heny retna anggraeny

Heny Retna Anggraeny, lahir di Malang, 10 November 1990. Guru MTs Negeri 2 Jember, Menulis adalah Cita-cita yang baru terealisasi dan semoga termasuk generasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGGALI POTENSI DAN AKTUALISASI DIRI SISWA MTsN 2 JEMBER MELALUI LDK OSIM-MPK 20232024

MENGGALI POTENSI DAN AKTUALISASI DIRI SISWA MTsN 2 JEMBER MELALUI LDK OSIM-MPK 20232024

MENGGALI POTENSI DAN AKTUALISASI DIRI SISWA MTsN 2 JEMBER MELALUI LDK OSIM-MPK 2023/2024

Jember- Upaya menggali potensi MTsN 2 Jember atau Martsanda yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) melalui LDK bertema “Implementasi Etika berkomunikasi, pengembangn kepemimpinan, dan kerja sama tim” .

Progran LDK ini diikuti 38 siswa calon OSIMMPK, yang akan dilantik sejumlah 22 siswa calon OSIM, dan 16 siswa calon MPK pada hari Rabu (25/10/2023) di Aula MTsN 2 Jember. Rata-rata siswa calon OSIM-MPK ini memiliki baground berbeda satu sama lain. Dalam rangkaian kegiatan ini para Waka Kesiswaan, guru, tenega kependidikan juga dilibatkan demi kesuksesan acara, dan didukung pihak luar yaitu perwakilan UINKHAS (mahasiswa PPL maupun non PPL) yang telah memiliki kompetensi penguasaan materi relevan dengan tema LDK. Tujuan utama kegaiatan LDKS OSIM-MPK ini sebagai media aktualisasi diri siswa yang terlibat dalam organisasi di berbagai lembaga termasuk di sekolah dan dilaksanakan setiap tahun ajaran baru. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi upaya menyambungkan tali kepengurusan OSIM-MPK lama dengan yang baru menjadi pribadi berakhlak mulia.

Kegiatan ini diawali apel pembukaan oleh Kepala MTsN 2 Jember dan dilanjutkan dengan beragam materi keorganisasian. “Kegiatan LDK ini dapat memupuk semangat menjadi generasi hebat, berprestasi, mandiri, sehingga dapat membawa madrasah lebih maju. Selain itu, pelatihan ini dapat meningkatkan skill siswa dalam memimpin, dan memahami tanggung jawab personal” ungkap Hj. Nur Aliyah, M. Pd. Pada akhir atau penutup kegiatan ini, para peserta akan diberikan arahan untuk lebih mencintai dan mengenal lingkungan MTsN 2 Jember melalui kegiatan pengambilan sampah bersama tiap kelompok. Semua kegiatan ini telah dibagi per kelompok dengan mengusung konsep indoor (Aula MTsN 2 Jember) dan outdoor (Taman Botani Sukorambi). Walaupun acara hari ini menggunakan konsep indoor, tetapi tidak menutup kesempatan bagi mereka untuk aktualisasi diri sesuai bakat/ kompetensinya, sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang unggul, berakhlak mulia, disiplin, mandiri, kritis, peka terhadap lingkungan tanpa mengabaikan etika dan local wisdom.

Susunan acara hari pertama mencakup beberapa materi, yaitu sejarah dan tujuan OSIM-MPK oleh Waka Kesiswaan (M. Abi Sholeh, M.Pd.I.); kepemimpinan oleh PLP UIN KHAS Jember (Nur Laily); kedisiplinan/ manajemen waktu oleh mahasiswa UIN KHAS Jember (Mia Aminatus Z.); dan etika berkomunikasi oleh PLP UINKHAS Jember (Madani Ali dan Widaya Ela); game untuk mencairkan suasana; dan diakhiri dengan pelantikan serta foto bersama. Selain materi, mantan ketua atau anggota OSIM-MPK senior juga menyampaikan cara mengatur organisasi dan beberapa aturan yang harus diterapkan selama menjadi OSIMMPK. Wakil Kepala Madrasah Bidang kesiswaan (M. Abi Soleh, M. Pd.I.) juga menjelaskan, “LDK ini dapat menjadi ajang membentuk karakter kepribadian peserta calon OSIM-MPK tahun ini lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, terkait program lebih dikembangkan dari sebelumnya, dapat lebih visioner, kompak, disiplin dan tanggung jawab baik kepada diri sendiri maupun lembaga” ujar pria yang kerap disapa Pak Abi ini. Beliau juga menambahkan pentingnya materi penguatan tugas atau tanggung jawab dapat diimplementasikan pada kegiatan outbond esok melalui game yang menarik untuk mengetahui skil yang dimiliki para peserta, ketrampilan organisasi, team work, atau berkomunikasi antarkelompok maupun antaranggota kelompok tersebut. misalnya, skill komunikasi, adaptasi, dan kerjasama tim dapat dilihat saat memerankan drama. (HR/ Red)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post