Heny Sugiharti

Guru, Pemilik dan Pekerja Seni di Khamiiliacraft Samarinda. Kota asal Cilacap JawaTengah (ora ngapak ora kepenak). Aktifitas pengrajin dan pekerja seni di KHAM...

Selengkapnya
Navigasi Web

"Jangan Boros" ya......

Hampir dua puluh tiga tahun lebih saya tidak lagi merasakan sensasi dan nikmatnya "jangan boros" yang lezat dan khas ini.

Yaa..saya merasakan nikmatnya "jangan boros" (sayur temu kunci) antara tahun delapan puluhan hingga sembilan puluh empatan, ketika bapak saya bertugas sebagai polisi hutan di daerah Mantingan kecamatan Bulu kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Sebagai anak rimbawan "jangan boros" ini menjadi menu utama keluarga kami yang tinggal di asrama di antara lebat nya hutan jati terutama di musim awal penghujan seperti sekarang ini.

Tanaman kunci termasuk kedalam jenis tanaman temu-temuan seperti temulawak dan lengkuas. Tanaman dengan bahasa latin Bosenbergia pandurata ini oleh masyarakat di daerah JawaTengah, khususnya Rembang dan sekitarnya, digunakan sebagai masakan atau sayur. Dalam bahasa jawa sayur di sebut juga dengan "jangan".

Tanaman boros biasanya tumbuh subur dan liar di bawah pohon jati diawal musim penghujan.. Yang biasa di "jangan" (disayur) dari tanaman kunci ini adalah bagian tunas yang belum mekar daun sejatinya. Umbinya bulat kecil seperti kencur, tetapi gilig dan memanjang. Berwarna kuning keputih-putihan, dan baunya sangat khas.

Di daerah Rembang dan sekitarnya tanaman boros ini di "jangan" lodeh. Dengan bumbu bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, lombok dan terasi (bagi yang suka), disantani dengan pelengkap daun jeruk, daun salam, dan laos. Dan untuk menambah nikmat "jangan boros" diberi tambahan ikan panggang (ikan asap) dan pete. Aduuuuhhhh..... sampai terliur membayangkannya.

Sayangnya sejak tahun sembilan puluh empat, ketika bapak pindah tugas di kota minyak Cilacap, saya tidak bisa lagi menemukan dan merasakan kelezatan "jangan boros" ini.

Sebenarnya selain di daerah Rembang, daerah lain di Jawa Tengah seperti daerah asal suami saya Grobogan, mudah juga di temui "jangan boros". Hanya saja setiap kali saya ada kesempan pulang mudik, tunas boros ini tidak bisa dijumpai karena memang belum musim nya bersemi.

Kerinduan pada "jangan boros" kembali mengusik ingatan dan lidah saya manakala teman-teman semasa sekolah di SMP dulu banyak mengunggah "jangan boros" nya di media sosial. (sungguh terlalu kalian teman......)

Semoga dilain waktu bisa diberi kesempatan dan rezeki untuk kembali ke Rembang menikmati kelezatan "jangan boros" sekaligus bersilaturahim dengan sahabat-sahabat lama tercinta.

"Jangan boros" yaaaaaaaa......

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhannalloh bu Any... ternyata emang boros ini salah satu tanaman dengan sensasi luar biasa ya bu... Sayangnya sampai hari ini sy blm bisa merasakan lagi nikmat nya boros .... Satu satunya jln mungkin harus nanam boros sendiri ya bu.. Makasih ya bu Any.... salam kenal dari saya

04 Dec
Balas

Makasih pak Mulya. Di tempat bapak ada ga boros....??? he...

04 Dec
Balas

Sangat informatif

04 Dec
Balas

bu Heny...di daerah sayapun Majalengka - Jawa Barat sayuran ini dikenal dengan nama "Boros kunci" , biasanya dipakai lalapan, mentahnya di coel ke sambal oncom, itu pasti mak nyusss kata pak Bondan, atau di coel ke kecap pun enuak juga, pasti deh kecapnya kecap Majalengka...he.he.he..yang tidak punya kebun atau jauh dari hutan, jangan kuatir, di awal musim hujan, pergilah ke pasar Cigasong- Majalengka , banyak di situ dijual oleh pedagang sayur

04 Dec
Balas



search

New Post