa berhasil digunakan dengan sukses. Kalo saya tidak sedikit menahan gaya karna sedang megang kamera, mungkin juga akan ikut teriak karna senang nya.

Mudah-mudahan apa yang dilakukan siswa hari ini bisa membekas dan menjadi inspirasi bagi mereka untuk menjadi investor teknologi masa depan.

Salam

Heni- Lhokseumawe -1602019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post